Perang Berdampak Buruk pada Kesehatan Mental Masyarakat Ukraina

Hanya beberapa hari sebelum peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, diperkirakan satu dari setiap empat orang Ukraina mungkin menderita masalah kesehatan mental karena konflik yang sedang berlangsung.

oleh Putu Elmira diperbarui 21 Feb 2023, 18:01 WIB
Diterbitkan 21 Feb 2023, 18:01 WIB
Pesan Damai Seniman Jalanan TvBoy untuk Korban Perang Rusia - Ukraina
Orang-orang melewati karya seni dari seniman jalanan terkenal TvBoy yang menggambarkan seorang anak laki-laki sedang menghangatkan tangannya dengan api pada dinding yang rusak berat akibat serangan Rusia di Kota Bucha, Ukraina, 30 Januari 2023. Karya seni yang dibuat untuk menghormati para korban perang Rusia-Ukraina tersebut mengandung pesan kelahiran kembali dan harapan serta berharap agar konflik segera berakhir. (AP Photo/Efrem Lukatsky)

Liputan6.com, Jakarta - Hanya beberapa hari sebelum peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, diperkirakan satu dari setiap empat orang Ukraina mungkin menderita masalah kesehatan mental karena konflik yang sedang berlangsung. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan ini berarti sekitar 10 juta orang kemungkinan akan mengalami depresi, kecemasan, gangguan stres pascatrauma, gangguan bipolar, atau skizofrenia.

Dikutip dari Euro News, Selasa (21/2/2023), Pemerintah Ukraina mengatakan bahwa lebih dari 60 persen tentaranya menderita gangguan stres pasca-trauma. Selain itu, sekitar setengah dari populasi membutuhkan bantuan psikologis untuk menghadapi perang.

Saat ini, pihaknya hanya bisa merawat sepertiga dari mereka. Konflik yang sedang berlangsung telah memberikan tekanan tambahan pada sistem kesehatan mental Ukraina yang sudah tegang, mengganggu layanan kesehatan mental dan dukungan psikososial yang sangat dibutuhkan.

Di Lviv, departemen psikiatri dibuka di Rumah Sakit Darurat Komunal Kota Klinis tak lama setelah perang dimulai. Sejak April tahun lalu, lebih dari seribu orang dengan trauma terkait konflik telah dirawat di sana.

"Jika Anda bertanya kepada saya enam bulan lalu, saya tidak akan memberi tahu Anda apa pun karena kami masih belajar. Kami tidak melakukannya sendiri, tetapi kami menjangkau untuk pergi ke rumah sakit militer NATO," kata psikiater Oleg Berezyuk.

Penghalang pertama adalah membuat orang meminta bantuan dan berbicara, katanya. Sejak saat itu, perawatan trauma dapat dimulai, baik untuk warga sipil maupun tentara. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa masalah kesehatan mental mereka tidak menghalangi mereka untuk terus hidup.


Tekanan Mental

Olena Zelenska
Ibu Negara Ukraina, Olena Zelenska mengunjungi Museum Pendudukan Latvia bersama suaminya di Riga, Latvia, pada 16 Oktober 2019. (GINTS IVUSKANS / AFP)

Dikutip dari WHO, dalam pidatonya di Majelis Kesehatan Dunia ke-75, Ibu Negara Ukraina, Olena Zelenska, menyoroti tekanan mental yang dialami warga Ukraina akibat perang di Ukraina. Ia berbicara tentang penduduk Kharkiv yang telah tinggal di bawah tanah di kereta bawah tanah selama tiga bulan saat kota itu dibombardir, "secara psikologis memaksa diri untuk bangkit", meninggalkan tempat perlindungan dan kembali ke rumah mereka.

Situasi kesehatan mental Ukraina saat ini tercermin di wilayah lain yang terdampak konflik berkepanjangan dan perang. Satu dari lima (22 persen) orang yang pernah mengalami perang atau konflik lain dalam 10 tahun sebelumnya, akan mengalami depresi, kecemasan, gangguan stres pascatrauma, gangguan bipolar, atau skizofrenia.

Dalam menerapkan perkiraan ini ke Ukraina, WHO memperkirakan sekitar 9,6 juta orang di Ukraina mungkin memiliki kondisi kesehatan mental. Memastikan layanan yang tepat segera tersedia dalam keadaan darurat yang kompleks akan membantu mengatasi berbagai kebutuhan kesehatan mental dan psikososial masyarakat yang sudah ada dan yang baru muncul, serta mendukung penyembuhan dan pembangunan kembali komunitas yang terkena dampak.


Tekanan Tambahan

Penghormatan Warga Ukraina untuk Pejuang yang Gugur di Medan Tempur
Para pelayat bereaksi di samping jenazah Oleksandr Maksymenko (38) saat pemakamannya di kampung halamannya di Kniazhychi, sebelah timur Kyiv, Ukraina, 13 Februari 2023. Oleksandr Maksymenko, seorang warga sipil yang menjadi sukarelawan di angkatan bersenjata Ukraina, tewas dalam pertempuran di daerah Bakhmut. (AP Photo/Emilio Morenatti)

Perang di Ukraina telah memberikan tekanan tambahan pada sistem kesehatan mental yang sudah tegang, mengganggu layanan kesehatan mental dan dukungan psikososial (MHPSS) yang sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang membutuhkan. Namun, pekerjaan penting sedang berlangsung untuk memperkuat sistem tanggap darurat dan membangun penyediaan perawatan kesehatan jiwa primer dan komunitas.

Mengingat skala besar tanggap kemanusiaan Ukraina yang mendapat dukungan dari lebih dari 270 organisasi di wilayah tersebut, WHO bekerja untuk merampingkan upaya MHPSS. Untuk memastikan bahwa tanggapan MHPSS di Ukraina berbasis bukti, adil, dan menggunakan sumber daya yang terbatas secara efektif, WHO mendukung pengembangan peta jalan yang memprioritaskan tindakan yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan MHPSS saat ini.

Diluncurkan pada 9 Desember 2022 oleh Ibu Negara dan Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal, peta jalan operasional akan memfasilitasi respons kemanusiaan yang dibangun di atas struktur, sumber daya, dan inovasi yang ada. Perwakilan WHO di Ukraina Dr Jarno Habicht menyebut penyelarasan dengan peta jalan ini akan memastikan bahwa penyediaan layanan kesehatan mental untuk penduduk di Ukraina serta pengembangan sistem kesehatan mental.


Peta Jalan

Penghormatan Warga Ukraina untuk Pejuang yang Gugur di Medan Tempur
Para pelayat berlutut menunggu peti mati Oleksandr Maksymenko (38) lewat saat pemakamannya di kampung halamannya di Kniazhychi, sebelah timur Kyiv, Ukraina, 13 Februari 2023. Oleksandr Maksymenko, seorang warga sipil yang menjadi sukarelawan di angkatan bersenjata Ukraina, tewas dalam pertempuran di daerah Bakhmut. (AP Photo/Emilio Morenatti)

"Akan dilakukan sejalan dengan praktik global terbaik dan juga akan berkontribusi pada perencanaan dan distribusi yang efektif. dari semua sumber daya yang tersedia dalam hal ini. WHO di sini untuk tinggal di Ukraina dan akan terus bekerja dengan semua mitra kami untuk memperkuat penyediaan layanan kesehatan mental," tambahnya.

Peta jalan mengacu pada alat inovatif baru, yakni Paket Layanan Minimum MHPSS yang menguraikan kegiatan dasar MHPSS yang harus dilaksanakan dalam keadaan darurat di sektor kesehatan, perlindungan, pendidikan dan lainnya. Kegiatan tersebut meliputi sosialisasi untuk meningkatkan literasi kesehatan mental, menyediakan kegiatan pengembangan anak usia dini, mendukung inisiatif masyarakat yang mempromosikan kesehatan mental, dan mendukung pengasuh untuk mempromosikan kesehatan mental anak-anak.

Memperkuat penyediaan layanan kesehatan mental primer dengan menyadari bahwa petugas layanan kesehatan primer adalah titik kontak pertama dalam sistem kesehatan Ukraina, dan sebagai salah satu Inisiatif Khusus WHO untuk negara-negara Kesehatan Mental, WHO dan Kementerian Kesehatan memobilisasi upaya 14 mitra untuk meningkatkan Kegiatan Program Aksi Kesenjangan Kesehatan Mental (mhGAP) di seluruh negeri. Kegiatan ini merupakan alat yang berharga dalam meningkatkan layanan bagi orang dengan gangguan mental, neurologis, dan penggunaan zat, serta keluarga mereka

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya