Kaum Urban Wajib Tahu Tips 'Hemat' Saat Pilih Penyejuk Ruangan untuk Hunian

Jika mau berhemat, AC berteknologi inverter jelas pilihan tepat.

oleh stella maris pada 24 Feb 2023, 14:25 WIB
Diperbarui 24 Feb 2023, 14:21 WIB
Daikin.
AC Daikin Multi-S berbasis teknologi inverter. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Hunian yang ada di kota besar, perkembangannya sangat dinamis. Tren hunian masyarakat pun berubah karena adanya tuntutan kepraktisan dalam mobilitas. Alhasil, penawaran apartemen maupun rumah tapak pun semakin luas. 

Untuk memenuhi kebutuhan itu, solusinya adalah menawarkan hunian yang lokasinya lebih dekat ke tengah kota ataupun pusat aktivitas. Namun jika mengikuti tren hunian yang tak pernah ada habisnya, tentu butuh strategi khusus bagi kamu calon penghuni rumah idaman. 

Strateginya tak cuma berhemat biaya utilitas, tapi juga bagaimana caranya untuk mengoptimalkan ruang yang terbatas namun tetap nyaman dihuni. Pertimbangan kenyamanannya termasuk pada pilihan penyejuk ruangan (Air Conditioning atau AC).

Jika mau berhemat, AC berteknologi inverter jelas pilihan tepat. Tak sekadar klaim, inovasi pada kerja kompresor, membuat AC inverter terbukti memang lebih hemat ketimbang AC standar. 

Pilihan selanjutnya adalah AC low watt. Daya listrik yang lebih rendah memang membuat penyejukan ruang berjalan lebih pelan.  Namun pemakaian durasi panjang memberi keuntungan biaya listrik lebih rendah.

Hemat dan low watt sebagai pertimbangan dari sisi teknologi, ada lagi yang harus diperhatikan, yaitu terkait penempatan. Satu sisi berhadapan dengan ruang luar terbatas. Sementara penataan ruang dalam rumah membuat tak cukup satu unit AC untuk menyejukkan seluruh ruangan. 

Alih-alih memiliki ruang untuk penghijauan atau bersantai di balkon, sisa ruang luar justru habis untuk penempatan unit outdoor AC. Tapi jangan keburu khawatir karena sebenarnya permasalahannya tak serumit itu kok!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


AC Multi Split

Pabrikan AC telah mencermati kebutuhan ini dengan pilihan baru, yaitu AC multi split. Berbeda dengan AC single split yang punya ciri satu unit indoor dan satu unit outdoor, AC multi split memiliki dua hingga tiga unit indoor yang tersambung dengan satu unit outdoor

Keunikan inilah yang membuat AC multi split semakin digandrungi masyarakat kota yang sangat memperhatikan pemanfaatan ruang untuk kenyamanan hunian. Jika jenis AC jenis ini yang kamu cari, rekomendasi terbaik yang dapat kamu bidik dan layak dirilik adalah AC Daikin Multi-S

AC Daikin Multi-S berbasis teknologi inverter. Sejak kelahirannya, AC hemat listrik Daikin ini memang dirancang khusus untuk pasar Indonesia. Kolaborasi R&D Daikin Industries LTD Jepang dan PT Daikin Airconditioning Indonesia memastikan konsumsi daya dilengkapi dengan pilihan PK unit indoor sesuai dengan kebutuhan AC di hunian anda, tentunya AC ini di sesuaikan dengan permasalahan dan keadaan di negeri ini.

Keunggulan AC Daikin Multi-S

Ada dua pilihan besar dalam AC Daikin Multi-S yang ragamnya berjajar pada total kapasitas pendinginan. Sementara untuk jumlah unit indoor, kamu dapat memilihnya di antara dua atau tiga unit indoor, sesuai kebutuhan besar dan jumlah ruang yang diperlukan.

Soal hemat, AC Daikin Multi-S sulit didebat. Selain basis inverter, AC Daikin ini juga dilengkapi pilihan pengoperasian selayak AC low watt. Cukup menekan tombol pada remote, New Low Watt Mode pada AC multi split Daikin ini membuat pengguna dapat mengatur pengoperasian dengan konsumsi listrik 380 watt untuk versi 2 Indoor serta 800 Watt untuk 3 Indoor yang menyala sekaligus.

Sengaja dibuat demikian dengan pertimbangan rujukan pada sebuah survei yang menyatakan 85% hunian di Indonesia memiliki daya listrik 1,300 kwh. Kepemilikan penyejuk ruangan teknologi inverter yang dapat diatur dalam mode low watt, membuat lebih fleksibel membagi kenyamanan dari sejuknya ruangan dengan kebutuhan listrik untuk menyelesaikan tugas rumah atau aktivitas lainnya.


Fakta Menarik Soal Penghematan AC Daikin Multi-S

Kamu harus tahu bahwa Daikin punya hitungan dari uji internal yang sebelumnya dilakukan. Dalam uji dengan AC beroperasi sepanjang 24 jam penuh, teknologi inverter pada AC membuat tagihan listrik hanya Rp220 ribu dibandingkan AC non inverter yang mencapai Rp451,440.

Penghematan semakin dalam saat perbandingan menggunakan AC Multi-S Daikin yang diatur dalam mode Low Watt. Dengan beroperasi 24 jam penuh, AC Daikin Multi-S memberikan tambahan penghematan harian Rp13.600. Bila direkap dalam jumlah hari setahunnya, penghematan dengan penggunaan penyejuk kamar ini dapat mencapai Rp4.982.000.

Soal ketahanan penggunaan, pun telah jadi pertimbangan saat pengembangan. Inovasi dalam wujud Super PCB membuat AC lebih awet karena tahan terhadap beban kejut dari tegangan listrik yang tak stabil. 

Itu karena PCB Daikin Multi-S dapat menahan lonjakan hingga 440 volt. Membuat kipas, motor, kompresor dan suku cadang pendukung AC ini tak cepat rusak. Kenyamanan lain hadir melalui kelengkapan fitur Enzyme Blue. Dengan tugas menyerap dan menyingkirkan bau dari bakteri maupun berbagai polutan, memberikan kenyamanan bersama dengan sejuknya hembusan udara dalam ruangan.

Jika kamu yang masih berpikir untuk memiliki AC hemat yang tepat untuk pilihan mengoptimalkan tempat, mungkin ini saatnya untuk bertindak cepat. Pastikan kamu menghubungi dealer resmi AC Shop Daikin, jaringan toko modern dan toko elektronik lainnya yang menawarkan penjualan AC bergaransi resmi. Hal ini untuk memastikan kamu memang dilayani teknisi andal untuk memastikan instalasi produk dilakukan dengan optimal.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya