Gaya Santai Iriana Jokowi Saat Bermalam di IKN, Cuek Pakai Sandal Jepit

Busana serba merah muda yang dipakai Iriana Jokowi saat bermalam di IKN ternyata merupakan merchandise klub sepak bola Bali United FC.

oleh Asnida Riani diperbarui 25 Feb 2023, 19:45 WIB
Diterbitkan 25 Feb 2023, 19:45 WIB
Iriana Jokowi
Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, memakai hoodie dan jogger pants keluaran Bali United Store saat mendampingi Presiden Jokowi di pusat pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023) malam WITA. (Instagram)

Liputan6.com, Jakarta - Istri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Iriana Jokowi, tidak selalu berbusana formal. Dari waktu ke waktu, publik juga telah melihat ibu tiga anak ini berpenampilan santai, seperti saat bermalam di Ibu Kota Nusantara (IKN), baru-baru ini.

Melalui unggahan Instagram-nya, Jokowi menulis, "Bersantap seraya menikmati suasana malam di Ibu Kota Nusantara yang tengah dibangun. Makanannya sederhana, dimasak koki dari istana agar tidak merepotkan. Ada nasi goreng dan mi godog. Jadilah kami berbincang santai, semalam di bawah langit malam IKN."

Di kesempatan ini, Iriana tampil sporty memakai hoodie dan celana jogger serba merah muda, dilengkapi hijab segi empat berwarna fuchsia. Setelan berwarna serasi ini ternyata merupakan produk merchandise Bali United FC.

Dalam keterangan pada Liputan6.com, Sabtu (25/2/2023), itu merupakan item keluaran tahun 2019 yang dirilis bersamaan dengan momen klub asal Pulau Dewata itu meraih trofi Liga 1 2019. Bersama busana itu, Iriana tampak cuek memakai sandal jepit hitam berdesain simpel.

Sementara busana serba merah muda Iriana sudah terjual habis, produk Bali United Store yang masih bisa dibeli di e-commerce antara lain ada jersey dan celana tanding dari Bali United FC maupun Bali United Basketball, jaket, topi, gantungan kunci, serta tumbler.

Ini sebenarnya bukan kali pertama Iriana berpenampilan sporty. Saat menemani Jokowi menonton laga timnas Indonesia vs Kamboja di laga perdana Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, 23 Desember 2022, Iriana tampil menggunakan jaket mewah seharga puluhan juta rupiah.

Ia diketahui mengenakan jaket denim rilisan Fendi. Potret Iriana menggunakan jaket ini terlihat dalam unggahan Instagram Jokowi. Selain jaket berwarna biru, ia juga memakai celana dan inner warna hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gaya Iriana Jokowi

Gaya Trendy Iriana Jokowi Nonton Piala AFF 2022, Kenakan Jaket Louis Vuitton dan Fendi
Iriana Jokowi kenakan jaket bermerek saat menyaksikan Piala AFF 2022 (instagram/jokowi)

Saat itu, Iriana Jokowi melengkapi penampilannya dengan hijab merah. Tidak ketinggalan, ia juga memakai masker berwarna putih. Berdasarkan hasil penelusuran dari situs Ebay, 26 Desember 2022, jaket ini merupakan seri Fendi Blue Denim Jacket Women seharga 1.566 dolar AS (sekitar Rp24 juta).

Ciri khas jaket ini, yaitu ikon FF khas Fendi yang berada di sisi kiri lengan. Selain itu, di bagian belakang jaket juga memuat tulisan Fendi dan monogram FF nan ikonis.

Ini bukan kali pertama fesyen mewah Ibu Negara menarik perhatian. Saat nonton konser Dewa 19, awal bulan ini, Iriana tampil modis dengan jaket bordir monokrom berpadu celana panjang hitam dan hijab broken white. Ia tampil santai memakai sepatu kets hitam dan tas berwarna serasi yang dilaporkan merupakan rilisan Chanel.

Iriana dan sandal Hermes-nya juga sempat jadi sorotan di acara resepsi pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono. Tampilan sandal Hermes berwarna hitam itu sangat senada dengan kebaya Solo hitam yang ia kenakan di malam tersebut. 


Sandal Hermes

Sandal Hermes Iriana Jokowi di Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono Kembali Jadi Sorotan
Sandal Hermes Iriana Jokowi di Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono Kembali Jadi Sorotan.  foto: Instagram @thebridestory

Penampakan sendal ini terlihat di beberapa foto yang dibagikan para tamu saat menghadiri resepsi, mulai dari Raffi Ahmad, Agus Harimurti Yudhoyono, sampai yang dibagikan wedding organizer The Bride Story di akun Instagram-nya.

Mengutip situs resmi Hermes, 15 Desember 2022, sandal yang dipakai Iriana merupakan seri Hermes Oasis Sandal bermaterial kulit kambing. Sandal ini punya tampilan unik, yaitu penutup di bagian depan yang membentuk huruf H sebagai anggukan pada ikon jenama asal Prancis itu.

Sandal Oasis Hermes dibandrol seharga 750 dolar AS (sekitar Rp 11 juta). Menariknya, resep pernikahan Kaesang bukan momen pertama Iriana memakainya. Item ini juga muncul di momen peringatan HUT ke-77 RI pada Agustus 2022.

Saat itu, Iriana tampil dengan baju adat Buton, Dolomani. Penampilannya cukup berbeda dari biasanya, dengan memilih busana sederhana dan tidak mencolok. Baju adat yang dikenakan Iriana kala itu merupakan pasangan dari busana adat yang dipakai Jokowi. 


Alas Kaki Branded

Iriana Berkebaya Putih dan Sandal Hermes Saat Dampingi Jokowi ke Kamboja
Iriana Jokowi. (dok. Instagram @jokowi/https://www.instagram.com/p/CkvPX-Qhoor/?hl=en/Dinny Mutiah)

Sandal Hermes itu juga dipakai Iriana saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Kamboja untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41, November 2022. Saat itu, ia terlihat mengenakan kebaya putih berpadu kerudung pink, selendang, dan kain batik bermotif parang dengan warna sogan. 

Ia menenteng tas hitam kecil dan kipas batik. Di antara produk-produk lokal, Iriana menyelipkan merek internasional dalam penampilan keseluruhannya dengan memakai sepasang sandal hitam berhak pendek keluaran Hermes.

Sandal Hermes ini bukan satu-satunya barang mahal yang tercatat dipakai Iriana berkali-kali. Sebelum ini, publik kiranya sudah akrab dengan mules heels warna hitam rilisan Chanel yang telah dipakai Iriana dalam tiga tahun berturut-turut gelaran Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, yakni pada 2019, 2020, dan 2021.

Series Chanel Runway Black Leather Slides Mules Heels Shoes Pearl ini, melansir 5inchandup, 17 Agustus 2021, pertama kali dirilis di Chanel Metiers d'Art 2015/16 Runway, Desember 2015. Kehadirannya segera jadi buah bibir karena, menurut mendiang desainer Karl Lagerfeld, ini adalah "sepatu mules pertama yang layak untuk rumah mode."

Soal harga, sepatu yang dikenakan Iriana Jokowi ini dibanderol 1,1 ribu dolar Amerika Serikat (sekitar Rp15,8 juta), menurut laman Tradesy.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya