Masker Putih Telur, Cara Alami Mengatasi Minyak Berlebih dan Jerawat di Wajah

Bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak, masalah jerawat seperti teror tiada akhir dan sulit dibasmi.

oleh Fathiyyah Azizah diperbarui 30 Mar 2023, 17:26 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2023, 17:26 WIB
Seorang Wanita Sedang Tumbuh Jerawat Pada Wajah
Seorang Wanita Sedang Tumbuh Jerawat Pada Wajah (freepik/wayhomestudio)

Liputan6.com, Jakarta Jerawat dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari noda kecil hingga bentuk kista yang terlihat dengan jelas. Masalah kulit paling umum ini adalah salah satu musuh terbesar wanita, karena kemunculannya di area wajah membuat rasa percaya diri turun dan tidak nyaman.

Bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak, masalah jerawat seperti teror tiada akhir dan sulit dibasmi.

Tapi tenang, jangan terlalu khawatir. Karena setiap masalah pasti ada solusinya, termasuk soal jerawat ini. Salah satu solusi alami untuk bantu mengurangi produksi minyak dan timbulnya jerawat adalah menggunakan masker wajah dari putih telur. 

Putih telur adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu mengurangi produksi minyak pada kulit wajah karena mengandung protein. Protein sebagai komponen nutrisi utama yang terdapat pada putih telur.

Dikutip dari Medical News Today, satu telur besar mengandung 3.6 gram protein. Putih telur juga dapat dijadikan pendukung masker wajah yang dipercayai bahwa protein ini memiliki efek mengencangkan kulit dan menyerap kelebihan minyak dari kulit.

Selain itu, putih telur mengandung vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit secara keseluruhan. Namun, putih telur mengandung sedikit nutrisi selain protein sehingga kulit bertindak untuk melindungi bagian tubuh lainnya, seperti membatasi jumlah partikel kecil yang mengandung vitamin dan mineral. Kemudian, diserap tubuh saat seseorang mengoleskan putih telur ke lapisan luar kulit.


Cara Membuat Masker Wajah dari Putih Telur

Bahan-Bahan Untuk Membuat Masker Wajah Dari Putih Telur
Bahan-Bahan Untuk Membuat Masker Wajah Dari Putih Telur (freepik/azerbaijan)

Masker wajah seringkali dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk merawat kulit dan menjaga penampilan wajah tetap segar dan bersinar, tetapi tidak semua masker wajah di pasar dengan harga yang terjangkau aman bagi kulit.

Untuk itu, salah satu alternatif lainnya yang bisa dicoba adalah membuat masker wajah sendiri di rumah. Gunakan bahan-bahan alami dengan putih telur yang suka dijadikan sebagai dasar masker wajah.

Memiliki jenis kulit berminyak dan cenderung kusam hingga sangat mudah menimbulkan jerawat pada kulit wajah, bisa memanfaatkan putih telur sebagai masker alami yang dipadukan dengan jus lemon.

Berikut bahan-bahan dan langkah-langkah yang bisa diikuti.

Bahan-Bahan

  1. 1 butir putih telur
  2. ½ buah jus lemon

Cara Membuat

  1. Ambil 1 butir putih telur dan peras jus dari setengah buah lemon ke dalam mangkuk yang sama
  2. Aduk sampai tercampur dan menghasilkan busa secara menyeluruh
  3. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat sebelum masker dioleskan pada wajah
  4. Gunakan kuas atau kapas untuk mengoleskan masker secara tipis dan perlahan ke seluruh wajah
  5. Diamkan selama 10 menit agar bahan aktif dalam masker bisa meresap ke kulit
  6. Bilas dengan air hangat secara bersih dan menyeluruh

Jadi, jika kamu sedang mencari cara alami untuk mengurangi produksi minyak dan mencegah jerawat, masker wajah dari putih telur bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu coba di rumah. Selain mudah dan murah, masker ini juga ampuh untuk mengencangkan kulit dan membunuh bakteri.

Namun, kamu harus mengingat bahwa setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda, pastikan memilih resep masker yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan gunakan masker wajah putih telur secara rutin. Selamat mencoba!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya