Gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle Bakal Berubah Setelah Penobatan Raja Charles III?

Karena gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle diberikan oleh Ratu Elizabeth II, akankah ada perubahan setelah penobatan Raja Charles III?

oleh Asnida Riani diperbarui 07 Mei 2023, 04:00 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2023, 04:00 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry
Akankah gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle bakal berubah setelah penobatan Raja Charles III? (ANGELA WEISS/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Meski mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris, Pangeran Harry dan Meghan Markle tetap mempertahankan gelar Duke dan Duchess of Sussex mereka. Sebagaimana diketahui, titel ini dianugerahkan oleh mendiang Ratu Elizabeth II pada hari pernikahan mereka, 19 Mei 2018.

Jadi, apakah ada yang berubah terkait gelar Harry dan Meghan setelah penobatan Raja Charles III? Pakar kerajaan Christopher Andersen, penulis The King: The Life of Charles III, mengatakan pada Marie Claire, seperti dikutip Sabtu, 6 Mei 2023, bahwa tidak ada yang akan berubah dalam hal ini.

"Duke dan Duchess of Sussex akan mempertahankan gelar mereka, begitu pula Pangeran Archie dan Putri Lilibet," katanya. "Meski Raja tidak secara resmi memberikan gelar ini pada Archie dan Lili, sebagai cucu raja, mereka secara otomatis berhak atas gelar tersebut."

"Namun, anak-anak belum memiliki status HRH (Yang Mulia) kerajaan, dan, mengingat hubungan yang tegang antara pasangan Sussex dan istana, tampaknya tidak ada banyak keinginan memberikan (gelar Yang Mulia) pada mereka."

"Saya pikir, Harry dan Meghan telah mencapai puncaknya dalam hal mewarisi gelar," kata Kinsey Schofield, pembawa acara podcast To Di for Daily, pada Marie Claire. "Saya benar-benar tidak melihat Raja pernah mengambil gelar mereka, kecuali itu tindakan Parlemen dan mereka mengejarnya dengan sepenuh hati atau merasa ada sesuatu yang berbahaya."

"Sejujurnya, saya tidak berpikir mereka (Pangeran Harry dan Meghan Markle) akan kehilangan gelar kerajaan mereka," ia melanjutkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Langsung Pergi Setelah Penobatan

Meghan Markle dan Pangeran Harry. (AP Photo/Matt Dunham, Pool, File)
Meghan Markle dan Pangeran Harry. (AP Photo/Matt Dunham, Pool, File)

Rachel Bowie, co-host dari Royally Obsessed, podcast Gallery Media Group, menggemakan sentimen serupa. "Saya tidak melihat (alasan) gelar mereka akan dicabut, yang terus diminta semua orang," katanya.

Duke of Sussex menghadiri penobatan ayahnya, duduk bersama anggota keluarga kerajaan yang tidak bekerja di Westminster AbbeySang pangeran tiba sendirian tanpa istrinya, Meghan Markle, dan segera pergi setelah upacara selesai, lapor BBC.

Ia duduk dua baris di belakang Pangeran dan Putri Wales selama kebaktian. BBC menyebut bahwa Harry tidak diundang tampil di balkon Istana Buckingham dan diperkirakan telah menuju Bandara Heathrow untuk langsung terbang pulang ke Amerika Serikat (AS).

Ini adalah pertama kali ia terlihat di sebuah acara bersama keluarganya sejak memoarnya yang kontroversial, Spare, diterbitkan. Harry terlihat masuk ke mobil sendirian tidak lama setelah kebaktian selesai.

Di balkon Istana Buckingham, beberapa jam kemudian, Raja dan Ratu bergabung dengan anggota keluarga Kerajaan Inggris, termasuk Pangeran dan Putri Wales.


Interaksi Pangeran Harry dengan Anggota Keluarga Kerajaan Lain

Pangeran Harry Tiba di Westminster Abbey Seorang Diri
Harry duduk bersama di baris ketiga aula gereja kerajaan. (Yui Mok, Pool via AP)

Pangeran Andrew meninggalkan Westminster Abbey dengan mobil di belakang, bersama Putri Eugenie dan suaminya. Sebelumnya, ketika Pangeran Harry memasuki Abbey mengenakan morning suit dan medali, ia tampak santai dan terlihat tersenyum pada para tamu, sebelum mengobrol dengan beberapa anggota keluarga.

Ia menepuk punggung suami Putri Beatrice, Edoardo Mapelli Mozzi, dengan senyum di wajahnya, sebelum mengambil tempat di samping Jack Brooksbank, suami Putri Eugenie, di baris ketiga. Juga di baris ketiga adalah Duke of York, Pangeran Andrew.

Ia menyaksikan upacara di belakang saudara perempuan Raja, Putri Anne, dan Duke of Kent, sepupu pertama Ratu Elizabeth II, mengenakan jubah Garter di baris kedua. Di depan adalah Pangeran dan Putri Wales dan anak-anak mereka: Putri Charlotte dan Pangeran Louis, serta saudara laki-laki Raja Duke Edinburgh yang baru, Pangeran Edward, dan istrinya Sophie.

Sebelumnya, Pangeran Harry telah duduk di baris kedua, tepat di belakang Raja, di Westminster Abbey untuk pemakaman mendiang Ratu Elizabeth tahun lalu.


Hadir Tanpa Meghan Markle

Pangeran Harry menghadiri penobatan Raja Charles III. ((Phil Noble/Pool Photo via AP)
Pangeran Harry menghadiri penobatan Raja Charles III. ((Phil Noble/Pool Photo via AP)

Pangeran Harry terlihat dalam tayangan televisi menonton dengan saksama saat uskup agung mengangkat Mahkota St Edward di atas kepala ayahnya selama penobatan. Lalu, ketika jemaat memberi penghormatan pada raja baru, Harry terlihat bersama bangsawan lain mengucapkan kata-kata, "Tuhan selamatkan Raja Charles. Hidup Raja Charles. Semoga Raja hidup selamanya."

Setelah mendarat di Bandara Heathrow London pada Jumat pagi, 5 Mei 2023, sang pangeran dilaporkan tinggal di Frogmore Cottage di halaman Kastil Windsor, kediamannya dan Meghan yang diminta dikosongkan oleh Raja.

Istrinya, Duchess of Sussex, tetap tinggal di Los Angeles bersama anak-anak mereka, di mana putra mereka Pangeran Archie akan merayakan ulang tahun yang keempat. Sebuah sumber mengatakan pada Page Six bahwa Harry bermaksud melakukan "segala upaya guna kembali tepat waktu untuk (merayakan) ulang tahun Archie."

Bulan lalu, Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa Harry akan menghadiri upacara sendirian. Namun, para pejabat mengatakan Harry dan pamannya Pangeran Andrew tidak akan memiliki peran formal dalam upacara tersebut, karena bukan anggota keluarga kerajaan yang bekerja.

Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya