Nuansa Kampung Jawa di Restoran Warisan by Lordji, Ada Joglo hingga Tamu Bisa Petik Buah Sendiri

Dibuka sejak 12 November 2022, restoran Warisan terletak di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kesan Jawanya betul-betul terasa melalui bentuk bangunan, dekorasi, hingga menunya.

oleh Dyra Daniera diperbarui 14 Mei 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2023, 07:00 WIB
Restoran Warisan by Lordji
Bangunan joglo tradisional Jawa di restoran Warisan by Lordji. (Dok. Instagram/@hellocoffeespace)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang berada di Jakarta, kini tidak perlu lagi jauh-jauh untuk merasakan nuansa Jawa. Anda dapat mengunjungi Warisan by Lordji, sebuah restoran yang mengusung konsep Jawa yang kental.

Dibuka sejak 12 November 2022, restoran Warisan terletak di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kesan Jawanya betul-betul terasa melalui bentuk bangunan, dekorasi, hingga menunya. 

Setelah memasuki pintu masuk gapura gebyok khas Jawa, Anda akan disambut dengan bangunan joglo yang megah. Terdapat pula saung-saung joglo yang lebih kecil. Menambah nuansa kalem ala pedesaan, restoran seluas kurang lebih 1000 meter persegi ini juga memiliki halaman yang luas yang ditumbuhi rumput, dan beberapa bagian ditutupi batu kerikil.

"Untuk suasana di Restoran Warisan, kita mengedepankan suasana alam, dengan adanya pohon, tanaman hias dan kolam," ujar Nino Raganadi selaku General Manager Warisan by Lordji kepada Liputan6.com pada Selasa, 9 Mei 2023. "Jika pohon rambutan dan alpukat sedang berbuah, para tamu diperbolehkan untuk mengambil buahnya," tambahnya.

Sejalan dengan namanya, restoran Warisan hadir karena ingin melestarikan budaya serta bangunan Jawa. Pada malam hari, bangunan joglo Warisan akan tampak lebih syahdu dengan cahaya lampu kuning remang-remang yang meneranginya.

"Dan membuat tamu yang datang ke restoran Warisan merasakan suasana pada saat mereka pulang ke sanak saudara atau kakek neneknya di Jawa," ungkap Nino berpromosi. Restoran itu ramah untuk keluarga.

 


Penuh Barang Antik dan Klasik

warisan by lordji
Suasana teduh sore hari di Warisan by Lordji. (Dok. Instagram/@hellocoffeespace)

Restoran Warisan by Lordji mulai dibangun sejak 2020. Walaupun memakan waktu yang cukup lama karena terhalang kondisi pandemi COVID-19 yang tidak menentu, hasilnya tampak memuaskan karena dekorasi dan ukiran nuansa Jawa tampak tertata dengan detail dan teliti.

Nino menjelaskan, "Dari sisi interior, barang yang kami gunakan di area resto didominasi oleh penggunaan kayu tua, mulai dari meja kayu besar, gebyok, kursi."

Anda yang ingin makan dengan nuansa yang lebih formal akan cocok duduk di dalam bangunan joglo. Bagi Anda yang ingin santai, dapat memilih bagian outdoor dengan duduk lesehan di saung atau duduk di kursi santai panjang di bagian halaman rerumputan.

Setiap sudut juga dipenuhi dengan barang-barang antik yang semakin membawa kita ke Jawa tempo dulu. "Kami memajang barang-barang yang bisa dibilang klasik dan antik, mulai dari lukisan, radio, mobil dan motor klasik," ujar Nino.

Tak mengherankan jika restoran Warisan tampak begitu bernyawa, karena pemilik restoran merupakan orang Jawa asli yang tinggal di Jakarta dan masih memegang teguh adat istiadat Jawa dalam kehidupan sehari-harinya. Pemilik restoran juga merupakan arsitek Warisan sendiri.

Nino menambahkan, "Untuk bangunan Joglo dan barang material kayu adalah koleksi pribadi dari owner."


Beragam Menu Nusantara

Warisan by Lordji
Menu andalan Warisan, Mie Tektek Rebus Jawa yang cocok disantap saat hujan. (Dok. Instagram/@warisanbylordji)

Menu yang ditawarkan Warisan by Lordji cukup beragam. Tidak menitikberatkan ke masakan Jawa saja, restoran ini secara umum menghidangkan aneka masakan nusantara. Anda dapat memilih nasi goreng, mie ayam, kwetiaw siram, ayam penyet, iga bakar, tahu telor sambal petis sampai nasi dori sambal matah. 

Namun, ada beberapa menu andalan yang harus Anda coba. "Menu andalan dari Resto Warisan, snack ada risol, pisang goreng dan tahu judes. Main course ada sop buntut, mie tektek, nasi goreng ikan teri cabe ijo. Minuman ada lemon sereh, teh sereh dan es cokelat," jelas Nino. 

Ada pula minuman khas Jawa seperti wedang jahe, wedang uwuh dan teh poci yang cocok diminum untuk menghangatkan tubuh.  Walaupun terletak di salah satu daerah elit di Jakarta, harga makanan dan minuman di Warisan ternyata cukup ramah di kantong.

Nino mengatakan, "Range harga untuk snack dari Rp15.000 sampai Rp25.000, untuk main course dari Rp25.000, sampai Rp95.000, dan minuman dari Rp10.000 sampai Rp25.000."


Ada Live Music Keroncong

Warisan by Lordji
Nuansa Jawa sangat terasa di Warisan by Lordji, Jakarta Selatan. (Dok. Instagram/@warisanbylordji)

Sejauh ini, Warisan menggunakan sistem First in First Out (FIFO) untuk mengelola bahan makanan yang akan dipakai. Artinya, stok yang pertama kali masuk ke gudang adalah stok yang harus pertama kali keluar dari gudang. Namun, Nino mengaku Warisan belum mengelola kelebihan atau sisa makanan 'karena persiapan bahan disesuaikan dengan kebutuhan operasional yang ada'.

Agar sejalan dengan latar belakang restoran yang mengusung budaya Jawa, Warisan juga menghadirkan live music keroncong setiap Jumat malam. Musik tradisional ini tentunya akan mengobati rasa rindu akan kampung halaman. "Ke depannya, Restoran Warisan akan dijadikan sebagai paguyuban musisi keroncong di daerah Jagakarsa," tambah Nino.

Dengan halaman yang luas dan bangunan Joglo yang indah, Restoran Warisan bisa menjadi incaran untuk mengadakan acara. Untungnya, Warisan terbuka untuk menjadi venue berbagai acara mulai dari pameran seni hingga acara pernikahan. 

Nino menjelaskan, "Untuk area joglo mulai dari Rp5,5 juta untuk penggunaan setengah hari dan untuk semua area mulai dari Rp10 juta untuk penggunaan setengah hari."

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan
Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya