Menyegarkan Mata di Kebun Mawar Situhapa Garut, Bak Berwisata ke Pedesaan Eropa

Tersembunyi di ketinggian 1100 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Jl. Raya Kamojang KM. 5 Samarang, Sukakarya, Kabupaten Garut, terdapat sebuah kebun mawar yang sudah berbunga sejak 2012. Kebun Mawar Situhapa, demikian namanya, didirikan oleh pasangan kolektor bunga yang memiliki kecintaan mendalam terhadap flora.

oleh Dyra Daniera diperbarui 13 Jun 2023, 09:02 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2023, 09:02 WIB
Kebun Mawar Situhapa Garut
Restoran Kebun Mawar Situhapa Garut dengan nuansa rustic bak di pedesaan Eropa. (Dok. Instagram/@kebunmawar)

Liputan6.com, Jakarta - Para pelancong yang ingin liburan atau butuh menyegarkan mata pasti mencari tempat yang sejuk, hijau, dan menawarkan pemandangan alam yang indah. Ada salah satu destinasi wisata tersembunyi di Garut, Jawa Barat yang menawarkan keindahan taman sekaligus restoran dan penginapan dengan nuansa bak pedesaan di Eropa

Tersembunyi di ketinggian 1100 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Jl. Raya Kamojang KM. 5 Samarang, Sukakarya, Kabupaten Garut, terdapat sebuah kebun mawar yang sudah berbunga sejak tahun 2012. Kebun Mawar Situhapa, demikian namanya, didirikan oleh pasangan kolektor bunga yang memiliki kecintaan mendalam terhadap flora. 

Dikelilingi oleh Gunung Guntur, Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, Gunung Talaga Bodas, dan gunung-gunung indah lainnya, kebun ini menawarkan pemandangan magis layaknya ada dalam lukisan. Tak heran jika Garut mendapat julukan “Swiss van Java”, karena hamparan pegunungannya memang mirip dengan Pegunungan Alpen.

Dikutip dari laman resminya, Kebun Mawar Situhapa yang membentang seluas lima hektare ini terkenal dengan koleksi mawar yang melimpah. Di antaranya, terdapat ladang besar mawar Damaskus yang dipanen untuk dijadikan minyak wangi, air mawar, dan teh mawar. 

Walaupun dinamakan kebun Mawar, ada pula koleksi tumbuhan lainnya seperti berbagai jenis begonia, kaktus, dan agave, serta bunga eksotis seperti The Flame of Irian dan Anggrek. Tumbuh di tanah subur Jawa Barat, terdapat 500 varietas tanaman dan pohon di Kebun Mawar Situhapa. Anda juga akan dimanjakan dengan suara percikan air mancur di danau dengan angsa-angsa putih yang berenang di atasnya. 

Tidak hanya menawarkan keindahan taman bunga yang selalu terjaga kebersihannya, destinasi wisata itu juga menyediakan 15 vila dan restoran bergaya cottage. Didominasi oleh elemen kayu, bangunan-bangunan yang ada di Kebun Mawar Situhapa tampak mengambil konsep rustic sehingga tercipta nuansa hangat dan sederhana. 


Menyediakan Teh Mawar

Restoran Kebun Mawar Situhapa Garut
Kebun Mawar Situhapa Garut menawarkan pengalaman bersantai di kebun mawar. (Dok. Instagram/@kebunmawar)

Hanya berjarak 2 jam dari Kota Bandung, Anda bisa memilih datang sebentar Kebun Mawar Situhapa untuk piknik di kebun atau menginap beberapa hari di villanya. Untuk dapat menikmati pesona Kebun Mawar Situhapa, Anda hanya perlu membayar biaya masuk yang sangat terjangkau, yaitu Rp 17.500 pada Senin hingga Sabtu dan Rp22.500 pada hari Minggu dan hari libur nasional.

Kebun Mawar Situhapa buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore, sementara restorannya buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 8 malam. Sembari menikmati pemandangan kebun mawar, Anda dapat mampir ke restoran cantik yang berada di tengah kebun.

Menu makanan yang dihidangkan cukup bervariasi, mulai dari masakan Indonesia hingga ala Barat. Sebagai makanan ringan, ada chicken wings, risoles, pisang bakar, hingga aneka pannekoek. Di kategori main course, Anda dapat memilih spaghetti tuna aglio olio, nasi timbel, mie godog, sop buntut, chicken cordon bleu, hingga fish and chips

Teh mawar
Rose Tea di Kebun Mawar Situhapa Garut. (Dok. Instagram/@kebunmawar)

Untuk minumannya, terdapat aneka pilihan teh, kopi, jus, hingga minuman tradisional seperti bandrek, bajigur, dan wedang uwuh. Anda tentunya tidak boleh melewatkan Rose Tea, teh dengan campuran bunga mawar yang dipetik dari kebun mawarnya langsung. Harga makanan di restoran Kebun Mawar Situhapa terjangkau, dari mulai Rp20.000 hingga Rp69.000.


Villa Bernuansa Rustic

Villa Kebun Mawar Situhapa Garut
Vila Damascena di Kebun Mawar Situhapa Garut. (Dok. Instagram/@kebunmawar)

Tersedia tiga jenis vila yang dapat Anda pilih untuk menginap di Kebun Mawar Situhapa. Check-in penginapan dapat dilakukan mulai pukul 2 siang, dan check-out hingga pukul 12 siang. Seluruh harga vila sudah termasuk sarapan dan teh sore. 

Pertama, Vila Damascena dengan harga Rp490.000 pada hari kerja dan Rp700.000 pada akhir pekan. Vila ini dilengkapi dengan fasilitas mewah, pemandangan gunung yang indah, dan mampu menampung 2 orang dengan adanya opsi tempat tidur tambahan.

Kedua, terdapat pilihan Vila Geranium dengan harga Rp420.000 pada hari kerja dan Rp600.000 pada akhir pekan. Vila ini menawarkan kamar superior dengan pemandangan taman yang menenangkan. Kapasitas vila ini adalah 2 orang dengan opsi tempat tidur tambahan. 

Villa Kebun Mawar Situhapa Garut
Vila Damascena di Kebun Mawar Situhapa Garut. (Dok. Instagram/@kebunmawar)

Apabila Anda mencari vila dengan fasilitas lebih lengkap, Vila Hortensia dapat menjadi pilihan. Dengan harga Rp1.295.000 pada hari kerja dan Rp1.850.000 pada akhir pekan, vila ini memiliki dua lantai dengan ruang tamu yang luas. Anda dapat menikmati pemandangan taman dan gunung yang memukau. Kapasitas vila ini adalah 6 orang dengan opsi tempat tidur tambahan. 

Untuk mengisi kegiatan tamu yang menginap, Kebun Mawar Situhapa menawarkan tur satu hari ke Gunung Papandayan ditemani oleh pemandu wisata terpercaya. Anda akan memiliki kesempatan untuk mendaki dan menjelajahi kawah gunung serta Hutan Mati yang terkenal, atau berenang di air terjun terdekat.


Produk Kecantikan Berbahan Dasar Mawar

Kebun Mawar Beauty Lab
Kebun Mawar Beauty Lab, produk kecantikan yang berbahan dasar Mawar Damaskus. (Dok. Instagram/@kebunmawar)

Dengan besarnya kebun mawar yang dikembangkan, pemilik juga membuat Kebun Mawar Beauty Lab, produk kecantikan yang berbahan dasar Mawar Damaskus. Mawar Damaskus, juga dikenal sebagai Mawar Damascena, terkenal dengan keharumannya dan merupakan jenis mawar yang paling umum dikembangkan secara komersial untuk minyak mawar dalam parfum. 

Mawar Damaskus yang telah dipanen kemudian didestilasi. Air hasil destilasi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik dalam makanan, minuman, maupun produk kecantikan. Air mawar memiliki banyak manfaat, termasuk sifat anti-inflamasi, anti-oksidan, dan anti-penuaan.

Tersedia di Tokopedia, produk yang dijual antara lain Face & Body Mist yang 100% organik, Body Lotion dengan bahan alami premium seperti Jojoba Oil dan Shea butter, dan Body Wash dalam ukuran 250 ml dan 500 ml. 

Seluruh produk Kebun Mawar Beauty Lab diformulasikan dengan bahan-bahan alami, tanpa paraben, tanpa SLS, dan juga tanpa tambahan wewangian buatan. Oleh karena itu, produknya diklaim dapat membuat kulit lembut dan terhidrasi. Produk body wash-nya juga disediakan di kamar mandi penginapan. 

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya