Universitas di Belgia Buka Kelas Analisis Lirik Lagu Taylor Swift

Ghent University di Belgia meluncurkan kursus sastra baru yang didedikasikan untuk manfaat sastra dari diskografi Taylor Swift. Musim gugur ini, "Literature: Taylor's Version", tajuk album yang direkam ulang Taylor Swift, akan tersedia untuk mahasiswa, dikurasi oleh asisten profesor Elly McCausland.

oleh Putu Elmira diperbarui 18 Agu 2023, 20:01 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2023, 20:01 WIB
Taylor Swift Menggebrak Lewat Tur Eras. (AP Photo/Ashley Landis)
Taylor Swift Menggebrak Lewat Tur Eras. (AP Photo/Ashley Landis)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah universitas di Belgia, Ghent University, meluncurkan kelas sastra baru yang didedikasikan untuk manfaat sastra dari diskografi Taylor Swift. Musim gugur ini, "Literature: Taylor's Version", tajuk album yang direkam ulang Taylor Swift, akan tersedia untuk mahasiswa, dikurasi oleh asisten profesor Elly McCausland.

Dikutip dari CNN, Rabu, 16 Agustus 2023, McCausland adalah penulis blog "Swifterature" yang membandingkan tema, gambar, dan penggunaan bahasa Taylor Swift dengan para penulis termasuk Sylvia Plath, Charles Dickens, dan William Shakespeare. Ia akan menggunakan karya, termasuk lirik lagu Taylor Swift untuk terlibat dengan sastra "dari periode Abad Pertengahan hingga zaman Victoria", termasuk "Troilus and Criseyde" karya Geoffrey Chaucer, "The Tempest" karya Shakespeare dan "Villette" karya Charlotte Brontë, serta karya penulis kontemporer termasuk Margaret Atwood dan Simon Armitage.

"Sangat produktif dan otobiografi dalam penulisan lagunya, Swift sering menyinggung teks sastra kanonis dalam musiknya," demikian bunyi silabus kelas tersebut.

Silabus juga menjelaskan bahwa menggunakan lagu Taylor Swift sebagai batu loncatan. "Kami akan mengeksplorasi, di antara topik lainnya, feminisme sastra, ekokritik, studi penggemar, dan kiasan seperti anti-pahlawan. Popularitas Swift yang bertahan lama berasal, setidaknya sebagian, dari aspek yang sangat intertekstual dari karyanya, dan kursus ini akan menggali lebih dalam untuk mengeksplorasi akar sastranya," lanjut keterangan itu.

Pendaftaran kelas terbuka untuk semua mahasiswa, termasuk mereka yang tidak menganggap diri mereka penggemar Taylor Swift (atau mungkin belum pernah menemukan musiknya). "Tujuan dari kelas ini adalah untuk berpikir kritis tentang Swift sebagai seniman dan penulis, dan menggunakan popularitas musiknya sebagai 'jalan masuk' ke kumpulan sastra yang mungkin telah membentuk karyanya," jelas keterangan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Analisis Ilmiah

Taylor Swift Tampil Memukau Saat Awali The Eras Tour di State Farm Stadium
Permintaan tiket yang luar biasa ketika mulai dijual pada bulan November mengakibatkan kekecewaan bagi ratusan ribu penggemar. (AP Photo/Ashley Landis)

McCausland meraih gelar Sarjana dan Master dari University of Oxford, masing-masing dalam Sastra Inggris dan Sastra Inggris Abad Pertengahan, dan juga menerima gelar Ph.D dari University of York di Inggris. Ia sebelumnya mengajar di University of Oslo di Norwegia.

Penulisan lagu Swift telah ada di pikirannya sebagai subjek yang layak untuk analisis ilmiah untuk "sementara," katanya kepada CNN, tetapi "benar-benar mengkristal" dengan perilisan album terbaru Swift "Midnights" pada musim gugur yang lalu.

"Ada sebuah lagu di sana berjudul 'The Great War,' yang menggunakan Perang Dunia Pertama sebagai analogi untuk patah hati. Itu membuat saya berpikir tentang puisi Sylvia Plath 'Daddy,' di mana dia menggunakan Holocaust untuk mendiskusikan hubungannya yang bermasalah dengan ayahnya," jelas McCausland. "Apropriasi rasa sakit dan perang sejarah ini sebagai metafora (untuk cinta dan kehilangan) - saya mulai berpikir tentang kesejajaran sastra lainnya dan dari sanalah kursus itu berasal."


Bukan yang Pertama

Taylor Swift di tahun 2023. (Jordan Strauss/Invision/AP)
Taylor Swift di tahun 2023. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Mahasiswa yang terdaftar, selama satu semester, akan dinilai berdasarkan "laporan refleksi" - yang bahkan dapat disajikan sebagai lagu dan esai 4.000 kata yang menilai pentingnya salah satu teks yang ditugaskan di kelas dalam kanon sastra. McCausland mengatakan dia tidak berencana untuk menawarkan kredit ekstra untuk gelang persahabatan terbaik yang diproduksi.

Ia menambahkan bahwa, "Pada tingkat yang lebih pribadi, mereka akan mendapatkan apresiasi yang sangat besar dari saya."

"Saya akan senang dengan semua yang terjadi selama kelas ini. Saya sangat senang melihat apa yang siswa hasilkan," terangnya.

Meskipun diyakini sebagai kelas pertama dari jenisnya di Eropa, pengulangan puitis Swift sudah diajarkan oleh beberapa perguruan tinggi di seluruh Amerika Serikat. Modul Stanford menyebut pemenang Penghargaan Grammy 12 kali, "The Last Great American Songwriter," sementara New York University, Arizona State University, Berklee College of Music and Rice University di Houston semuanya memiliki kelas khusus untuk mempelajari evolusi lirik Swift, komposisi musik dan bagaimana karyanya berhubungan dengan feminisme, studi gender serta nasionalisme Amerika.


Analisa Karya Lain

Beyonce
Beyonce (Daniela Vesco/Invision/AP Photo)

Tapi Swift bukanlah superstar pertama yang karyanya menarik perhatian akademis. Pada 2016, University of Texas meluncurkan kelas Sastra Inggris yang membongkar album visual Beyonce bertajuk "Lemonade" dan hubungannya dengan feminisme kulit hitam. Tahun berikutnya, The University of Copenhagen mulai menawarkan "Beyoncé, Gender and Race."

"Saya membayangkan akan ada beberapa alis yang terangkat, dan memang ada. Saya masih belum tahu apakah mereka dibesarkan dalam kecaman atau skeptisisme atau persetujuan," kata McCausland tentang tanggapan dari rekan-rekannya dan, karena detail kelasnya telah menjadi berita utama, dunia yang lebih luas.

"Saya sangat senang bahwa begitu banyak orang yang antusias tentang hal itu, dan saya benar-benar terkejut. Hanya ada beberapa suara kritis langsung, dan itu hanya benar-benar menegaskan kembali apa yang saya coba lakukan , bahkan surat kebencian menurut saya cukup bagus, jujur saja. Maksud saya, jangan cetak kutipan itu seperti 'kirim lebih banyak surat kebencian'" jelasnya.

"Tapi jika ada yang bisa memberimu pelajaran tentang bagaimana menanggapi troll, itu adalah Taylor Swift," jelasnya. "Maksudku, dia benar-benar mengatakan 'pembenci akan membenci', dan dia akan melepaskannya."

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya