Jadikan Mood Makin Happy, 3 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan di Minggu Pagi

Selain dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar untuk memulai hari, ternyata olahraga juga bisa menjadi mood booster yang ampuh untuk mengurangi stres.

oleh Fachri pada 20 Okt 2023, 09:24 WIB
Diperbarui 20 Okt 2023, 18:09 WIB
Senam.
Ilustrasi beberapa orang sedang melakukan senam. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu gaya hidup sehat yang bisa dilakukan di pagi hari adalah olahraga. Ya, selain dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar untuk memulai hari, ternyata olahraga juga bisa menjadi mood booster yang ampuh untuk mengurangi stres.

Menurut National Institutes of Health (NIH) olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati, serta mengurangi risiko stres dan depresi. Hal tersebut terjadi karena saat olahraga, tubuh akan melepaskan bahan kimia atau hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood dan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Dengan kata lain, hormon tersebut dapat mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif untuk tubuh. Nah, jika ingin mendapatkan kondisi tersebut, terdapat 3 olahraga seru dan menarik yang bisa kamu lakukan bersama keluarga untuk membuat mood menjadi lebih baik dan memaksimalkan manfaat olahraga.

1. Zumba

Zumba.
Ilustrasi beberapa orang sedang melakukan zumba. (Foto: Shutterstock)

Zumba merupakan bentuk latihan fisik yang melibatkan gerakan tarian dengan musik berirama. Latihan ini mencakup berbagai gaya tarian, seperti salsa, merengue, cumbia, reggaeton, dan lainnya.

Dari berbagai macam gerakan tersebut, terdapat manfaat yang sangat banyak dari zumba, seperti membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru, membakar kalori, membantu meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan mood.

2. K-Pop Cardio

Senam.
Ilustrasi seseorang sedang melakukan kardio. (Foto: Shutterstock)

Teruntuk kamu yang sangat suka akan budaya Korea, K-Pop cardio bisa jadi satu olahraga kardiovaskular yang wajib dilakukan. K-pop cardio ini merupakan latihan kardiovaskular yang menggunakan tarian dengan diiringi oleh lagu-lagu K-Pop. Yup, olahraga satu ini menggabungkan berbagai unsur tarian dengan gerakan aerobik yang sangat berguna untuk kebugaran tubuh.

Karena diiringi oleh lagu-lagu K-Pop yang populer, selain mendapatkan kebugaran tubuh, kamu juga bisa meningkatkan mood dengan olahraga satu ini. Selain itu, karena sering dilakukan secara berkelompok, K-Pop Cardio juga dapat menciptakan lingkungan sosial yang positif dan mendukung.

Satu hal yang past, K-Pop Cardio adalah cara yang kreatif dan menyenangkan untuk meningkatkan kebugaran dan mood sambil menikmati musik K-pop yang populer.

3. Hip Hop Cardio

Kardio.
Ilustrasi seorang wanita sedang melakukan kardio sembari mendengarkan musik. (Foto: Shutterstock)

Tidak jauh berbeda dengan K-Pop Cardio, Hip Hop Cardio merupakan jenis olahraga yang menggabungkan gerakan hip hop dengan unsur-unsur aerobik. Hip Hop Cardio dirancang untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular sambil menyenangkan peserta dengan gerakan yang terinspirasi oleh tarian hip hop dan diiringi dengan musik hip hop.

Biasanya, Hip Hop Cardio mencakup gerakan seperti popping, locking, breaking, dan gerakan tarian lainnya yang khas untuk budaya hip hop. Dengan berbagai gerakan tersebut, dapat membantu meningkatkan denyut jantung, sirkulasi darah, dan kebugaran kardiovaskular secara keseluruhan.

Tak hanya itu, karena gerakan yang dilakukan diiringi oleh musik energetik serta ritmik, motivasi diri kamu akan terpacu dan mood menjadi meningkat jauh lebih baik. Hip Hop Cardio pun sangat bisa membuat suasana hati menjadi happy ketika dilakukannya secara berkelompok.

Nah, itulah tiga olahraga yang bisa kamu lakukan untuk membuat mood semakin happy di Minggu pagi. Jika kamu ingin melakukannya bersama keluarga agar ketiga olahraga menjadi lebih seru, kamu bisa ikuti PRUActive Family yang digelar di Exhibition Hall Grand City, Surabaya pada 29 Oktober 2023.

Prudential.
PRUActive Family yang digelar di Surabaya. (Foto: Istimewa)

Yup, kegiatan tersebut terdiri dari beberapa acara, salah satunya adalah Family Fun Workout yang merupakan acara dengan konsep olahraga seru bersama keluarga. Seluruh Peserta dapat memilih kegiatan cardio workout yang dikombinasikan dengan keseruan musik maupun variasi gerakan seperti: K-Pop Cardio, Hip Hop Cardio, Fun Exercise, dan Zumba Fitness.

Selain itu, ada pula Food Bazaar yang menyediakan berbagai kuliner lokal menarik dari setiap kota yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga serta dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Festival kuliner ini akan tersedia di setiap kota tempat berlangsungnya event PRUActive Family.

Last but not least, ada pula PRU Corner yang di dalamnya terdapat Fun Educative Talkshow yang memberikan edukasi kepada para orang tua mengenai tips dan trik bagaimana menjalani hidup bahagia dan sehat yang mudah diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

Tak hanya itu, terdapat pula Healthy Corner yang menyediakan booth medical check-up gratis untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuh kamu dan keluarga untuk terus menjaga kesehatan sekaligus menambah pengetahuan soal perencanaan masa depan.

Terakhir, ada juga PRUFamily Corner yang menyediakan berbagai solusi perlindungan keluarga, informasi literasi keuangan yang ringan dan bermanfaat serta tentunya berbagai hadiah menarik untuk kamu dan keluarga.

Nah, banyak sekali acara yang dihadirkan di dalam PRUActive Family, ya? Seluruh rangkaian kegiatan yang sangat menarik di acara tersebut dapat kamu ikuti hanya dengan merogoh kocek Rp80 ribu untuk 4 orang (paket family), Rp50 ribu untuk 2 orang (paket couple), dan Rp35 ribu untuk satu orang.

Eits, tapi jika membeli tiketnya di periode 13-21 Oktober 2023, kamu akan mendapatkan diskon sebesar 35% lho! Yup, kamu hanya merogoh kocek sebesar Rp52 ribu untuk 4 orang (paket family), Rp32.500 untuk 2 orang (paket couple), dan Rp22.750 untuk satu orang.

Untuk itu, supaya mendapatkan tiketnya lebih cepat, kamu bisa beli di sini. So, jangan sampai kehabisan tiketnya, ya!

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya