Jubir Pangeran Harry Mengaku Belum Terima Undangan Ulang Tahun ke-75 Raja Charles III

Juru bicara Pangeran Harry meluruskan soal kehadirannya di pesta ulang tahun Raja Charles III mendatang.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 14 Nov 2023, 01:59 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2023, 19:00 WIB
Pangeran harry
Pangeran Harry tidak mengenakan atribut formal dalam Penobatan Raja Charles III. (Dok. Twitter/@dior)

Liputan6.com, Jakarta - The Sunday Times melaporkan pada akhir pekan kemarin bahwa Raja Charles III akan merayakan ulang tahunnya yang ke-75 minggu depan di Clarence House. Tetapi, putra bungsunya disebut "tidak akan melakukan perjalanan dari California", tempat tinggalnya saat ini bersama istrinya, Meghan Markle, dan anak-anaknya.

Mengutip dari laman People, Selasa (7/11/2023), juru bicara Pangeran Harry mengklarifikasi laporan tersebut. "Menanggapi berita utama media Inggris, belum ada kontak mengenai undangan ulang tahun Yang Mulia Yang Mulia yang akan datang. Sungguh mengecewakan bahwa Sunday Times salah melaporkan cerita ini."

Pernyataan itu pertama kali dilaporkan oleh The Messenger. Keretakan yang sedang berlangsung antara Pangeran Harry (39) dan keluarganya semakin dalam sejak dirilisnya memoar Pangeran Harry, Spare, awal 2023.

Duke of Sussex melakukan perjalanan ke Inggris pada Mei 2023 untuk menghadiri penobatan ayahnya tanpa istrinya, yang tetap berada di California untuk merayakan ulang tahun putra mereka, lantaran berlangsung pada hari yang sama. Tak lama setelah upacara penobatan di Westminster Abbey, Pangeran Harry menuju ke bandara untuk pulang.​ 

Seorang teman dekat memberi tahu People sebelum penobatan bahwa Harry dan Meghan Markle menerima email tentang acara kerajaan dari kantor Raja Charles, bukan dari ayah Harry sendiri. Hal ini menjadi jelas bahwa "duduk" yang ingin dibicarakan oleh sang pangeran terkait masalah mereka tidak akan terjadi.

"Mereka tidak mendengar kabar dari Charles. Harry ingin mendengar kabar dari ayahnya secara langsung, (tapi) selalu melalui seseorang," kata temannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ingin Sebuah Keluarga Bukan Institusi

Pangeran Harry, Meghan Markle, Raja Charles, dan Permaisuri Camila dalam pemakaman Ratu Elizabeth II. (AP Photo/Martin Meissner, Pool, File)
Pangeran Harry, Meghan Markle, Raja Charles, dan Permaisuri Camilla dalam pemakaman Ratu Elizabeth II. (AP Photo/Martin Meissner, Pool, File)

Bagi Pangeran Harry, penampilan tunggalnya di penobatan ada hubungannya dengan keinginannya untuk memiliki sebuah keluarga, seperti yang dia nyatakan, bukan institusi. "Ini tentang seorang anak laki-laki yang muncul di hadapan ayahnya dan bukannya di hadapan institusi," kata teman dekatnya.

Colleen Harris, mantan sekretaris pers Raja dan putra-putranya, mengatakan kepada People, "Saya senang Pangeran Harry ada di sana. Dia secara pribadi akan menyesal jika dia tidak ada di sana untuk mendukung ayahnya. Berbicara sebagai seorang ibu, (Saya percaya) itu adalah hal yang benar... dan Raja (sangat) senang."

Selanjutnya, Pangeran Harry telah melakukan perjalanan lain ke Inggris. Dia lagi-lagi tidak bertemu dengan ayah atau saudara laki-lakinya, Pangeran William. Baru-baru ini, Duke of Sussex pun melakukan perjalanan ke London untuk menghadiri WellChild Awards pada September 2023, yang juga mencakup kunjungan ke makam neneknya Ratu Elizabeth di Kastil Windsor pada peringatan pertama kematiannya. 


Punya Kesibukan Masing-Masing

Pangeran Harry, William, dan Kate Middleton
Pangeran Harry, William, dan Kate Middleton. (AFP)

Raja Charles dan Ratu Camilla berada di Skotlandia untuk merayakan ulang tahun tersebut, sementara Pangeran William dan Kate Middleton merayakannya di Wales. Selama akhir pekan, Pangeran Harry dan Meghan (42), melakukan perjalanan ke Las Vegas untuk menghadiri pertunjukan terakhir residensi Katy Perry's Play.

Pasangan itu bertetangga dengan Katty Perry dan Orlando Bloom di Montecito, dan Pangeran Harry sebelumnya mengungkapkan bahwa dia dan aktor Pirates of the Caribbean tetap berhubungan tentang penampakan paparazzi.

"Baru dua hari yang lalu, Orlando Bloom mengirimi saya pesan — karena dia sedang dalam perjalanan dan kami terus berhubungan karena paparazzi," kata Duke of Sussex saat tampil di podcast Armchair Expert Dax Shepard pada Mei 2021.

Perry tidak cuma menghadiri upacara penobatan Raja Charles, tetapi ia juga tampil di Konser Penobatan di Kastil Windsor keesokan harinya. Tak hanya bersitegang dengan ayahnya, Pangeran Harry juga tak begitu akur dengan kakaknya, Pangeran William. 


Kate Middleton Enggan Jadi Pendamai William dan Harry

Penampilan Perdana Pangeran William - Kate Middleton dan Pangeran Harry - Meghan Markle Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II
(kiri ke kanan) Kate Middleton dan Pangeran William bersama Pangeran Harry dan Meghan Markle berjalan ke arah orang-orang setelah melihat bunga untuk mendiang Ratu Elizabeth II di luar Kastil Windsor, Windsor, Inggris, 10 September 2022. Kedua pasangan itu terakhir terlihat bersama dalam acara Commonwealth Day di Westminster Abbey pada tahun 2020. (AP Photo/Martin Meissner)

Sebelumnya, Putri Wales kerap kali disebut sebagai pendamai hubungan Pangeran William dan Pangeran Harry yang tegang selama beberapa tahun terakhir. Tetapi, para ahli dan orang dalam mulai pesimistis, lantaran kakak adik ini tidak menunjukkan tanda-tanda bakal "berbaikan."

"Begitu banyak yang sudah dikatakan dan orang-orang terluka," kata mantan pelayan Rumah Tangga Kerajaan Inggris, Paul Burrell, pada Mirror dikutip dari Marie Claire, Kamis, 12 Oktober 2023. "Menurut saya, itu tidak dapat diperbaiki saat ini. Itu bakal memakan waktu."

Hubungan William dan Harry merenggang saat Duke dan Duchess of Sussex memutuskan mundur dari kehidupan kerajaan dan pindah ke California. Semenjak itu, Pangeran dan Putri Wales dilaporkan merasa semakin tersakiti oleh beberapa pengungkapan yang dibuat keluarga Sussex mengenai mereka di media.

"Satu-satunya orang yang mempunyai peluang kecil untuk berdamai dengan mereka adalah Kate," kata Burrell. "Sejujurnya, saya tak berpikir Kate menginginkannya karena sudah banyak yang terluka. Tidak satu pun dari mereka yang benar-benar ... mereka tak tahu cara menyembuhkan keretakan ini." 

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya