Harga Tiket Pesawat Relatif Terjangkau, Minat Masyarakat Berwisata ke Jakarta di Masa Libur Lebaran 2024 Meningkat

Indikasi meningkatkan masyarakat luar Jakarta untuk berwisata ke Jakarta di masa libur lebaran 2024 terlihat dari tingkat pencarian tiket taman hiburan dan taman wisata.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 06 Apr 2024, 09:15 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2024, 09:15 WIB
Tahun Baru di Ancol
Pengunjung berwisata di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Senin (1/1/2024). Ancol menjadi tempat wisata bagi masyarakat saat libur Tahun Baru 2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta yang kini tak lagi disebut ibu kota biasanya akan sepi di masa libur lebaran. Warga yang menetap ramai-ramai ke luar kota untuk mudik ke kampung halaman atau pergi liburan ke luar kota maupun ke luar negeri. 

Namun, riset yang dilakukan Traveloka menunjukkan bahwa minat warga di luar Jakarta untuk berwisata ke Jakarta meningkat. Hal itu terlihat dari meningkatnya pencarian untuk kategori taman wisata dan taman bermain hingga dua kali lipat.

Dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Jumat, 5 April 2024, salah satu pertimbangan warga non-Jakarta berlibur di bekas ibu kota adalah harga tiket pesawat dan moda transportasi lain yang cenderung lebih terjangkau. Mereka pun mencari atraksi wisata populer di Jakarta, seperti Dufan - Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Kidzania.

Melengkapi kebutuhan para wisatawan adalah akomodasi. Traveloka mencatat Jakarta juga menjadi salah satu daerah tujuan utama bagi konsumen yang mencari akomodasi selama mudik dan libur lebaran 2024, selain Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Malang. 

Hotel bintang empat menjadi akomodasi yang paling banyak dicari, baik di dalam kota untuk staycation maupun di luar kota untuk berlibur. Jumlah pencarian akomodasi selama periode libur lebaran 2024 mencapai lebih dari 50 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Sementara berdasarkan destinasi, data internal menunjukkan bahwa pencarian tiket pesawat ke Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali naik dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya. Dalam periode yang sama, minat masyarakat untuk berlibur ke destinasi internasional seperti Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok juga meningkat.

 


Minat Mudik Pakai Kereta Meningkat

Arus Balik Mudik Kereta Api
Penumpang kereta api Argo Lawu dari Solo tiba di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (17/5/2021). Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan, pada hari ini diperkirakan akan ada 2.100 penumpang kereta api jarak jauh yang akan tiba di Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Data internal menunjukkan bahwa mudik via jalur darat masih menjadi pilihan masyarakat, khususnya di Pulau Jawa. Hal itu terlihat dari tingkat pencarian tiket kereta, bus, dan travel yang meningkat. Tren pencarian bus dan travel untuk periode lebaran meningkat hampir 12 kali lipat, sedangkan pencarian tiket kereta api meningkat lebih dari 30 kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya.

Lebih lanjut, data internal menunjukkan puncak arus mudik dan arus balik berdasarkan pembelian tiket cukup beragam. Untuk moda transportasi pesawat, puncak keberangkatan terjadi pada 5--6 April 2024, dengan arus balik pada 14--15 April 2024. Sementara untuk kereta api, puncak keberangkatan terjadi pada 5--8 April 2024 dan arus balik mulai 13--15 April 2024. Khusus untuk bus dan travel, lonjakan keberangkatan terjadi pada 3--8 April 2024 dan arus balik pada 13--15 April 2024.

Berdasarkan destinasi, kota-kota yang menjadi favorit konsumen via jalur darat adalah Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang, Bandung, Cirebon, Bandar Lampung, dan Padang. Untuk itu, Traveloka bekerja sama dengan Cititrans menambah rute bus terbaru, seperti Jakarta - Semarang - Solo - Yogyakarta dan Jakarta - Surabaya - Malang.

 


Kerja Sama dengan Travel dan Brand Kopi

FOTO: Antrean Kendaraan Masuki Rest Area Tol Cikopo - Palimanan Sebabkan Kemacetan
Sejumlah kendaraan memadati rest area di KM 166 Jalan Tol Cikopo - Palimanan, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Memasuki H-5 Lebaran, volume kendaraan di Jalan Tol Cikopo - Palimanan mengalami peningkatan signifikan yang mengakibatkan kemacetan pada sejumlah ruas jalan utama tol karena antrean kendaraan yang akan masuk rest area. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menyambut traffic mudik dan libur Lebaran yang diprediksi akan padat, Traveloka berkolaborasi dengan Kopi Kenangan dan mitra shuttle ternama, yaitu Jackal Holidays dan Areon. Mereka menyediakan pilihan titik naik dan turun yang strategis, sehingga lebih mudah diakses dan memberikan kenyamanan lebih bagi konsumen.

Konsumen bisa memilih beberapa titik, di antaranya dengan Jackal Holidays dari Virtual Point Kopi Kenangan Shell Kesambi (Cirebon) tujuan Bandung pool Jackal Holidays (Dipati Ukur & Pasteur) atau dengan Areon dari Kopi Kenangan Antapani (Bandung) dengan tujuan pool Areon di Jakarta (Setiabudi & Kuningan area). Konsumen juga bisa memesan minuman sembari menunggu dijemput.

"Kolaborasi ini pun sejalan dengan upaya Kopi Kenangan dalam menghadirkan gerai di titik-titik strategis di jalur mudik seperti rest area pada jalan tol Pulau Jawa untuk menemani para pemudik dalam beristirahat di tengah perjalanan panjang," kata Ananditha Mayasari, AVP, Head of Marketing, Kopi Kenangan.

Traveloka juga menggelar Promo Rama dan Kenyamanan yang menawarkan diskon hingga 50 persen untuk berbagai produk perjalanan (Pesawat, Akomodasi, Bus, Kereta Api, dan Xperience). Konsumen dapat mengakses penawaran ini melalui aplikasi dan website Traveloka hingga 21 April 2024.

 


Perputaran Ekonomi di Musim Mudik Lebaran 2024

[Bintang] 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi
Supaya mudik dengan mobil pribadi berjalan aman dan nyaman, ini beberapa tips mudik yang wajib kamu ketahui. (Ilustrasi: (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mengutip survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan, 193,6 juta orang diprediksi akan mudik pada Lebaran tahun ini, meningkat dari 123,8 juta orang pada tahun sebelumnya. Hal itu diprediksi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berdampak ekonomi hingga Rp276,11 triliun dalam periode 8--15 April 2024.

"Perputaran ekonomi di sektor parekraf saat ini sudah mencapai Rp276,11 triliun dan diperkirakan kenaikan terus berlanjut," kata Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf Dessy Ruhati dalam Extended Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU) di Hotel Manhattan Jakarta, Senin, 1 April 2024.

Namun, angka tersebut dianggap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terlalu konservatif. Ia memprediksi, bila setiap orang mengeluarkan Rp1--2 juta di periode lebaran, ia yakin dampak ekonominya bisa menembus Rp300--400 triliun.

"Saya kan optimistis," ujarnya.

Pasalnya, lebaran tidak hanya disambut Muslim di Indonesia, tapi juga oleh umat lintas agama. Banyak yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk liburan ke berbagai tempat wisata. Berdasarkan hasil survei, Kemenparekraf menyebut sembilan destinasi wisata yang jadi tujuan favorit di periode libur lebaran 2024.

"Malioboro, Ciwidey, Pangandaran, Parangtritis, Ragunan, Puncak Bogor, Lembang, Borobudur, dan Bromo," Dessy menguraikan.

Ia menambahkan, atraksi yang dituju wisatawan di musim libur Lebaran tahun ini masih didominasi wisata alam, yakni pantai atau danau. Berikutnya adalah pusat kuliner, agrowisata, taman rekreasi/kebun binatang, dan pusat perbelanjaan atau mal.

Infografis Titik-Titik Keramaian Wisata di Musim Mudik Lebaran 2023
Infografis Titik-Titik Keramaian Wisata di Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya