Insiden Selebgram Una Dembler Ludahi Orang di Konser Bruno Mars Jadi Sorotan Media Asing

Kejadian selebgram Una Dembler ludahi orang di konser Bruno Mars diulas sejumlah media asing, termasuk Says asal Malaysia dan AsiaOne serta CNA dari Singapura.

oleh Asnida Riani diperbarui 09 Apr 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2024, 20:00 WIB
Video viral Una Dembler. (TikTok/ sabrinasimisai)
Video viral Una Dembler. (TikTok/ sabrinasimisai)

Liputan6.com, Jakarta - Insiden selebgram Una Dembler terekam meludahi orang di konser Bruno Mars di Singapura telah jadi sensasi di dunia maya. Tidak hanya di kalangan warganet Indonesia, namun juga negara tetangga. Kejadian ini bahkan diulas sejumlah media asing, termasuk Says asal Malaysia dan AsiaOne dan CNA dari Singapura.

CNA menulis bahwa peristiwa itu terjadi pada Jumat, 5 April 2024, saat pemegang tiket area standing pen sedang mengantre untuk melihat pertunjukan kedua dari total tiga show penyanyi Amerika itu di National Stadium Singapura. Di video yang diunggah influencer asal Singapura, Sabrina Sim, Jumat lalu, Una terlihat memberi isyarat dan berdebat dengan beberapa penonton konser Bruno Mars yang mengantre untuk memasuki standing pen.

Setelah mungkin disuruh pergi ke belakang antrean, ia memuji pria lain yang tidak masuk dalam rekaman tersebut, dengan mengatakan "Dia ini baik," karena meminta dirinya pergi ke belakang antrian dengan sopan. "Tapi, ia tidak melemparkan nasi ke tubuh saya… oke?… Saya merasakannya.”

Ia terdengar mengulangi, "Ini nasimu, ini nasimu," sebelum meludahi salah satu dari mereka, yang kemudian diketahui adalah Sim. Di keterangan TikTok-nya, Sim menjelaskan bahwa ia dan teman-temannya sedang mengantre di belakang seorang pria yang pergi ke konser sendirian ketika Una "duduk" di depannya, mendorong mereka "membela pria itu dan memintanya mengantre dari belakang barisan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengakuan Orang Diludahi Una

Una Dembler. (Instagram/ unadembler)
Una Dembler. (Instagram/ unadembler)

"Dia (Una) mengatakan pada kami, 'Saya sedang menunggu teman saya,'" tulis Sim. "Jadi kami memberitahunya dengan baik, 'Ini antrian paling depan, kamu bisa pergi ke belakang antrean dan menunggu temanmu.' Tapi yang jelas, dia tidak terlalu senang ditegur, meski dialah yang tanpa malu mencoba memotong antrean. Akhirnya (kami) diludahi."

"Yang bisa saya katakan adalah... mereka yang hadir pada 5 April, mohon perhatiannya dan berusaha sebaik mungkin untuk tidak egois pada orang lain yang menghadiri konser," ia menambahkan.

Video TikTok yang telah ditonton 2,5 juta kali saat artikel ini ditulis memuat banyak simpati untuk Sim dan mendorongnya melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Warganet dengan cepat melacak dan mengidentifikasi Una sebagai pelaku, sehingga membanjiri akun media sosialnya dengan komentar negatif.

Akhir pekan kemarin, Una menanggapi reaksi tersebut melalui Instagram Story, mengklaim bahwa video yang beredar "tidak 100 persen benar." Ia juga mengaku tidak bermaksud untuk bergabung atau memotong antrean, tapi sedang menunggu temannya yang pergi ke toilet.


Balas-balasan Cerita

Una Dembler. (Instagram/ unadembler)
Una Dembler. (Instagram/ unadembler)

Una menulis, "Tiba-tiba saya merasakan seseorang melemparkan nasi ke rambut dan tubuh saya beberapa kali. Lalu, ada seorang pria baik yang memberitahu saya bahwa ini adalah antrean untuk Bruno Mars, dan saya segera berdiri dan meninggalkan antrean, tapi perempuan itu tetap mencoba melemparkan nasi (pada) saya."

"Saya marah dan jadi emosional, namun meludahinya adalah hal yang salah. Sayangnya, saya tidak punya video (dia) melemparkan nasi (ke arah) saya," ia menambahkan. "Tolong dengarkan cerita saya juga. Saya tahu saya salah karena meludahinya, tapi saya tidak bermaksud memotong antrean. Saya akan belajar dari ini dan saya sangat menyesalinya. Maafkan saya... Maafkan saya."

Sim mengunggah ulang tangkapan layar Instagram Story Una dalam video lanjutan, menimbulkan keraguan atas klaimnya bahwa nasi dilemparkan padanya dan tidak mengetahui bahwa ia berada di tengah antrean. "Bolehkah saya juga mengatakan bahwa saat itu siang hari bolong dan ada banyak orang di sana?" Sim menambahkan.

"Jika dia mengklaim bahwa orang-orang melemparkan barang ke arahnya berkali-kali, bagaimana mungkin tidak ada yang melihatnya?"


Kemungkinan Konser Bruno Mars di Indonesia

[Bintang] Bruno Mars
Bruno Mars (AFP / Christopher Polk)

Terlepas dari insiden itu, Bruno Mars dilaporkan sedang menjalani tur dunia dan akan menggelar konser di beberapa negara Asia, seperti Thailand dan Singapura. Di Thailand, ia menggelar konser pada 30 dan 31 Maret 2024 di Rajamangala National Stadium Bangkok.

Sementara di Singapura, menurut laman resmi Bruno Mars, pelantun lagu Uptown Funk itu tampil pada 3, 5 dan 6 April 2024 di National Stadium Singapore. Lalu, apakah Indonesia akan jadi perhentian selanjutnya?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut, "Sudah dilaporkan ke kami dan kami belum dapat kepastian karena beritanya diembargo, nunggu kepastian dari Bruno Mars, dalam satu-dua hari ini sedang diajukan tim promotor," di Extended Weekly Brief with Sandi Uno di bilangan Jakarta Selatan, 1 April 2024.

"Teman-teman harap sabar, mohon tunggu release date resmi dari manajemen Bruno Mars. Kalau keluar, memang itu yang sedang diupayakan tim promotor yang akan kami fasilitasi," tambahnya. Seandainya hal itu terlaksana, Menparekraf mengatakan bakal mengantisipasi calo tiket seperti yang banyak ditemui saat konser Coldplay di GBK Jakarta pada November 2023.

Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional
Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya