Sukses Comblangi Athina dan Rio Haryanto, Nur Asia Uno Buka Kesempatan Carikan Jodoh untuk Warganet

Di balik raut wajah bahagia Athina dan Rio ketika lamaran, ternyata ada sosok Nur Asia Uno, istri Menparekraf Sandiaga Uno yang menjadi mak comblang pasangan itu.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 28 Mei 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2024, 14:00 WIB
Athina keponakan Sandiaga Uno dan Rio Haryanto saat acara lamaran
Athina, keponakan Sandiaga Uno dan Rio Haryanto saat acara lamaran. (Dok: IG @christieleonardi https://www.instagram.com/christieleonardi?igsh=bjUzNjVhOGVhOWQw)

Liputan6.com, Jakarta - Pebalap Rio Haryanto resmi melamar kekasihnya, Athina Papadimitriou yang tak lain keponakan istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Minggu, 16 Mei 2024. Lamaran yang mengusung budaya Tionghoa itu dihadiri oleh kedua belah pihak keluarga.

Di balik raut wajah bahagia Athina dan Rio, ternyata sosok Nur Asia Uno berperan penting, yakni sebagai mak comblang pasangan itu. Hal itu diketahui lewat unggahannya di TikTok pada Senin, 27 Mei 2024.

"Selain sudah seperti anak sendiri, Athina dan Rio saya yang jodohkan. Mereka berdua insyaAllah pasangan ke-11 yang menikah karena hasil comblangan saya lho," tulis Nur Asia melalui akun @mpoknurasia.

Unggahan berupa video ketika lamaran Athina dan Rio itu memperlihatkan saat pembalab itu membawakan buket bunga. Sementara, Athina digandeng oleh ibundanya dan Nur Asia.

Ada pula sesi saat pasangan itu berdansa usai bertukar cincin. Lalu, para kerabat berfoto dengan sahabat dan kerabat terdekat, mengabadikan momen manis tersebut. "Hayo siapa di sini yang mau saya comblangi juga tulis di kolom komen ya," tulis Nur Asia di akhir kalimatnya. 

Konten yang disukai oleh lebih dari 18,8 ribu pengguna TikTok itu, mendapat banyak komentar dari warganet. Di antaranya ada pula yang menulis data dirinya agar dicarikan jodoh. 

"Saya bu, umur 32, bekerja di BUMN, agama Islam, yatim piatu, tidak ada tanggungan, anak kedua dari 3 bersaudara, makasih ibu," tulis seorang warganet.

"Bu jadikan saya pasangan ke-12 yang ibu jodohkan sama Kim So Hyun bu," tulis yang lain bercanda.

"Bu tolong comblangin saya dengan Nathan Tjoe A On," yang lain menimpali. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lamaran dengan Nuansa Budaya Tionghoa

Potret Sandiaga Uno di Acara Lamaran sang Keponakan Athina dengan Pembalap Rio Haryanto
Potret lamaran Athina, keponakan Sandiaga Uno (Sumber: Instagram/sandiuno)

Momen lamaran Rio Haryanto dengan Athina diketahui lewat unggahan Sandiaga Uno yang disematkan dengan akun Rio di Instagram. "Dengan penuh rasa bahagia, saya ucapkan selamat atas acara lamaran keponakan saya tercinta, Athina dan @rharyantoracing💍🤍Alhamdulillah, hari ini saya mewakili keluarga besar Athina mengucapkan terima kasih atas kedatangan keluarga besar dari Rio," tulis Sandiaga Uno di akun Instagramnya, Minggu, 26 Mei 2024.

Acara lamaran bernuansa biru langit itu dihadiri keluarga besar pasangan itu. Tak disebutkan lokasi acara berlangsung, namun terlihat bahwa prosesi lamaran memasukkan unsur budaya Tionghoa.

Rio yang berdarah Tionghoa mengenakan baju changsan berwarna light blue bermotif dengan kerah tegak dan kancing yang khas. Busananya serupa hanya berbeda warna dengan yang dipakai sang ayah, Sinyo Haryanto dan kakaknya. Sementara sang ibu, Indah Pennywati tampak mengenakan qipao modifikasi tanpa lengan.

Athina mengenakan gaun cheongsam berbahan lace warna senada dengan panjang lengan sampai siku. Penampilannya makin memukau dengan anting rain drops berlian dan senyum manisnya yang terus terkembang. Riasannya natural dengan tatanan rambut dicepol modern.


Jadi Hari Patah Hati Nasional

Potret Sandiaga Uno di Acara Lamaran sang Keponakan Athina dengan Pembalap Rio Haryanto
Potret lamaran Athina, keponakan Sandiaga Uno (Sumber: Instagram/sandiuno)

Pada sebuah unggahan, terlihat ibu Rio memakaikan kalung di leher Athina. Dalam budaya Tionghoa, prosesi lamaran itu disebut Tingjing. Kalung yang diberikan calon pengantin pria itu merupakan tanda pengikat bagi calon pengantin wanita.

"Semoga Allah melancarkan langkah-langkah kalian kedepan, menjaga hubungan kalian, dan memberikan kebahagiaan yang tak terhingga. Amiin…," Sandiaga Uno mendoakan.   

Saat diunggah, kolom komentar akun Sandiaga dan Rio langsung dibanjiri komentar. Banyak yang mengucapkan selamat dan doa agar hubungan keduanya diberkahi dan dilancarkan menuju pernikahan. Tapi, tak sedikit yang merasa patah hati mendengar kabar tersebut.

"Hari patah hati Indonesia part sekian 💔 but congrats semoga jadi keluarga yg sakinah mawaddah warahmah. (Yg kaya gini satu lagi ya Allah)," tulis seorang warganet.

"Patah hati akyuuuhhh..," tulis warganet lain.

"Patah Hati💔💔💔 tapi aku bahagia," imbuh warganet lain.

"Kapalku karam," ucap warganet berbeda.

"Dengan segala support, ayok move on nak ke hati yg lain 💔," canda warganet. 


Awal Mula Kabar Kedekatan Athina dan Rio Haryanto

Potret Sandiaga Uno di Acara Lamaran sang Keponakan Athina dengan Pembalap Rio Haryanto
Potret lamaran Athina, keponakan Sandiaga Uno (Sumber: Instagram/sandiuno)

Berita pertunangan antara Rio dan Athina muncul sejak awal 2024. Dugaan itu muncul lantaran beberapa waktu lalu Rio Haryanto terlihat pergi bersama seorang wanita cantik yang ternyata keponakan dari Nur Asia Uno. 

Rio dan Athina ketika itu dikabarkan sudah bertunangan dan akan segera menikah yang diketahui lewat unggahan sahabat mereka, salah satunya presenter Ncess Nabati. Pada unggahanannya, Ncess membocorkan video kebersamaan Rio dengan Athina. Ncess Nabati pun menyelipkan keterangan yang bikin penasaran.

"Siap siap patah hati nasional," tulisnya di akun Instagram miliknya, 24 Februari 2024 sambil membagikan video pertemuannya dengan Rio dan Athina.

Sontak warganet baper melihat kebersamaan mereka. Sejumlah warganet meyakini Rio bakal melepas masa lajangnya dalam waktu dekat. Foto yang dibagikan Ncess kemungkinan diambil saat Rio dan Athina sempat pergi kondangan bersama di acara pernikahan sahabat mereka.

Di pesta itu, keduanya bertemu dengan Ncess Nabati. Rio terlihat gagah dengan setelan jas biru dongker dan celana panjang berwarna senada dan kemeja putih. Sementara Athina mengenakan abaya cantik berwarna hijau muda. Saat foto bersama dengan rekan yang lain, Athina terlihat melingkarkan tangannya ke lengan Rio.

Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta
Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya