Tips Parenting Mila Kunis dan Aston Kutcher, dari Kenalkan Budaya hingga Tekankan Pentingnya Peran Ayah di Keluarga

Hampir 10 tahun menikah, Mila Kunis dan Aston Kutcher membagikan tips parenting pengasuhan kedua anaknya termasuk dalam memperkenalkan budaya tempat asal mereka.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 28 Mei 2024, 20:30 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2024, 20:30 WIB
Mila Kunis dan Aston Kutcher
Mila Kunis dan Aston Kutcher berbagi ilmu parenting soal mengasuh kedua anaknya. (Dok: IG @aplusk https://www.instagram.com/tv/CaqQZ-clv8u/?igsh=ZHUyeGozdWl1ODhv)

Liputan6.com, Jakarta - Mila Kunis dan Ashton Kutcher telah menghadapi tantangan bersama sebagai orangtua. Pasangan artis Hollywood yang menikah pada sejak 2015 ini memiliki dua orang anak, yaitu Wyatt Isabelle (9) dan Dimitri Portwood (7). 

Mengutip dari laman People, Selasa, 28 Mei 2024, hampir 10 tahun menikah keduanya membagikan tips parenting tentang pengasuhan kedua anaknya. Salah satunya, saat pemutaran perdana filmnya Your Place or Mine pada Februari 2023, Kutcher saat itu menekankan peran ayah dalam keluarga.

"Bagi saya, peran No. 1 yang akan saya mainkan adalah ayah," kata aktor berusia 46 tahun tersebut. "Itu adalah peran terpenting dalam hidupku."

Sementara Kunis sebagai seorang ibu juga mengajarkan anak-anaknya soal budaya. Terlebih Kunis berasal dari Ukraina yang mengalami invasi Rusia pada 2022 dan masih terlibat konflik hingga sekarang, hingga membuatnya berbincang serius dengan anak-anaknya.

''Pada akhirnya sangatlah penting untuk mengetahui dari mana Anda berasal. Sungguh indah, sungguh menakjubkan memiliki beragam budaya. Kita tidak boleh sama. Kita tidak boleh berpikiran sama. Itu bukanlah pentingnya komunitas dan pertumbuhan. Dan karena itu, kami segera mengingatkan anak-anak kami bahwa mereka setengah Ukraina," kata Kunis dalam sebuah wawancara di Who's Talking to Chris Wallace? pada Maret 2022. 

 Hampir sama seperti kebanyakan artis lainnya, Kunis dan Kutcher kerap membagikan waktu kebersamaan dengan anak-anak mereka. Diketahui, pasangan itu menyambut anak pertama, Wyatt Isabelle Kutcher, pada 1 Oktober 2014.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbagi Tumbuh Kembang Anak

Pasangan artis Mila Kunis dan Aston Kutcher berbagi ilmu parenting soal mengasuh kedua anaknya.
Pasangan artis Mila Kunis dan Aston Kutcher berbagi ilmu parenting soal mengasuh kedua anaknya. (Dok: IG @aplusk https://www.instagram.com/tv/CaqQZ-clv8u/?igsh=ZHUyeGozdWl1ODhv)

Saat Wyatt berusia enam tahun, Kunis mengungkap bahwa putrinya sangat terpesona dengan luar angkasa. "Inilah ironinya: Putri saya jatuh cinta dengan luar angkasa. Saat ini, jika Anda bertanya kepadanya ingin menjadi apa dia ketika besar nanti, dia akan memberi tahu Anda bahwa dia ingin menjadi koki astronaut di luar angkasa,” katanya.

Aktris kelahiran tahun 1983 itu menyambung, "Dia ingin menjadi seperti itu. Di Stasiun Luar Angkasa Internasional, dia ingin menjadi koki dan astronaut."

Sebagai ibu, bintang Bad Moms ini suka berbagi rahasia dengan putrinya dan mengakui kesalahannya, sesuatu yang telah dia lakukan sejak Wyatt masih kecil. "Satu-satunya hal yang membuat saya merasa bersalah, dan saya benar-benar meminta maaf kepada anak saya yang berusia 3 tahun, adalah ketika saya bereaksi berlebihan," kata Kunis tentang Wyatt saat wawancara pada November 2017 dengan People. 

Salah satu pola asuh yang salah kepada anak-anaknya yang dialami Kunis adalah saat ia mendorong putrinya untuk melawan pelaku intimidasi. Hal ini menurutnya sangat tidak disetujui oleh Kutcher.


Pernah Berbuat Kesalahan dalam Pola Asuh

Mila Kunis
Mila Kunis mengungkapkan kekesalannya saat mendengar kabar ia disebut cerai dari Ashton Kutcher (AP Photo)

"Ada seorang anak kecil di taman kanak-kanak anak saya yang tidak begitu baik dan mendorong putri saya," kata Kunis dalam serial Pengakuan Ibu untuk Ellen. "Putriku kembali dan berkata, 'Anak kecil ini dan itu mendorongku.' Dan secara naluriah saya berkata, 'Apakah kamu mendorongnya kembali?' Dan putriku berkata, 'Tidak!' "

Setelah menasihati Wyatt untuk "mendorongnya kembali lain kali dan berkata tidak, terima kasih lalu pergi," aktris tersebut mengenang bagaimana ekspresi wajah Ashton dan dia berkata, "Tidak!' "

"Menurutku itu adalah kegagalan dalam mengasuh anak," tambahnya sambil tertawa.

Kemudian dalam video tersebut, Kunis menceritakan bahwa Wyatt adalah verisi kecil dirinya. "Putriku adalah aku. Dia mandiri, penuh semangat, dan luar biasa cerdas. Ini merupakan sifat yang luar biasa untuk dimiliki sebagai orang dewasa, namun sangat sulit untuk dilawan saat masih kecil," jelas sang ibu yang bangga.

"Dia punya sejuta jawaban untuk satu pertanyaan dan dia tidak salah," kata Kunis.


Tidak Publikasikan Wajah Anak di Medsos

Ashton Kutcher dan Mila Kunis. (Instagram/ aplusk)
Ashton Kutcher dan Mila Kunis. (Instagram/ aplusk)

Sementara anak kedua mereka, Dimitri Portwood Kutcher lahir pada 30 November 2016. Seperti kakak perempuannya, Kunis dan Kutcher tidak membagikan foto wajahnya untuk menghormati privasinya.

"Tetapi kami tidak membagikan foto anak-anak kami secara publik karena kami merasa bahwa mempublikasikannya adalah pilihan pribadi,” kata aktor The Ranch dalam wawancara pada bulan Oktober 2017 dengan Thrive Global Podcast di iHeartRadio.

"Saya dan istri saya telah memilih karier di mana kami bisa tampil di hadapan publik, namun anak-anak saya belum memilihnya, jadi saya rasa mereka punya hak untuk memilih hal itu," cetusnya.

Dia menambahkan bahwa pasangan tersebut memiliki circle pribadi, tempat berbagi hal-hal dengan keluarga. Diketahui  Kunis dan Kutcher saat ini tinggal di sebuah rumah pertanian di L.A. yang mereka juluki "KuKu Farms".

Selama pandemi Covid-19, pasangan ini menikmati menghabiskan waktu berkualitas bersama Wyatt dan Dimitri. "Kami sebenarnya mencoba merayakan kenyataan bahwa anak-anak kami masih kecil dan mereka masih ingin bergaul dengan kami dan kami harus bersama mereka sepanjang hari," kata Kutcher kepada People pada September 2021.

Infografis Taman-Taman Ramah Anak di Indonesia
Infografis Taman-Taman Ramah Anak di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya