Dian Sastrowardoyo Menangis Lihat Arca Tercantik dari Zaman Kerajaan Singasari, Ingatkan pada Mendiang Ayah

Dian Sastrowardoyo melihat langsung arca tercantik dari zaman Singasari, yakni arca Dewi Prajna Paramita. Saat melihat arca tersebut, ia langsung teringat ayahnya.

oleh Henry diperbarui 06 Jun 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2024, 09:30 WIB
Dian Sastrowardoyo (Instagram/therealdisastr)
Dian Sastrowardoyo (Instagram/therealdisastr)

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Dian Sastrowardoyo dikenal kerap menunjukkan kecintaannya pada dunia seni. Baru-baru ini, pemain serial Gadis Kretek tersebut melihat langsung arca tercantik dari zaman Singasari, yakni arca Dewi Prajna Paramita.

Saat pertama kali melihat arca tersebut, ia langsung teringat mendiang ayahnya sebab ialah yang memberi nama tengah Dian setelah terinspirasi dari Dewi Prajna Paramita. Mendiang ayah Dian yang menganut agama Buddha memberikan nama Paramita pada nama panjang putrinya, yaitu Diandra Paramita Sastrowardoyo.

"Memandangi sang dewi Prajna Paramita. Bapakku yang Bhuddist, ngasih nama tengahku dari dewi ini. Artinya Kebijaksanaan Tertinggi. (No pressure at all btw lho, Pak)," tulis Dian dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Selasa, 4 Juni 2024.

Dian bahkan sempat menitikan air mata karena merasakan aura yang luar biasa. Ia juga menyinggung soal Ken Dedes, ratu pertama Kerajaan Singasari.

Pasalnya, arca yang ada di hadapannya disebut-sebut sebagai perwujudan Ken Dedes. "Aku mewek dong.. entah kenapa. Auranya gila sih. Gossipnya, arca ini cantiknya kayak cantiknya Ken Dedes- yang konon merupakan ibu dari hampir semua raja-raja besar di Nusantara ini," sambung ibu anak itu.

Bukan itu saja, Dian juga bernostalgia dengan komik karya R.A. Kosasih yang ia baca saat kecil. Komik itu menceritakan soal istimewanya sosok Ken Dedes.

"Di situ diceritain bahwa Ken Dedes itu perwujudan Prajna Paramita - kebijaksanaan tertinggi, dan siapa pun yang jadi suaminya akan menjadi raja. Wow, sakti juga ya beliau," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dian Jadi Dosen di UI

Gaya Kasual Dian Sastrowardoyo Saat Mengajar di Kampus, Pakai Kemeja Putih dan Celana Jeans.  foto; Instagram @therealdisastr
Gaya Kasual Dian Sastrowardoyo Saat Mengajar di Kampus, Pakai Kemeja Putih dan Celana Jeans. foto; Instagram @therealdisastr

Selain berkiprah di dunia hiburan, Dian Sastro juga menjadi dosen. Aktris berusia 42 tahun itu masih aktif sebagai salah seorang dosen di vokasi Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat.

Momen saat Dian mengajar sebagai dosen ini pun sempat dibagikannya di akun Instagramnya. Dalam unggahannya, istri Indraguna Sutowo itu terlihat memasuki kelas dan bertemu para mahasiswanya.

"Ngajar di @vokasi_ui pagi ini untuk prodi Produksi Media," tulis Dian dalam keterangan unggahannya, 15 Desember 2023. Dalam video itu, terlihat lawan main Nicholas Saputra dalam film 'Ada Apa Dengan Cinta?' tersebut cukup menikmati proses mengajarnya. Ia juga terlihat rapi meski mengenakan busana kasual yang sepertinya membuatnya lebih nyaman dalam mengajar.

Dian mengenakan kemeja putih panjang, celana panjang jeans biru, dan sepatu warna cokelat. Riasannya terlihat tipis dan natural dan rambut panjangnya dibiarkan tergerai.

Para mahasiswa juga terlihat begitu serius dan antusias saat diajar oleh peraih Piala Citra 2004 tersebut. Cara Dian mengajar itu terlihat membuat para mahasiswa nyaman dengan materi yang ia paparkan. "Selalu menyukai berbagi tentang semangatku di film,” tambah Dian dalam unggahannya.


Penampilan Dian Terlihat Seperti Mahasiswa

Momen Dian Sastrowardoyo Bertegur Sapa Dengan Mahasiswa, Jadi Dosen Vokasi UI
Momen diskusi Dian Sastrowardoyo dengan mahasiswa ini curi perhatian. Antusiasme mahasiswa saat diajar Dian Sastrowardoyo terlihat sekali. Tak heran kelas Dian pun selalu seru dan menarik bagi mahasiswa. (Liputan6.com/IG/therealdisastr)

Dalam unggahan lainnya, Dian memakai tunik panjang bermotif dengan detail kancing di depan. Atasan itu ia padukan bersama celana jins longgar yang digulung ujungnya. Sepatu sporty yang dipakainya menambah kesan kasual dan Dian tampak merasa nyaman.

Ia bahkan tak begitu terlihat sebagai dosen justru mahasiswa yang sedang kuliah lantaran ikut membawa ransel di pundaknya. Ditambah tatanan rambutnya yang dikuncir ke belakang dengan kacamata.

Di penampilan lainnya sempat terlihat Dian mengenakan atasan kebaya kutu baru yang dipadukan bersama jins yang lagi-lagi digulung bagian ujungnya. Kali itu rambut panjangnya digerai begitu saja dan tanpa kacamata. Sesekali terlihat Dian tengah berinteraksi dengan para mahasiswanya yang bertanya, lalu ia kembali ke mejanya.

Meski mengenakan kebaya, ibu dua anak ini tetap memakai paduan sepatu kets yang memberi kesan nyaman. Di tayangan video yang beredar Dian tampak dikerumuni mahasiswanya usai mengajar. Mereka meminta berfoto dan merekam video. Dian dengan sabar terlihat menanggapi permintaan itu.


Dian Berprestasi di Bidang Akademik

Gaya Dian Sastrowardoyo saat mengajar jadi dosen
Gaya Dian Sastrowardoyo saat mengajar jadi dosen. (Dok: Instagram @fikriramadhandi)

Momen Dian mengajar sebagai dosen di kampus UI itu mengundang rasa kagum banyak warganet. Ada pula warganet yang penasaran apakah para mahasiswanya bisa konsentrasi diajar oleh sosok aktris papan atas sekelas Dian Sastrowardoyo.

"Mahasiswanya serius bisa konsen tuh?" tanya seorang warganet.

"Cantik, sederhana, pintar .. masyaallah mbak Di, Barakallahu Fiikum,” komentar seorang warganet.

Dian terkenal sebagai sosok aktris yang tak hanya cantik, juga berprestasi di bidang akademik. Ia sempat mengambil jurusan Ilmu Filsafat di Universitas Indonesia (UI), kemudian lulus Magister Manajemen untuk Program Studi S2 di kampus yang sama pada 2014 dengan predikat cum laude.

Dian juga sukses dalam karier sebagai artis, sutradara dan produser, itu bisa dilihat dari karya-karyanya yang selama ini dinikmati masyarakat. Awalnya, Dian masuk ke dunia modeling lewat pemilihan wajah sampul di sebuah majalah, tapi kariernya makin bersinar setelah bermain di film 'Ada Apa dengan Cinta?' pada 2002.

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya