Beri Pernilaian Jersey Tim Olimpiade Indonesia Karya Putranya, Cara Jalan Prabowo Usai Operasi Kaki Bikin Salah Fokus

Momen tersebut sontak mengundang berbagai respons dari warganet. Tak sedikit publik yang salah fokus dengan cara jalan Prabowo Subianto usai melakukan operasi kaki.

oleh Henry diperbarui 10 Jul 2024, 03:56 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2024, 03:02 WIB
Beri Pernilaian Jersey Tim Olimpiade Indonesia Karya Putranya, Cara Jalan Prabowo Usai Operasi Kaki Bikin Salfok
Beri Pernilaian Jersey Tim Olimpiade Indonesia Karya Putranya, Cara Jalan Prabowo Usai Operasi Kaki Bikin Salfok.  foto: TikTok @tumgrd

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto tampak makin bugar usai melakukan operasi kaki. Hal ini juga tampak saat ia menghadiri peluncuran jersey tim atlet Indonesiia di Olimpiade Paris 2024 karya Didit Hediprasetyo.

Seragam tersebut banyak menndapat pujian publik karena dianggap bagus dan simpel bahkan dipuji berbagai influencer. Namun bagaimana pendapat Prabowo yang merupakan ayah Didit Hediprasetyo?

Pada cuplikan video yang diunggah akun TikTok @tumgrd, 5 Juli 2024, Prabowo ditanyai pendapatnya soal jersey buatan anaknya. "Saya kira bagus sekali, selamat menurut saya bagus," ucap Prabowo.

"Mungkin tidak objektif saya tapi obejektif juga sih bagus," lanjutnya. Prabowo kemudian berjalan-jalan didampingi Didit dan Menpora Dito Ariotedjo.

Momen tersebut sontak mengundang berbagai respons dari warganet. Tak sedikit publik yang salah fokus dengan cara jalan Prabowo usai melakukan operasi.

"Jalanya Pak Prabowo udah mulai lancar dan pulih, sehat sehat presiden impianku," komentar seorang warganet.

"Alhamdulillah Bapak lebih segar setelah operasi ya," tulis warganet yang lain.

"Orang tua mana tidak bangga dgn hasil karya yang excellent 👍👍 sehat selalu Pak Prabowo Subianto,” kata warganet lain.

"Tapi jujur emang bagus sih pak, desainnya simpel tapi kelihatan mewah di pakai atlet,” ujar warganet lainnya.

"bapak klihatan smkin muda ☺️wajah nya bersinar Masya Allah ☺️,” timpal warganet lainnya.

Presiden terpilih Prabowo Subianto baru menjalani operasi kaki pada akhir Juni 2024 lalu. Padahal cedera kaki tersebut dialami sejak tahun 1980-an. Cedera itu terjadi ketika Prabowo masih menjadi Prajurit TNI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tujuan Prabowo Operasi Kaki

Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto
Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/7/2024). (Foto: Liputan6.com/Lizsa Egeham).

"Ya beliau ingin dioperasi aja. Karena kan memang ya cederanya seperti yang beliau bilang itu. Tahun 80-an cederanya beliau," kata Dokter Konsultasi Hip and Knee dr Yos Sunarso Kusumo di Pusrehab Kemenhan, Jakarta Selatan, Jumat, 5 Juli 2024, melansir kanal News Liputan6.com.

Meski tak menjelaskan alasan Prabowo baru operasi sekarang, namun Sunaryo mengatakan tujuan Prabowo operasi untuk memperbaiki cederanya saja. Tidak ada faktor yang lain.

"Tujuannya memperbaiki cedera yang lama. Itu tujuannya," katanya. Sunaryo juga tak membeberkan sejak kapan Prabowo dirawat dan berapa lama menjalani perawatan di rumah sakit.

"Ya saya tidak berhak menjawab itu. Mohon maaf. Yang jelas seperti beliau bilang seminggu ya sekitar semingguan lah," ucapnya. Menurutnya, Mantan Danjen Kopassus itu tetap melakukan kontrol pasca operasi meski kondisi Prabowo kini sudah prima.

Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih dan rasa bangganya terhadap tim tenaga medis yang terdiri dari anak bangsa Indonesia atas keberhasilan operasi cidera di kakinya. Hal ini ia ungkapkan dalam sebuah unggahan di Instagram pribadinya @prabowo pada Minggu, 30 Juni 2024.


Cedera Kaki Prabowo

Prabowo
Titiek Soeharto dan putranya, Didit Hediprasetyo, menjenguk Prabowo usai operasi. (dok. Instagram @titieksoeharto/https://www.instagram.com/p/C84UzWJhx6L/)

"Saya ucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT beserta ucapan terima kasih kepada tim dokter yakni Brigjen TNI Purn dr. Robert Hutauruk, Kolonel dr. Sunaryo, dr. Siska Widayati, dibantu dengan dr. Thomas dan seluruh perawat serta para tenaga medis di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman, Bintaro, Jakarta," kata Prabowo seperti dikutip Senin, 1 Juli 2024.

Prabowo menjelaskan, RS tersebut adalah RS yang baru diresmikan pada Februari lalu oleh Presiden RI Joko Widodo dan Prabowo. RS itu berada di bawah binaan Kementerian Pertahanan, yang direnovasi dan ditambah perlengkapannya oleh Prabowo bersama dengan 25 RS milik TNI lainnya.

Prabowo mengatakan, penyebab cedera yang sudah lama tersebut adalah dua kali kecelakaan terjun payung saat dirinya masih aktif bertugas di TNI. "Seperti sudah diketahui banyak pihak, saya pernah mengalami dua kali kecelakaan terjun payung saat bertugas di TNI pada tahun 80an di kaki kiri saya, cidera ini selama ini masih saya rasakan,” jelas dia.

 


Desain Jersey Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Jersey Tim Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Resmi Diluncurkan
Seragam resmi tim Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 ini terdiri dari warna dominan merah dan putih dengan lambang Garuda Pancasila berada dalam perisai lingkaran berlatar belakang hitam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Di sisi lain, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) resmi merilis jersey kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Rangkaiannya merupakan rancangan desainer kenamaan Didit Hediprasetyo, anak Prabowo Subianto, presiden terpilih periode 2024--2029.

Menurut kanal Bola Liputan6.com, KOI menggelar pameran di The Dharmawangsa Jakarta pada Kamis dan Jumat, 4--5 Juli 2024, untuk memamerkan seragam kebanggaan Merah Putih di perhelatan muti-olahraga terakbar dunia. Gaungnya tidak sebatas di luring, namun juga daring.

Di sederet unggahan media sosial, banyak warganet membagikan visual jersey kontingen Indonesia di Olimpiade 2024. Mereka berbondong memuji desain yang dianggap elegan dan menunjukkan "kelas berbeda."

"Jam terbang memang gak bohong," sebut seorang pengguna X, dulunya Twitter, merujuk pada pengalaman Didit sebagai desainer yang sudah punya banyak portofolio internasional. 

"Asli desainnya bagus dan gak pake drama," sahut yang lain.

Di antara ungkapan kebanggaan tersebut, ada pula warganet Malaysia yang mengaku iri. "Aduh malu banget warga Malaysia lihat ini," sebut seorang pengguna Negeri Jiran.

Sebagai konteks, desain jersey kontingen Malaysia telah menuai protes publik. Negara itu bahkan sampai memutuskan mendesain ulang kostum Olimpiade 2024 mereka.

 

Infografis Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya