Pakar PBB Sebut Israel Sengaja Bikin Warga Gaza Kelaparan di Tengah Genosida Palestina

Pernyataan 10 pakar hak asasi manusia terkait kelapan di Gaza disebut sebagai "informasi yang salah" oleh Israel.

oleh Asnida Riani diperbarui 11 Jul 2024, 23:23 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2024, 03:00 WIB
Anak-anak Palestina menderita malnutrisi
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Selasa bahwa malnutrisi di Gaza utara “sangat ekstrem.” (AP Photo/ Jehad Alshrafi)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sembilan bulan Israel melakukan blokade total terhadap bantuan kemanusiaan, 10 pakar PBB mengatakan, mereka sudah cukup melihat, dan menyatakan Israel terlibat dalam "kampanye kelaparan yang ditargetkan" di Gaza. Tindakan ini digarisbawahi sebagai "kesengajaan."

"Kami menyatakan bahwa kampanye kelaparan yang disengaja dan ditargetkan Israel terhadap warga Palestina adalah bentuk kekerasan genosida dan telah mengakibatkan kelaparan di seluruh Gaza," kata para ahli, Selasa, 9 Juli 2024, dikutip dari Middle East Eye, Rabu (10/7/2024).

Mereka menyambung, "Kami menyerukan komunitas internasional untuk memprioritaskan pengiriman bantuan kemanusiaan melalui darat dengan cara apapun, mengakhiri pengepungan Israel, dan melakukan gencatan senjata."

Michael Fakhri, pelapor khusus hak atas pangan, bersama para ahli lain, seperti Francesca Albanese, pelapor khusus situasi hak asasi manusia di wilayah Palestina, dan Paula Gaviria Betancur, pelapor khusus hak asasi manusia pengungsi internal orang, mengeluarkan pernyataan itu.

Setidaknya 33 anak, sebagian besar di Gaza utara, meninggal dunia karena kekurangan gizi sejak operasi militer dimulai pada Oktober 2023, menurut Kementerian Kesehatan Palestina. Kelompok yang terdiri dari 10 pakar hak asasi manusia tersebut mengutip kematian tiga anak berusia tiga belas, sembilan, dan enam bulan, akibat kekurangan gizi di Khan Younis dan Deir al-Balah sejak akhir Mei 2024.

Kondisi ini membuat mereka menyatakan bahwa kelaparan di Gaza sedang berlangsung. "Dengan kematian anak-anak ini karena kelaparan, meski telah mendapat perawatan medis di Gaza tengah, tidak ada keraguan bahwa kelaparan telah menyebar dari Gaza utara ke Gaza tengah dan selatan," kata para ahli.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagaimana Tanggapan Israel?

Anak-anak Palestina menderita malnutrisi
Amira Al-Jojo (kiri) berdiri di samping putranya yang berusia 10 bulan, Yousef Al-Jojo, yang menderita kekurangan gizi di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa, tempat ia menjalani perawatan, di Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah pada Sabtu, 1 Juni 2024. (AP Photo/ Jehad Alshrafi)

Misi diplomatik Israel di Jenewa mengatakan, pernyataan itu adalah "informasi yang salah." "Israel terus meningkatkan koordinasi dan bantuan dalam pengiriman bantuan kemanusiaan ke seluruh Jalur Gaza. Baru-baru ini, (kami) menghubungkan saluran listriknya ke pabrik desalinasi air Gaza," klaim misi tersebut.

Bulan lalu, sebuah laporan yang dikeluarkan kelompok ahli independen yang dikenal sebagai Jaringan Sistem Peringatan Dini Kelaparan, atau Fews Net, memperingatkan bahwa kelaparan di Gaza mungkin telah terjadi sejak April 2024. Kondisi nahas ini kemungkinan akan berlanjut hingga Juli "jika tidak ada tindakan yang diambil."

Ini termasuk perubahan mendasar dalam cara bantuan pangan didistribusikan dan diakses memasuki Jalur Gaza. Sementara itu, Israel terus memblokir penyeberangan Rafah dengan Mesir, dan membatasi masuknya bantuan melalui penyeberangan Karem Shalom dengan Gaza selatan.

“Akses masyarakat terhadap dan pemanfaatan bantuan pangan yang tersedia belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga saat ini, dan masih banyak hal yang harus dilakukan segera untuk memastikan bantuan pangan kemanusiaan didistribusikan secara efektif begitu bantuan tersebut memasuki Gaza," tulis laporan tersebut.

 


Kelaparan dan Kekurangan Gizi di Kalangan Anak-Anak Gaza

Potret Anak-anak Pengungsi Palestina Antre Pembagian Makanan di Kamp Jabaliya Jalur Gaza
Pengungsi Palestina mengantre untuk mendapatkan makanan gratis di kamp pengungsi Jabaliya di Jalur Gaza pada Senin, 18 Maret 2024. (AP Photo/Mahmoud Essa)

Fews Net yang berbasis di AS menganalisis kelaparan di Gaza berdasarkan tiga kondisi yang harus dipenuhi, yaitu konsumsi pangan, malnutrisi akut, dan kematian. Laporan tersebut menyimpulkan bahwa lonjakan angka kematian di daerah kantong tersebut berhubungan langsung dengan tingkat kelaparan yang "mendekati" level akut.

Angka kekurangan gizi yang "sangat tinggi" di kalangan anak-anak juga akan menyebabkan dampak fisiologis yang parah. Namun, ambang batas kelaparan telah tercatat di Gaza utara pada April 2024, katanya.

Pada akhir Mei 2024, ada kekhawatiran mengenai kualitas pengiriman makanan yang tertunda sebelum Rafah atau penyeberangan lain ditutup setidaknya sejak awal bulan tersebut. Petugas medis dan polisi yang biasa memeriksa barang-barang yang masuk ke Gaza tidak dapat melakukannya selama serangan Israel, kata Ismail al Thawabta, direktur kantor media pemerintah Palestina di Gaza, dikutip dari TRT World, 28 Mei 2024.

Al-Thawabta berujar, "Ada masalah besar karena banyak barang yang masuk ke Jalur Gaza tidak layak untuk digunakan manusia dan tidak sehat." Karena itu, Kementerian Kesehatan setempat mengeluarkan pernyataan peringatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa mereka harus memeriksa barang-barang bantuan sebelum memakannya atau membagikannya pada keluarga mereka.


Rumah Sakit Terpaksa Tutup

Stadion sepak bola Gaza jadi tempat penampungan bagi ribuan warga Palestina
Stadion Olahraga Yarmouk, yang pernah menjadi arena sepak bola terbesar di Gaza, kini menampung ribuan pengungsi Palestina yang bertahan hidup dengan sedikit makanan dan air. (AP Photo)

TRT World melaporkan, warga sipil kini terpaksa meninggalkan sebagian besar kota di Gaza, tempat ribuan keluarga mencari perlindungan dari serangan Israel. "Ke mana kita pergi sekarang?" tanya Abdullah Khammash yang menceritakan bagaimana ia meninggalkan pengungsian terakhirnya pukul 03.00, waktu setempat.

Didukung jet tempur dan serangan pesawat tidak berawak, tank dilaporkan memasuki pusat kota ketika juru bicara militer memperingatkan penduduk distrik Sabra, Rimal, Tal Al-Hawa, dan Al-Daraj untuk mengungsi ke lokasi yang disebut "zona kemanusiaan."

Badan pertahanan sipil di Gaza mengatakan bahkan sebelum ultimatum terbaru bahwa mereka mendapat laporan "puluhan" orang tewas dan terluka dari berbagai wilayah di kota tersebut. Militer Israel juga mengeluarkan ultimatum pada Rumah Sakit Arab Al-Ahli di Kota Gaza setelah "sejumlah besar tembakan dari drone" di dekat bangunan itu pada Minggu, 7 Juli 2024, kata Keuskupan Yerusalem dari Gereja Episkopal dalam sebuah pernyataan.

Rumah sakit itu "dipaksa ditutup" oleh tentara yang menyerang dan sekarang “tidak beroperasi lagi," kata Keuskupan. Mereka menyatakan kekecewaan, dan menyebut "orang yang sakit dan terluka hanya punya sedikit pilihan" untuk mendapatkan perawatan di wilayah tersebut, yang menurut PBB, kurang dari separuh rumah sakit yang masih berfungsi.

Infografis Bocah Palestina Sekarat dan Mati Kelaparan di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bocah Palestina Sekarat dan Mati Kelaparan di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya