Penampakan Foto Presiden di Forum Pertemuan Anies Baswedan dengan PDIP Bikin Warganet Salah Fokus

Saat Anies Baswedan bertemu dengan kader PDIP di sebuah ruang pertemuan, tak sedikit warganet yang salah fokus (salfok) dengan tempelan foto di dinding di ujung sebelah kiri dan kanan ruangan.

oleh Henry diperbarui 26 Agu 2024, 16:05 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 16:05 WIB
Penampakan Foto di Forum Pertemuan Anies Baswedan dengan PDIP Bikin Warganet Salah Fokus
Penampakan Foto di Forum Pertemuan Anies Baswedan dengan PDIP Bikin Warganet Salah Fokus.  foito: Twitter @Outstandjing

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan Anies Baswedan ke Kantor DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jakarta di Cakung, Jakarta Timur pada Sabtu, 24 Agustus 2024 menarik perhatian publik. Salah satu alasannya, Anies datang di tengah ramai beredar kabar dirinya akan diusung oleh PDIP sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Kedatangan Anies ke kandang banteng mengundang berbagai praduga publik termasuk soal Pilkada Jakarta. Pada pertemuan tersebut, Anies sempat berbincang dengan sejumlah kader PDIP. di sebuah ruangan besar. Potret forum kedatangan Anies beredar di media sosial, salah satunya dalam unggahan akun Twitter atau X @outstandjing.

"Hmm apa yang aneh pada gambar ini,” tulis akun tersebut pada Sabtu merujuk pada foto di dinding di ujung sebelah kiri dan kanan ruangan . Pada unggahan tersebut, terlihat Anies bersama para petinggi PDIP Jakarta di ruangan yang cukup besar. Foto tersebut sontak mengundang berbagai respons dari warganet.

Tak sedikit warganet yang salah fokus (salfok) dengan foto di ruangan tersebut. Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 1,1 juta kali dan disukai lebih dari 17 ribu kali.

"Apakah itu foto-foto yang digantung di tembok, Mang?," tanya seorang warganet.

"Foto presiden dan wakil presidennya beda, yang sekarang enggak dianggap?” tulis warganet di kolom komentar.

"Kocak fotonya,” tulis warganet lain.

"Gambar presidennya agak laen, yha,” komentar yang lain.

"Fotonya presidenya kok beda?? apa yg skrg ngga dianggap? ujar warganet yang lain.

"Positif aja, mungkin foto yg sekarang menjabat ada di ruangan lain,” timpal warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Ada Fotoi Presiden dan Wapres

Penampakan Foto di Forum Pertemuan Anies Baswedan dengan PDIP Bikin Warganet Salah Fokus.
Penampakan Foto di Forum Pertemuan Anies Baswedan dengan PDIP Bikin Warganet Salah Fokus.  foito: Twitter @Outstandjing

Setelah dilihat lebih dekat, pada dinding di tempat pertemuan Anies dengan petinggi PDIP tak ada potret presiden dan wakil presiden, Jokowi dan KH Ma'ruf Amin seperti kantor-kantor lain pada umumnya. Di dinding hanya ada foto Ir. Sukarno (presiden pertama RI) di sebelah kiri dan Megawati (presiden ke-5 RI sekaligus putri Sukarno) di sebelah kanan.

Pada Minggu, 26 Agustus 2024, Anies Baswedan, mengikuti Car Free Day (CFD) di sekitar kawasan Sudirman - Thamrin, Jakarta Pusat Ia berangkat dari rumah di kawasan Lebak Bulus menggunakan MRT. Setibanya di Bundara HI, kedatangan Anies Baswedan disambut warga yang berolahraga.

Ada yang ingin berfoto bersama atau sekedar menyapa dengan penuh kehangatan. Bahkan tak sedikit anak kecil hingga remaja yang meneriakkan nama Anies Baswedan dengan antusias. Sepertinya, mereka tak menyangka bakal bertemu dengan mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Setelah menyapa warga, ayah empat anak ini mampir ke sebuah kedai kopi. Di sana, warga masih antusias mengelilinginya. "Ngopi dan sarapan di CFD pagi tadi. Selalu seru dan menyenangkan. Di CFD, kebersamaan itu terasa, bahwa kota ini milik semua,” kata sang politisi itu dikutip dari akun TikTok pribadinya, @aniesbaswedan, Senin (26/8/2024).

 


Makna Outfit Anies Baswedan di CFD

Anies Baswedan
Kehadiran Anies disambut dengan penuh kehangatan oleh para jajaran pimpinan DPD PDIP. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam kesempatan itu, Anies mengenakan jersei biru navi dipadukan dengan celana dan sepatu olahraga. Rupanya, ada makna tersirat di balik pemilihan outfit-nya kali itu.

"...Termasuk juga milik 16% warga yang menyandang disabilitas. Jersey biru keren yang saya pakai ini bikinan @biruberbagi.id, seluruh keuntungannya disalurkan untuk membantu kaki palsu bagi anak-anak muda yg membutuhkan,” jelasnya.

Di akhir kalimat, Anies Baswedan memuji karakter warga Jakarta. "Yuk, saling berbagi di kota ini. Karena peduli, hangat, dan gesit membantu adalah karakter orang Jakarta," tutup Anies Baswedan.

Unggahan tersebut dipenuhi dengan ragam komentar bernada positif. "Abahhh aku ga nyesel ada di baris perubahan bah,” kata salah seorang warganet.

"Demokrasi yg berkelas itu udah trademark nya pak anies,” ujar warganet lain.

Kabar terbarunya, Anies Baswedan menyambangi Kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Berdasarkan informasi, dia akan turut diusung maju sebagai bakal calon gubernur Jakarta.


Anies Baswedan Minta Restu ke Ibunda

Bakal calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan berpamitan dengan ibundanya Aliyah Rasyid Baswedan di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Senin (26/8/2024). Anies bakal dideklarasikan sebagai Cagub oleh PDIP
Bakal calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan berpamitan dengan ibundanya Aliyah Rasyid Baswedan di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Senin (26/8/2024). Anies bakal dideklarasikan sebagai Cagub oleh PDIP

Anies kabarnya akan dipasangkan dengan Rano Karno sebagai calon wakil gubernur yang juga seorang kader PDIP.  Pantauan tim News Liputan6.com, Senin, Anies tiba melalui pintu samping kantor DPP PDIP sekitar pukul 11.50 WIB. Kedatangannya terlepas dari kerumunan awak media yang menunggu di depan pintu utama.

Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri sendiri sampai lebih dulu sekitar pukul 11.35 WIB. Rencananya, dia akan memimpin langsung pengumuman bakal calon kepala daerah, seperti yang telah dilakukan beberapa kali sebelumnya.

Anies telah berpamitan dan meminta restu kepada ibunda, Aliyah Rasyid Baswedan beserta istrinya Ferry Farhati, sebelum berangkat ke Kantor DPP PDIP.“Anies berangkat dulu ya, mohon doa restunya semoga dilancarkan hari ini,” ucap pria 55 tahun itu.

Sang ibunda, Aliyah pun langsung menegadahkan tangan dan berdoa agar anaknya diberi kelancaran dalam menjalankan semua Amanah.“Insyaallah Anies dimudahkan dalam mengemban amanah apapun, semoga selalu diiringi dan diberikan pertolongan Allah SWT,” kata ibunda Anies memberikan restunya.

 

Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya