The King`s Witch, Calon Arang yang Mendunia

The King`s Witch adalah pertunjukan legenda tradisional Calon Arang versi internasional. The King`s Witch tak mengambil sudut pandang dari seorang Raja Airlangga, justru mengangkat sudut pandang si dukun sakti Calon Arang.

oleh Liputan6 diperbarui 02 Des 2006, 08:50 WIB
Diterbitkan 02 Des 2006, 08:50 WIB
021206aopera.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Tak sedikit dari yang tentunya mengenal kisah Calon Arang. Kisah seorang dukun perempuan sakti pada masa Raja Airlangga di Bali. Nah, jika ingin tahu versi lain dari legenda tradisional itu cobalah menyaksikan versi internasionalnya dengan tajuk The King`s Witch yang diadakan di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, 1 dan 2 Desember.

Yang menarik dari pertunjukan legenda Jawa Abad 12 kali ini adalah tak mengambil sudut pandang dari seorang Airlangga, sang raja. Tapi justru ini mengangkat sudut pandang si dukun sakti dan anaknya Manjali yang sulit menemukan jodoh. Tersirat sehebat apapun kemampuan dan kemauan seorang perempuan, kodratnya tak bisa diingkari.

The King`s Witch adalah opera kontemporer yang mengangkat legenda Calon Arang. Pertunjukan yang diperankan oleh pemain luar negeri dan berbahasa Inggris ini adalah kolaborasi Tony Prabowo dan Goenawan Mohammad. The King`s Witch ini juga pernah dimainkan di New York, Amerika Serikat, pada 2000.(ORS/Teguh Dwi Hartono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya