Kemendikbudristek Bersiap Gelar Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 di Bali

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media bersiap menggelar Mega Festival Indonesia Bertutur 2024.

oleh Tim News diperbarui 02 Agu 2024, 22:03 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2024, 20:20 WIB
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media bersiap menggelar Mega Festival Indonesia Bertutur 2024.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media bersiap menggelar Mega Festival Indonesia Bertutur 2024. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media bersiap menggelar Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada 7 sampai 18 Agustus 2024 di Bali.

Persiapan pagelaran terlihat dalam upacara Matur Piuning di tujuh lokasi yang akan menjadi lokasi utama pelaksanaan Indonesia Bertutur pada 27 sampai 28 Juli 2024 lalu yang dilakukan oleh panitia penyelenggara.

Upacara Matur Piuning dilakukan guna memohon kerahayuan dan kelancaran kegiatan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan yang Maha Esa) serta menjaga keberlanjutan tradisi leluhur.

"Pelaksanaan Indonesia Bertutur 2024 terdiri dari 9 program utama yang berfokus di 3 lokasi yang berbeda di Bali, yaitu Batubulan, Ubud, dan Nusa Dua," ujar Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direkorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra melalui keterangan tertulis, Rabu (31/7/2024).

Dia menjelaskan, di Batubulan akan diselenggarakan program Maha Wasundari pada 7 Agustus 2024 sebagai pembuka Indonesia Bertutur dengan menampilkan pertunjukan tiga genre tari Bali yang telah menjadi Warisan Budaya Dunia.

"Kemudian, Kathanaya akan berlangsung di tanggal 8 sampai 9 Agustus dengan menampilkan seni tutur dengan mencakup nilai-nilai kearifan lokal serta sejarah panjang bangsa Indonesia," terang Ahmad Mahendra.

Sementara itu, lanjut dia, di Ubud akan terselengara 4 program, yakni Visaraloka yang berlangsung pada 7 sampai 18 Agustus 2024 dengan menampilkan program Eksibisi Expanded Media dan Seni Performans.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Program Lainnya yang Bakal Digelar

Indonesia Bertutur 2022
Indonesia Bertutur 2022

Lalu Layarambha berlangsung pada 8 sampai 13 Agustus 2024 sebuah festival seni gerak dan tari dalam bingkai sinematografi, Ekayana berlangsung pada 9 sampai 13 Agustus dengan menyuguhkan penampilan 3 seniman musik dalam kolaborasi, 3 seniman teater monolog, dan 3 penari solo/tunggal.

"Serta Samaya Sastra yang menjadi platform ruang untuk program sastra dan pembacaan puisi berlansgung di tanggal 12 sampai 13 Agustus 2024," terang Ahmad Mahendra.

Selanjutnya, sambung dia, di Nusa Dua akan diselenggarakan 3 program, yaitu Anarta, Kiranamaya, dan Virama yang berlangsung pada 14 sampai 18 Agustus 2024.

"Anarta merupakan sebuah panggung terbuka yang mementaskan karya-karya baru dari ranah musik, tari, dan teater dengan mengundang seniman-seniman besar dari dalam dan luar negeri," ucap Ahmad Mahendra.

Kiranamaya, lanjut dia, menghadirkan eksplorasi seni Video Mapping dan seni instalasi cahaya. Serta Virama, yaitu panggung senja pertunjukan hiburan dan musik dari para musisi Indonesia dan mancanegara.

"Indonesia Bertutur merupakan upaya untuk menggali mahakarya seni serta budaya Nusantara dengan penjelajahan artistik para seniman Indonesia maupun mancanegara," kata Mahendra.

 


Bisa Bangun Pengetahuan Lampau

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan kembali akan menyelenggarakan Mega Festival Indonesia Bertutur (Intur) 2024.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan kembali akan menyelenggarakan Mega Festival Indonesia Bertutur (Intur) 2024. (Ist)

Menurut Mahendra, melalui Indonesia Bertutur akan terbangun kembali antara pengetahuan lampau dengan kenyataan hidup di era digital yang terputus, sekaligus menjadi platform kolaborasi lintas pemangku kepentingan bidang seni budaya.

"Dengan bangga Kemendikbudristek mempersembahkan Indonesia Bertutur 2024 untuk mewujudkan aksi pemajuan kebudayaan. Mari hadiri Indonesia Bertutur 2024, dengan semangat Merdeka Berbudaya bersama-sama kita mengalami masa lalu dan menumbuhkan masa depan," tandas dia.

Selain itu, Direktur Festival Indonesia Bertutur 2024 Taba Sanchabakhtiar menambahkan, kekayaan budaya Indonesia mencerminkan kreativitas yang tak pernah habis. Menurutnya, beragam wujud kesenian muncul dan tercipta mulai dari tradisi maupun kontemporer.

"Capaian-capaian artistik anak bangsa sudah selayaknya mendapat sorotan utama di Indonesia. Memancarkan inspirasi dan memberikan sumbangsih bagi khazanah budaya lebih luas. Melalui Indonesia Bertutur, kami ingin menghadirkan hal tersebut," ucap Taba.

Tentang persiapan acara, Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2024, Melati Suryodarmo menuturkan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut Indonesia Bertutur 2024. Melati menyebut, persiapan menjadi langkah maksimal tim penyelenggara untuk memberikan yang terbaik di gelaran Indonesia Bertutur 2024.

"Menjelang puncak rangkaian kegiatan Indonesia Bertutur, akhirnya tim pelaksana bisa mengawali persiapan teknis di semua lokasi di Bali. Untuk menghormati para leluhur, juga dalam menjunjung tinggi tatanan adat di Bali, seluruh tim pelaksana telah melaksanakan upacara Matur Piuning bersama para pemangku," tutup Melati.

 


Respons Positif Seniman Menyambut Indonesia Bertutur 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan kembali akan menyelenggarakan Mega Festival Indonesia Bertutur (Intur) 2024.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan kembali akan menyelenggarakan Mega Festival Indonesia Bertutur (Intur) 2024. (Ist)

Sementara itu, apresiasi pada Festival Indonesia Bertutur 2024 juga diutarakan oleh para penampil pertunjukan. Seniman yang akan tampil di program Maha Wasundari, I Wayan Sumahardika menilai, Indonesia Bertutur memiliki arti penting, sebab tak seperti festival umumnya yang mengandalkan kuantitas penonton dan hingar bingar pernak-pernik seremonial.

Menurut Sumahardika yang juga Founder dari Teater Kalangan, Festival Indonesia Bertutur 2024 telah membuka ruang seniman muda di Bali untuk belajar dengan para maestro, pemangku adat, tetua desa, dan masyarakat.

"Dalam segenap prosesnya, Festival Indonesia Bertutur 2024 hadir ke ruang khusyuk desa, masuk ke riuh aktivitas komunitas, mengetuk hati setiap individu untuk mendengar dan saling bertukar tangkap pengetahuan," jelas Sumahardika.

Senada dengan Sumahardika, Pelaku Seni Tutur dan Pengajar di ISI Denpasar I Gusti Putu Sudarta yang dijadwalkan tampil di program Khatanaya pada Indonesia Bertutur 2024 merasa bahwa acara ini merupakan upaya realisasi menjaga keberlangsungan ekosistem budaya.

"Karena hal yang digelar dalam perhelatan merupakan pencapaian perjalanan panjang proses berkesenian seniman muda, master, dan maestro dihadirkan,' ucap dia.

 


Respons Positif Lainnya

Dian Sastrowardoyo Bikin Film Pendek untuk Indonesia Bertutur 2024 yang Bakal Menampilkan 900 Pekaku Budaya
Dian Sastrowardoyo Bikin Film Pendek untuk Indonesia Bertutur 2024 yang Bakal Menampilkan 900 Pekaku Budaya.  (Liputan6.com/Henry)

Bagi Sudarta, dari penyelenggaraan kegiatan ini akan banyak pengalaman berharga disajikan seperti estetika, pencapaian spiritual yang memberikan kesadaran tentang hidup dalam kebersamaan dan menjunjung nilai kemanusiaan, keharmonisan hubungan antara manusia, alam lingkungan berdasarkan kesadaran spiritual sehingga kecintaan terhadap budaya Indonesia terjadi secara alami.

"Saya meyakini festival ini mampu memberikan kesan dan kesadaran untuk melihat, menyelami, dan menggali kekayaan tradisi Budaya Indonesia yang sangat kaya dan beragam sehingga sampai menemukan permata, esensi, dari warisan tradisi budaya yang menjadi kekuatan kita dalam bersikap dan menentukan pilihan hidup ketika berdialog dan berinteraksi antara bangsa di dunia," ungkap Sudarta.

Rangkaian Festival Indonesia Bertutur 2024 akan dimeriahkan oleh 900 pelaku seni dan budaya, baik nasional maupun internasional. Mega Festival dua tahunan ini juga terbuka untuk umum dan bebas biaya.

Masyarakat yang ingin hadir dan menjadi bagian dari gelaran Indonesia Bertutur 2024 cukup melakukan satu kali registrasi di website resmi Indonesia Bertutur yakni indonesiabertutur.kemdikbud.go.id dan setelah itu akan mendapatkan tiket digital berupa kode QR.

Tiket tersebut dapat digunakan selama 12 hari dan dapat digunakan untuk mengunjungi seluruh lokasi pelaksanaan Indonesia Bertutur 2024.

Infografis 7  Bahasa Daerah dengan Penutur Terbanyak di Indonesia
Infografis 7 Bahasa Daerah dengan Penutur Terbanyak di Indonesia  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya