Harlah Soeharto, Ribuan Peziarah Kunjungi Astana Giribangun

Jumlah peziarah yang masuk dalam data kunjungan hingga Minggu petang mencapai 2.500 orang.

oleh Fajar Abrori diperbarui 08 Jun 2014, 23:52 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2014, 23:52 WIB
Makam Soeharto di Astana Giribangun
Makam Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Liputan6.com, Karanganyar - Hari lahir atau harlah ke-93 Presiden kedua RI mendiang Soeharto diperingati di Astana Giribangun, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Ribuan orang berziarah ke makam penguasa Orde Baru yang berjuluk Bapak Pembangunan itu di Astana Giribangun.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, para peziarah terlihat berbondong-bondong mendatangi kompleks makam Soeharto dan Ibu Tien di Astana Giribangun pada Minggu (8/6/2014) siang. Mereka diperbolehkan mendekat untuk berziarah setelah rombongan capres nomor urut 1 Prabowo Subianto meninggalkan kompleks makam tersebut.

Juru kunci Makam Astana Giribangun, Sukirno menyebutkan jumlah peziarah yang masuk dalam data kunjungan hingga Minggu petang mencapai 2.500 orang. Kenaikan jumlah peziarah itu selain bertepatan dengan peringatan harlah Soeharto juga berbarengan dengan hari libur akhir pekan.

"Ya kalau hari biasa itu jumlah pengunjung Astana Giribangun sekitar 300-500 orang, tapi hari ini jumlahnya melonjak. Hingga malam ini masih ada rombongan pengunjung yang ziarah ke makam Pak Harto," ungkap dia.

Para peziarah tersebut, menurut Sukirno sebagian besar berasal dari daerah Jawa Timur. Mereka datang secara rombongan dengan menggunakan armada bus besar. "Kalau berdasarkan pelat nomor kendaraan memang peziarah didominasi dari Jawa Timur. Selain menggunakan bus, mereka juga menggunakan kendaraan pribadi untuk datang ke sini," jelas dia.

Selain dari kalangan masyarakat umum, imbuh Sukirno, para pengunjung yang datang berziarah juga terdapat sejumlah tokoh seperti halnya capres Prabowo Subianto, Akbar Tandjung dan Aburizal Bakrie. Sedangkan pada sore tadi juga tampak salah satu pejabat kodam atau komando daerah militer.

"Sore tadi kedatangan tamu dari pangdam (panglima komando daerah) dan rombongan untuk berziarah. Kelihatannya pangdam dari Sumatera," jelas Sukirno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya