Wasiat Wildan 'Pengantin' Bom ISIS untuk Keluarga

In'am mengatakan, Wildan memang sudah meninggalkan Lamongan untuk 'berjihad' selama setahun.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 14 Agu 2014, 16:15 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2014, 16:15 WIB
Ilustrasi ISIS Iraq (8)
Ilustrasi ISIS Iraq

Liputan6.com, Jakarta - Pihak keluarga mengakui Wildan Mukhollad menjadi salah satu warga negara Indoensia (WNI) yang terlibat gerakan Islamic State of Iraq and Syiriah (ISIS). Bahkan, aksi bom bunuh diri di Suriah membuat Wildan menjadi 1 dari 4 WNI yang tewas dalam serangan itu.

Kakak Wildan, Muhammad In'am mengatakan, adiknya sudah setahun lebih meninggalkan Indonesia menunaikan impiannya 'berjihad' di Timur Tengah. Sebelum keluarga mendapat kabar meninggalnya Wildan, dirinya sempat menghubungi keluarga di Lamongan, Jawa Timur. Obrolan cukup hangat saat itu. Keluarga membujuk Wildan kembali ke Indonesia.

"Di telepon dia bilang dia tidak mau kembali ke Indonesia. Dia juga tidak mau merepotkan keluarga karena kalau dia pulang pasti diikuti aparat," tutur In'am saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (14/8/2014).

Anak tertua dari 7 bersaudara itu mengungkapkan, Wildan menghubungi keluarga sebulan sebelum dikabarkan meninggal hari ini. In'am mengatakan, Wildan memang sudah meninggalkan Lamongan untuk 'berjihad' selama setahun.

Selama itu, kata In'am, keluarga menghitung hanya 5 kali pria kelahiran 1995 itu menghubungi keluarga di Indonesia. Itu pun, menggunakan nomor berbeda-beda.

"Saya menghitung cuma 5 kali dia menghubungi keluarga. Itu pun nomornya beda-beda. Jadi hanya dia yang bisa hubungi kita, kita nggak bisa hubungi dia," ungkap In'am.

Maka itu, lanjut In'am, satu pesan yang selalu disampaikan saat Wildan menghubungi selalu dipegang teguh keluarga. Hal ini dinilai sebagai salah satu penguat hati keluarga dalam mengikhlaskan kepergian Wildan.

"Di setiap kali telepon, pasti dia bilang, 'ikhlaskan kalau saya pergi'. Itu selalu yang diucapkan Wildan," tutup In'am. (Mut)
 
Baca juga:

Wildan 'Pengantin' Bom ISIS Bercita-cita Mati Syahid

Wildan si Pengantin Bom ISIS Pernah Mondok di Pesantren Amrozi

WNI 'Pengantin' Bom ISIS di Suriah Bernama Wildan Asal Lamongan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya