3 Perempatan di Jalan MH Thamrin Boleh Dilalui Pemotor

Sementara pemotor yang akan menuju ke tempat-tempat di sepanjang rute Bundaran HI hingga Jalan Merdeka Barat, dialihkan ke jalur alternatif.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 15 Des 2014, 19:00 WIB
Diterbitkan 15 Des 2014, 19:00 WIB
Suasana Jalan MH Thamrin, Jakarta, pada H-1 Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 2 hari lagi akan memberlakukan uji coba pelarangan sepeda motor melintas di Bundaran HI hingga Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Uji coba ini akan dilaksanakan pada Rabu 17 Desember 2014 mendatang.

Dengan uji coba kebijakan tersebut, otomatis semua sepeda motor dilarang melintas di sepanjang Jalan MH Thamrin. Lalu bagaimana bila para pengendara sepeda motor melintas di 3 perempatan sepanjang Jalan MH Thamrin?

Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono menerangkan, pengendara sepeda motor masih dapat melintasi 3 perempatan itu. Yakni perempatan Sarinah, Kementerian Agama, dan Patung Kuda.

"Kalau melintas tidak masalah di perempatan tersebut," kata Hindarsono saat dihubungi Liputan6.com, Senin (15/12/2014).

Sementara Kasubagops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menegaskan, pemotor yang hendak menuju ke tempat-tempat di sepanjang rute Bundaran HI hingga Jalan Merdeka Barat, dialihkan ke jalur alternatif.

Jalur alternatif itu, kata Budiyanto, telah disiapkan seandainya para pemotor tidak memarkir sepeda motor di lokasi yang telah ditentukan Pemprov DKI.

"Walaupun Pemprov DKI tetap menyiapkan bus gratis dan tempat parkir, tapi kami tetap pastikan ada jalur alternatifnya," pungkas Budiyanto.

Berikut jalur alternatif yang telah disiapkan:

1. Sisi Barat
Mulai dari Dukuh Bawah dibelokkan ke kiri ke Karet Bivak-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Harmoni dan seterusnya.

2. Sisi Timur
Jalan Rasuna Said-Jalan Hos Cokroaminoto-Jalan Sam Ratulangi dan seterusnya atau dari Jalan Hos Cokroaminoto-Jalan Agus Salim dan seterusnya.

3. Sisi Utara
Motor dari sisi utara dibelokkan ke Jalan Juanda-Pasar Baru-Kantor Pos-Pejambon-Jalab Medan Merdeka Timur dan seterusnya atau Jalan Juanda memutar ke Jalan Veteran Raya-Jalan Suryopranoto-Cideng dan seterusnya. (Rmn/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya