Banjir Rendam 11 Desa di Kabupaten Cilacap

Namun banjir di Kabupaten Cilacap itu tidak sampai ada pengungsian karena banjir mulai surut sejak pagi tadi.

oleh Idhad Zakaria diperbarui 19 Des 2014, 18:06 WIB
Diterbitkan 19 Des 2014, 18:06 WIB
Banjir Rendam 11 Desa di Kabupaten Cilacap
(Liputan6.com/Idhad Zakaria)

Liputan6.com, Cilacap - Hujan yang terus mengguyur hampir semalaman mengakibatkan 11 desa di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir dengan ketinggian antara 30-100 centimeter.

Desa-desa yang terendam banjir di Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap di antaranya Desa Tinggarjaya, Sidareja, Gunungreja, Sidamulya, Sudagaran, Margasari, dan Tegalsari.

Selain itu, Desa Ciklapa khususnya Dusun Panebasan, Bumireja terutama yang berada di bantaran Sungai Cibereum, dan Bangunreja, Kecamatan Kedungreja, serta sebagian Desa Wringinharjo, Kecamatan Gandrungmangu.

"Wilayah tersebut memang daerah langganan banjir. Ada ratusan rumah yang terendam banjir, kalau di Kecamatan Kedungreja paling parah di Dusun Panebasan, Desa Ciklapa," kata tokoh masyarakat Desa Kedungreja, Mardiyo Abdul Aziz, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (19/12/2014).

Kepala Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Wilayah Sidareja Agus Sudaryanto mengatakan, banjir mulai terjadi Kamis 18 Desember sekitar pukul 22.00 WIB hingga Jumat dini hari tadi.

"Tinggi genangan air berkisar 30-100 centimeter, kalau di dalam rumah sekitar 10 centimeter, namun tidak sampai ada pengungsian. Pagi ini, genangan air berangsur surut," ujar dia.

Kecamatan Sidareja dan sekitarnya merupakan daerah langganan banjir. Wilayah tersebut merupakan daerah cekungan dan luapan air Sungai Cibereum, sehingga rawan banjir meski pun tidak turun hujan. (Rmn/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya