Jokowi: Nabi Muhammad Ajarkan Menghormati Sesama Umat Manusia

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut bahwa Nabi Muhammad dalam hidupnya selalu menekankan toleransi terhadap sesama manusia.

oleh Sugeng Triono diperbarui 02 Jan 2015, 23:47 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2015, 23:47 WIB
Jokowi
Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Istana Negara. Dalam pidatonya, Jokowi menyebut bahwa Nabi Muhammad dalam hidupnya selalu menekankan toleransi terhadap sesama manusia.

"Nabi Muhammad mengajak masyarakat untuk senantiasa menjunjung tinggi kehormatan pada sesama. Nabi muhammad mengajari kita tidak hanya menjunjung ukhuwah Islamiyah, tapi juga insyaniyah, persaudaraan sesama umat manusia," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (2/1/2015).

Dalam peringatan Maulid Nabi kali ini, Jokowi juga meminta agar umat Islam dapat terus menebarkan kebaikan kepada sesama manusia. Dan bermanfaat bagi umat yang lain seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

"Peringatan maulid harus kita maknai sebagai peningkatan umat Islam menuju Islam yang rahmatan lil alamin. Begitulah kita membangun tata Islam yang hidup dalam perdamaian dan toleransi," kata Jokowi.

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta masyarakat terus mendoakan sesama manusia yang belakangan menjadi korban dalam sejumlah musibah yang terjadi.

"Secara khusus malam hari ini, marilah kita mendoakan Saudara-saudara kita, baik yang tertimpa musibah maupun bencana. Semoga Saudara-saudara kita yang wafat diterima amal ibadahnya. Dan pada keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kekuatan, demikian pesan saya di malam yang khidmat ini," pungkas Jokowi. (Ado)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya