Galau Jokowi Tentukan Kapolri

Bola panas pencalonan Komjen Budi Dunawan sebagai Kapolri kini kembali ke tangan Presiden Joko Widodo apakah akan melantiknya atau tidak.

oleh Liputan6 diperbarui 16 Jan 2015, 15:08 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2015, 15:08 WIB
Di Istana Bogor, Presiden Jokowi Bertemu Kajati Seluruh Indonesia
Joko Widodo

Liputan6.com, Jakarta - Meski ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, sidang paripurna DPR RI menyepakati Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Dan kini keputusan Presiden Joko Widodo yang sangat dinantikan terkait pencalonan Budi Gunawan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (16/1/2015), meski menyatakan akan bersikap setelah proses di DPR selesai, namun sejak Kamis 15 Januari malam hingga hari ini Presiden Jokowi belum juga memberi keputusan terkait Budi Gunawan.

Semalam, keputusan Jokowi yang dinanti-nantikan batal diberikan. Padahal sejumlah pertemuan membahas opsi dan pilihan terkait calon Kapolri digelar berturut-turut selepas maghrib di Istana Kepresidenan.

Apapun keputusan Presiden Jokowi saat ini, apakah akan melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri atau tidak memang serba salah. Jika melantik Budi Gunawan, maka Jokowi akan menjadi presiden pertama yang melantik tersangka korupsi sebagai Kapolri.

Itu juga berarti Jokowi akan kehilangan dukungan para relawan yang berperan besar membawanya menduduki kursi RI 1 saat pemilu lalu. Karena kini para relawan mendukung penuh kpk dalam memberantas korupsi.

Relawan konser salam 2 jari bahkan mengancam akan turun ke jalan jika Jokowi tetap melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri. (Nfs/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya