Bogor Hujan, Tinggi Air Katulampa Masih Normal

Kepala Posko Bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan kondisi ketinggian air di bendungan tersebut masih Normal sejak pukul 00.00 WIB

oleh Bima Firmansyah diperbarui 23 Jan 2015, 18:35 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2015, 18:35 WIB
Bendungan Katulampa
Bendungan Katulampa (Liputan6.com)

Liputan6.com, Bogor - Wilayah Bogor, Jawa Barat diguyur hujan sejak dini hari tadi. Namun kondisi ketinggian air di Bendungan Katulampa masih berada dalam status normal. Ketinggian air bertahan di angka 40 centimeter.

Kepala Posko Bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, kondisi ketinggian air di bendungan tersebut masih normal sejak pukul 00.00 WIB.

"Dari tadi tengah malam kondisi ketinggian air masih normal di 50 cm. Kemudian pada pukul 05.00 WIB turun lagi jadi 40 cm," kata Andi di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/1/2015).

Meski hujan telah mengguyur wilayah Bogor dengan intensitas sedang sejak pukul 01.00-11.00 WIB, sambung dia, tinggi muka air tidak naik. Diperkirakan ketinggian air di Bendungan Katulampa bakal bertambah karena kondisi cuaca di kawasan hulu Sungai Ciliwung masih hujan dengan intensitas ringan.

Petugas, kata Andi, telah melakukan pembersihan di bendungan dengan mengangkat sampah-sampah yang menyangkut. "Di pintu air sempat ada batang pohon yang menyangkut kita bersihkan, lalu sedimentasi di pintu air juga kita bersihkan."

Kendati demikian, Andi tetap mengimbau warga yang berada di bantaran Sungai Ciliwung waspada bila sewaktu-waktu terjadi peningkatan ketinggian air. Dia mengatakan, air yang mengalir di Sungai Ciliwung diperkirakan mencapai 22 ribu liter air per detiknya.

"Warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung untuk tetap waspada menyikapi kondisi cuaca di musim penghujan ini, karena sewaktu-waktu hujan bisa turun dengan sangat lebat yang bisa mengakibatkan ketinggian air di Bendungan Katulampa meningkat," pungkas Andi Sudirman. (Ans/Ndy)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya