Pemilik Wisma Kosgoro: Gedung Kebakar Semua Bila Hidran Tak Jalan

Sebab, bila sistem tak berfungsi, maka kebakaran pasti merembet ke seluruh gedung Wisma Kosgoro.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 09 Mar 2015, 23:34 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2015, 23:34 WIB
Wisma Kosgoro
Kebakaran di Wisma Kosgoro (foto: Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - ‎Pemilik Wisma Kosgoro, Hayono Isman, membantah gedung yang berdiri sejak 1970 itu memiliki sistem instalasi pemadaman yang buruk. Sebab, bila sistem tak berfungsi, maka kebakaran pasti merembet ke seluruh gedung.

"Kalau hidrannya atau sistem nggak jalan. Pasti gedung ini habis terbakar," kata Hayono di lokasi kebakaran, Wisma Kosgoro, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2015) malam.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat itu tak lama di lokasi, hanya sekitar 15 menit. Saat sampai, ia langsung mempertanyakan lamanya penanganan petugas pemadam kebakaran mendatangkan Bronto Skylift.

"Kalau punya alat bagus begini ngapain ditaruh di Ciracas, jauh banget. Kan gedung tinggi itu di Sudirman dan Thamrin, taruhnya dekat-dekat sini dong," kata Hayono dengan nada kesal‎.

Wisma Kosgoro rupanya telah 2 kali kena teguran karena tidak lolos pemeriksaan tahunan instalasi pemadam kebakaran. Teguran tersebut sudah diberikan Sudin Damkar Jakarta Pusat jauh sebelum terjadi kebakaran. Teguran dilayangkan pada 2005 dan 2008.

Kepala Regu Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Ade Suhardi mengatakan, kebakaran di Wisma Kosgoro bisa terjadi demikian besar karena sprinkler atau alat penyembur air di gedung-gedung tidak berfungsi. (Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya