Ingat Taufiq Kiemas, Jokowi Ingat 4 Pilar Kebangsaan

Bagi Jokowi, ideologi Empat Pilar Kebangsaan selalu terlintas di pikirannya kala mendengar nama Taufiq Kiemas.

oleh Audrey Santoso diperbarui 08 Jun 2015, 21:35 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2015, 21:35 WIB
Keputusan Presiden Jokowi Terkait KPK dan Polri
Presiden Joko Widodo. (Liputan6/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menghadiri acara Haul ke-2 mendiang Taufiq Kiemas yang diadakan keluarga besar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, malam ini.

Bagi mantan Gubernur DKI itu, ideologi Empat Pilar Kebangsaan selalu terlintas di pikirannya kala mendengar nama Taufiq Kiemas.

"Karena Empat Pilar Kebangsaan itu selalu disampaikan beliau ketika bertemu saya di mana pun," ujar Jokowi dalam sambutannya di lokasi acara, Senin (8/6/2015).

Ideologi 4 Pilar ialah buah pemikiran Taufiq Kiemas yang menggabungkan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI sebagai landasan berbangsa. Suami Presiden ke-5 RI itu meyakini bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat dan dapat bertahan di tengah arus globalisasi dengan paham 4 Pilar Kebangsaan.

Dalam sambutan singkatnya, Jokowi juga mengatakan Taufiq adalah tokoh partai yang selalu merangkul tokoh-tokoh muda untuk aktif beraktivitas di politik dan membantu para politisi mengembangkan kemampuan mereka.

"Dan yang paling saya ingat, Bapak Taufiq Kiemas sangat memperhatikan anak-anak muda. Dia mampu menjembatani semua perbedaan sehingga kita merasa ada dalam satu rumah," terang mantan Walikota Solo itu.

Taufiq Kiemas meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Singapura pada 8 Juni 2013. Suami Megawati Soekarnoputri ini dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. (Ans/Ian)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya