Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Besok

Mensesneg Pratikno mengumumkan pengibaran bendera setengah tiang hari ini.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 30 Sep 2015, 18:17 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2015, 18:17 WIB
Ke Timur Tengah, Jokowi Ajak 3 Raja Bisnis Senjata
(Faizal Fanani/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi dijadwalkan akan bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur pada Kamis 1 Oktober 2015. Upacara rencananya akan dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB.

Dikutip dari situs resmi Sekretaris Kabinet (Setkab), Rabu (30/9/2015), Mensesneg Pratikno melalui surat edaran tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menyebutkan, upacara akan dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta Timur.

Dalam upacara tersebut akan bertindak sebagai pembaca teks Pancasila, yaitu Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Sedangkan komandan upacara, yaitu Kapolresta Depok Polda Metro Kombes Dwiyono. ‎

Pembacaan naskah Pembukaan UUD 1945 akan disampaikan oleh Ketua DPD Irman Gusman, pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua DPR Setya Novanto, dan pembacaan naskah doa oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Bendera Setengah Tiang

Selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-Hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional, dalam surat edaran tertanggal 25 September 2015 itu, Mensesneg Pratikno juga mengumumkan pengibaran bendera setengah tiang pada 30 September 2015. Serta pengibaran bendera satu tiang penuh pada 1 Oktober 2015 pukul 06.00 WIB.

Bendera setengah tiang, berdasarkan pantauan Liputan6.com telah berkibar di Istana Kepresidenan sejak Rabu pagi. Tampak bendera setengah tiang berkibar di halaman depan Istana Merdeka dan Istana Negara. ‎
‎
Surat edaran tersebut ditujukan kepada pimpinan Lembaga Negara, para menteri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Gubernur Bank Indonesia, para pimpinan lembaga pemerintah non kementenrian, para gubernur, bupati, dan walikota.

Surat edaran juga dikirim kepada pimpinan BUMN/BUMD dan kepala perwakilan RI di luar negeri. Disebutkan, tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yakni "Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila". (Ndy/Sun)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya