Eks Pejabat Bareskrim: Pengadaan Mobile Crane Tidak Terencana

Ia menyebut dalam pengadaan barang tersebut, PT Pelindo II tanpa perencanaan yang benar.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 22 Okt 2015, 03:48 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2015, 03:48 WIB
20151021-Rapat-Pansus-Pelindo-II-Jakarta-Rieke-Dyah-Pitaloka-Victor-Simanjuntak
Mantan Dirtipideksus Mabes Polri Brigjen (Purn) Victor Simanjuntak (kanan) Bersama dengan Ketua Pansus Pelindo II Rieke Diah Pitaloka (kiri) usai rapat dengan Pansus Pelindo II di Jakarta, Rabu (21/10). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen (Purn) Victor Edison Simanjuntak memberikan penjelasan terkait pengadaan mobil crane kepada Tim Panitia Khusus (Pansus) Angket Pelindo II DPR. Ia menyebut dalam pengadaan barang tersebut, PT Pelindo II tanpa perencanaan yang benar.

Victor yang kapasitasnya diundang Pansus Pelindo II ini mengatakan, pada proses pengadaan crane oleh Pelindo II, 8 pelabuhan menolak dengan alasan crane tak dibutuhkan.

"Pengadaan 10 mobile crane ini tidak melalui perencanaan yang benar dan tidak dilakukan analisis kebutuhan. Ketika barang itu sudah ada itu malah tidak di gunakan. Karena memang pimpinan 8 pelabuhan itu katakan tak butuh barang," kata Victor di hadapan anggota Pansus Pelindo II‎, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 21 Oktober 2015.

Victor menyebutkan, pengadaan crane oleh PT Guangxi juga bermasalah. Oleh karena itu, Victor mempertanyakan siapa yang menjadi beking PT Guangxi hingga memenangkan proyek pengadaan mobil crane tersebut.

"Pertama itu gagal, Guangxi mengajukan harga di atas perkiraan sendiri. Begitu juga lelang kedua nggak ada pendaftar, hanya Guangxi sendiri. Dan itu kan seharusnya dibatalkan. Tapi Guangxi menang. Nah, yang jadi pertanyaan, itu di belakang Guangxi siapa?" tanya dia.

Selain itu, Victor menyebut ada pengadaan palsu di Pelindo II. Di mana lockbook mobile crane di palsukan. "Lockbook menunjukkan ratusan meter, padahal sebenarnya mobile crane belum digunakan," tutur dia.

Mark up Harga

Lebih lanjut Victor mengatakan, total nilai pengadaan crane mencapai Rp 45 miliar yang akan digunakan di 8 pelabuhan yakni Bengkulu, Pontianak, Palembang, Banten, Jambi, Teluk Bayur, dan Cirebon.

"Total nilai 45 miliar 650 juta untuk 8 pelabuhan. Perencanaan dilakukan oleh Pelindo II. Barang itu mulai dibeli sampai sekarag nggak digunakan," jelas dia.

Selain itu, dia menduga ada mark up dalam perencanaan pengadaan mobil crane Pelindo II. "Mobile crane yang digunakan kurang dari Rp 2 miliar. 10 unit, 1 unit sekitar Rp 1,6 miliar, berarti kira-kira hanya Rp 16 miliar. Ini berarti ada mark up sejak awal direncanakan," papar Victor‎. (Ado/Mar)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya