Mantan Ketua Gafatar: Dokter Rica Jadi Anggota Sejak 2012

Mantan Ketua DPD Gafatar, Yudhistira juga mengaku kenal Diah Ayu Yulianingsih yang saat ini masih hilang.

oleh Yanuar H diperbarui 13 Jan 2016, 08:26 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2016, 08:26 WIB
4 Ciri Ajaran Gafatar yang Perlu Kamu Tahu Agar Tak Terjebak
Gafatar lagi heboh banget diomongin. Organisasi ini diyakini aliran sesat. Kenali ciri-cirinya biar kamu gak terjebak.

Liputan6.com, Yogyakarta - Mantan Ketua DPD Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) DIY, Yudhistira mengungkapkan dokter Rica Tri Handayani pernah datang saat peluncuran perdana organisasi berlambang matahari itu pada 2012 di Yogyakarta.

Saat itulah, Yudhistira mengaku baru pertama kali bertemu Rica. Dia mengatakan, ibu satu anak itu adalah anggota Gafatar.

"Saya baru ketemu Rica pertama Sheraton, Yogyakarta, sampai sekarang belum pernah ketemu," ujar Yudhistira saat dihubungi di Yogyakarta, Selasa 12 Januari 2016.

Sementara, Yudhistira mengatakan,Diah Ayu Yulianingsih yang saat ini masih hilang, dulunya adalah penari aktif di Gafatar.

"Diah Ayu itu penari yang sering aktif nari di even Gafatar. Ya ketemunya saat dia menari saja," ujar dia.


Yudhistira mengaku pernah memiliki sekitar 2.000 anggota. Ketua Gafatar Yogyakarta 2012-2015 ini menyebutkan, organisasinya lebih banyak bergerak di bidang sosial. Misalnya, donor darah, bercocok tanam, dan beternak ayam. Namun organisasi ini sekarang sudah tutup.

"Kantor kita di Taman Kuliner Condongcatur. Tapi kita biasa bergerak di organisasi sosial," ujar dia.

Yudhistira menegaskan, organisasinya tidak pernah mengajak anggotanya meninggalkan keluarga. Apalagi, organisasi itu sudah bubar dan tak melakukan aktifitas apapun sekarang ini.

"Gafatar yang lambang matahari sudah bubar. Tetapi kalau ada yang mengaku-ngaku saya tidak ngerti. Semua daerah sudah selesai berhenti, banyak daerah yang membubarkan diri, bahkan ada yang lebih dahulu bubar --sebelum dibubarkan Agustus 2015," pungkas Yudhistira.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya