Bamsoet: 99% Tito Akan Lolos Uji Kelayakan Calon Kapolri

Soal kemampuan mantan Kapolda Papua ini, menurut Bamsoet, Tito sudah memiliki sisi manajerial cukup baik.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 21 Jun 2016, 03:19 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2016, 03:19 WIB
20160415-Kasus-Suap-Jakarta-Rosan-P.-Roeslani-Bambang-Soesatyo-HA
Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani (kanan) dan Wakil Ketua Umum Kadin bidang hubungan antar lembaga, Bambang Soesatyo (kedua kanan) berjalan usai mendatangi gedung KPK, Jakarta, Jumat (15/4). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR telah memutuskan uji kelayakan atau fit and proper test calon tunggal Kapolri Tito Karnavian pada Kamis, 23 Juni 2016 mendatang.

Ketua Komisi III Bambang Soesatyo yakin kalau Kepala BNPT itu akan melewati semua tes yang ada. Meski mungkin ada catatan-catatan untuk jenderal polisi bintang tiga itu.

"Yakin 99 persen, meski begitu ada catatannya. Intinya bagaimana dia mengatasi kesenjangan senioritas karena melewati angkatan di atasnya," ungkap pria yang karib disapa Bamsoet ini di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin 20 Juni 2016.

Karena itulah jawaban Tito nanti dapat memberikan penilaian terhadap dirinya dan institusi Polri apakah benar kepolisian sudah solid atau belum.

"Tito harus bisa menjawab adanya gap antara dia dan seniornya. Kalau dia bisa menjawab dan menjelaskan, 60 persen tugas dia selesai, lalu tinggal bagaimana dia memperbaiki Polri ke depannya," kata Bamsoet.

Soal kemampuan mantan Kapolda Papua ini, menurut Bamsoet, Tito sudah memiliki sisi manajerial cukup baik.

"Yang paling penting dari sisi manajerial, dia (Tito) cukup memiliki kemampuan itu. Artinya bagi kepolisian yang pernah memimpin wilayah dua kali di Papua dan Jakarta, dia memang memiliki kemampuan manajerial yang baik," tutup Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini pun menegaskan untuk saat ini Komisi III fokus kepada calon tunggal Kapolri ini karena memang waktunya yang sudah mepet sebelum libur panjang Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya