Presiden Jokowi Hadiri Takbir Akbar Bersama Warga Kota Padang

Acara ini dibuka dengan pemukulan bedug bersama oleh Presiden dan Gubernur Sumatera Barat serta Ketua DPD RI.

oleh Rinaldo diperbarui 06 Jul 2016, 00:47 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2016, 00:47 WIB
jokowi padang
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Ketua DPD Irman Gusman menabuh bedug di acara Takbir Akbar, Selasa (5/7/2016). (Biro Pers Setpres)

Liputan6.com, Padang - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri takbiran bersama warga Kota Padang di pelataran Kantor Gubernur Sumatera Barat pada Selasa malam. Warga sendiri sudah hadir di lokasi sejak pukul 20.00 WIB untuk meramaikan acara Takbir Akbar Syumarak Syawal 1437 Hijriah.

Presiden yang mengenakan kemeja putih dan jas abu-abu serta sarung berwarna merah tiba bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Kantor Gubernur dan disambut meriah oleh tepuk tangan warga Kota Padang.

Acara ini dibuka dengan pemukulan bedug bersama oleh Presiden dan Gubernur Sumatera Barat serta Ketua DPD RI.

Tim pawai yang hadir sebagian besar memainkan musik rebana dan memukul beduk serta mengumandangkan takbir merayakan hari Lebaran.

Terdapat 11 kecamatan di Kota Padang yang melakukan pawai takbir di depan podium Presiden, antara lain Kecamatan Lubuk Begalung, Kecamatan Kuranji, Kecamatan Padang Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, dan Kecamatan Padang Barat. Masing-masing tim pawai membawa panji dan bangunan khas daerahnya.

Acara takbir akbar oleh masyarakat Padang ini sendiri juga disemarakkan pawai kuliner. Pawai kuliner ini dimaksudkan sebagai upaya mempromosikan makanan khas yang ada di Sumatera Barat selain rendang yang sudah mendunia. 

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, momentum kehadiran Presiden Joko Widodo di Sumatera Barat kali ini merupakan saat yang tepat untuk memperkenalkan seluruh makanan yang ada di Sumatera Barat seperti galamai, lamang, onde-onde, dan lainnya. 

"Sengaja kami gelar pawai kuliner sekaligus mempromosikan makanan yang ada di Sumatera Barat ini kepada Presiden agar makanan yang lain juga familiar bagi Kepala Negara, selain rendang," ungkap Irwan Prayitno dalam sambutannya.

Presiden dan pengunjung yang hadir juga disajikan tabuhan beduk dan takbir dalam rangka menyambut malam 1 Syawal 1435 Hijriah.

Selasa siang, Presiden telah membagikan ribuan paket sembako di empat titik di Kota Padang kepada warga kurang mampu, serta mendatangi Plaza Andalas untuk meninjau kegiatan ekonomi masyarakat menjelang Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya