Jelang Tuntutan Jessica, Ratusan Polisi Siaga di PN Jakarta Pusat

Tidak semua aparat kepolisian yang menjaga sidang Jessica Kumala Wongso berseragam lengkap.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 05 Okt 2016, 11:16 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2016, 11:16 WIB
Pengamanan Sidang Jessica Wongso
Pengamanan sidang Jessica Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (Liputan6.Com/Nafiysul Qodar)

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan aparat kepolisian mengamankan jalannya persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kemayoran. Ada dua agenda persidangan yang cukup penting, yakni kasus 'kopi sianida' Jessica Kumala Wongso dan kasus korupsi La Nyalla Mattalitti.

"Jumlah personel ada 255. Hari ini ada sidang Tipikor La Nyalla dan Jessica. Dua-duanya fokus pengamanan," ujar Kapolsek Kemayoran Kompol Adri Desas Furyanto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2016).

Adri menjelaskan, tak semua aparat kepolisian berseragam lengkap. Sebagian personel yang mengamankan PN Jakarta Pusat juga memakai pakaian bebas. Mereka tersebar di sejumlah titik di PN Jakarta Pusat.

"Personel ini ditambah polisi berpakaian preman. Pengamanan dilakukan pada hari Senin-Rabu karena ada sidang tipikor. Setiap Selasa ada sidang 26 aktivis buruh, dan pada hari Rabu Jessica," tutur dia.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sejumlah polisi berpakaian lengkap bersiaga di sejumlah titik Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Pengamanan terlihat cukup ketat. Tiap regu, dibekali satu hingga dua tabung pelontar gas air mata.

Titik-titik yang diamankan yakni, ruas jalan depan pengadilan, lobi luar, lobi dalam, ruang persidangan, dan sisi-sisi pengadilan. Sementara sidang Jessica yang dijadwalkan berlangsung jam 09.00 WIB, belum juga dimulai.

Hari ini, sidang kasus pembunuhan terhadap Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso beragendakan pembacaan tuntutan.

Tuntutan yang akan dikeluarkan JPU ini berdasarkan dakwaan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dengan ancaman maksimal hukuman mati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya