Ini Aksi Nyata Gerakan Indonesia Bersih di area Kuliner Jakarta!

Gerakan Nasional Revolusi Mental menggelar kegiatan aksi nyata Gerakan Indonesia Bersih di area Kuliner Lenggang Jakarta.

oleh Liputan6 pada 29 Nov 2016, 15:08 WIB
Diperbarui 29 Nov 2016, 16:13 WIB

Liputan6.com, Jakarta Sabtu dan Minggu (26/27 Nov 2016) Gerakan Nasional Revolusi Mental menggelar kegiatan aksi nyata Gerakan Indonesia Bersih di area Kuliner Lenggang Jakarta kawasan IRTI MONAS dengan tema “Bersih, Enak, Sehat (BEST) Sajian Indonesia. Harapannya, bentuk nyata perubahan yang terjabarkan dalam gerakan bersih dapat dipahami dan mulai dilakukan oleh masyarakat khususnya pedagang kuliner Lenggang Jakarta yang merupakan binaan dari Dinas KUMKM dan Perdagangan DKI Jakarta.

Setelah dibuka di hari Sabtu (26/11) oleh Kepala Dinas UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta dilanjutkan dengan Laporan kegiatan oleh Asisten Deputi Nilai dan Kreatifitas Budaya, pengunjung dihibur dengan tari-tarian Betawi dengan iringan musik tradisional serta kolaborasi masak Kemenko PMK, Pemprov DKI, dan pesohor boga Sisca Soewitomo.

Kegiatan yang tak kalah seru terus berlanjut di hari Minggu (27/11) dan diikuti dengan antusias oleh pengunjung Lenggang Jakarta Monas. Para pengunjung mengikuti senam bersama dan dihibur kembali oleh kolaborasi masak para pesohor boga yang tergabung dalam ICA (Indonesian Chef Association) yaitu Sisca Soewitomo dan Kungfu Chef Muto bersama Sekretariat Revolusi Mental. Tak hanya dapat dicontoh dirumah, hasil masakan para Chef ini juga dapat langsung diicip oleh pengunjung.

Sambil memasak pengunjung dan pedagang terus diinformasikan untuk menjaga kualitas makan supaya bersih, enak dan juga sehat saat dikonsumsi sehingga tidak ada keraguan wisatawan untuk mencicipi makanan Indonesia yang terjamin mutunya. Atraksi Kungfu menggunakan alat dan bahan memasak oleh Chef Muto serta hadiah bagi yang dapat menjawab pertanyaan seputar kuliner Indonesia yang beragam menjadi daya tarik pada acara hari ini.

Acara ini digelar dalam rangka mempersiapkan Jakarta dengan beragam kuliner Bersih, Enak dan Sehat untuk menyambut wisatawan serta turut mendukung kenyamanan wisatawan atau pendatang saat Indonesia menjadi tuan rumah pada Asian Games 2018. Kegiatan serupa direncanakan akan digelar di pusat-pusat wisata kuliner Indonesia dengan materi Keamanan Pangan yang Bersih dan Sehat mulai dari bersih dalam persiapan, pengolahan makanan, tentunya bersih dan juga sehat secara personal sebagai pelaku/pengolah makanan dan terus berinovasi menggunakan komoditas lokal sebagai bahan pembuatan kuliner Indonesia. Kuliner citarasa Indonesia harus dilestarikan serta dijaga kualitasnya untuk menarik wisatawan dalam dan luar negeri.

Aksi nyata GNRM ini merupakan kegiatan lintas sektoral dari Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, dan komunitas Masyarakat. Sesuai dengan semangat Revolusi Mental untuk meningkatkan budaya gotong royong inilah bentuk kerjasama Kemenko PMK, Provinsi DKI Jakarta, BPOM, Bank Indonesia, dan Asosiasi Chef Indonesia.


Acara diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada perwakilan pedagang Lenggang Jakarta dan apresiasi bagi 2 (dua) peserta terbaik yang mengikuti pelatihan BEST (Bersih, Enak dan Sehat) Sajian Indonesia yang telah dilaksanakan tanggal 22 November 2016 di Kantor Dinas Kesehatan DKI diikuti oleh 134 Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) Lenggang Jakarta.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya