Kapolri Perintahkan Kapolda Aceh All Out Bantu Korban Gempa

Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter mengguncang wilayah Aceh pada Rabu pagi.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 07 Des 2016, 19:22 WIB
Diterbitkan 07 Des 2016, 19:22 WIB
20161116-Rilis-Kasus-Ahok-Jakarta-HEL
Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjawab pertanyaan terkait penetapan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai tersangka kasus penistaan agama di Jakarta, Rabu (16/11). Ahok ditetapkan tersangka usai gelar perkara, (15/11). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah) 

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengaku sudah memerintahkan Kapolda Aceh, Irjen Rio S. Djambak, untuk turut membantu evakuasi korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Menurut Tito, seluruh anggotanya di Polda Aceh sudah siap diturunkan, sehingga proses evakuasi terhadap korban gempa bisa dipercepat.

"Saya sudah perintahkan Kapolda Aceh untuk segera turun all out membantu masyarakat. Lakukan tindakan segera untuk memberikan pertolongan," kata Tito dalam pesan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Tito menambahkan, bila diperlukan pihaknya juga siap menurunkan anggotanya dari Polda lain ke lokasi gempa. Tak hanya itu, ia juga mempersilakan tim evakuasi dari instansi lain menggunakan fasilitas kepolisian di Polda Aceh untuk kepentingan evakuasi korban gempa.

"Bila memerlukan tambahan kekuatan akan segera dikirim. Gunakan fasilitas dan sarpras yang kita miliki untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucap mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Sejauh ini, ujar Tito, Polda Aceh masih terus berkoordinasi dengan pihak terkait penanganan dan pencarian korban gempa. Termasuk mendata korban jiwa maupun korban luka-luka.

"Anggota kami masih terus berupaya evakuasi korban," ujar Tito.

Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter mengguncang wilayah Aceh pada Rabu pagi. Gempa tersebut mengakibatkan rusaknya sejumlah bangunan, menyebabkan puluhan warga tewas dan ratusan lainnya terluka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya