Jakarta Network: Pemuda Harus Terdepan Jaga Kebhinekaan

Heru menegaskan keberagaman sudah menjadi salah satu kekuatan bangsa Indonesia.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 03 Apr 2017, 19:39 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2017, 19:39 WIB
Yusron Fahmi/Liputan6.com
Heru Dharsono (tengah) meminta kaum muda jadi motor dalam menjaga keanekaragaman bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivis dari Jakarta Network Heru Dharsono meminta kaum muda jadi motor dalam menjaga keanekaragaman bangsa. Pemuda dengan semangat Sumpah Pemuda, harus bisa jadi kelompok terdepan menjaga kebhinekaan yang akhir-akhir terusik seiring memanasnya peta perpolitikan karena Pilkada.

"Sejarah adalah jati diri bangsa. Dengan mengenal sejarah bangsa, kita tidak akan mudah dipecah belah dan tergeser dari kebhinekaan. Sumpah Pemuda sudah menegaskan kebhinekaan kita," ujar Heru Dharsono di acara 'Dialog Multikultural, Keberagaman, dan Semangat Toleransi' di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Heru yang juga pegiat Artha Graha Peduli ini menyatakan, meningkatnya suhu politik seiring penyelenggaraan Pilkada 2017 hendaknya jangan jadi alasan untuk mengusik kebhinekaan.

"Tugas pemuda sadarkan masyarakat akan bahaya perpecahan jika mengabaikan keberagaman," jelas dia melalui pesan tertulis.

Heru menegaskan keberagaman sudah menjadi salah satu kekuatan bangsa Indonesia. Keberagaman justru memperkaya khasanah bangsa ini.

"Kerangka NKRI harus terus kita pertahankan," kata Heru.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya