Menag: Persiapan Haji Dekati 100 Persen

Menurut Menag, persiapan yang dilakukan mencakup dua bagian, yaitu persiapan di dalam negeri dan di luar negeri, khususnya di Tanah Suci.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 07 Jul 2017, 06:39 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2017, 06:39 WIB
Menag Resmikan Pemajangan Kiswah dari Raja Salman di Istiqlal
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan saat meresmikan pemajangan potongan Kiswah (kain penutup Kakbah) hadiah dari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (10/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan persiapan haji 2017 sudah mendekati final. Menurut dia, persiapan yang dilakukan ada dua bagian, yaitu di dalam negeri dan di Arab Saudi, khususnya di Tanah Suci.

"Persiapan di Tanah Suci terkait dengan pengadaan hotel, baik di Mekah dan Madinah, pengadaan katering, lalu transportasi termasuk juga persiapan-persiapan di Arafah dan Mina itu hampir mendekati 100 persen. Alhamdulilah, tinggal menyelesaikan hal yang sifatnya teknis," ucap Lukman di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Dia menuturkan, untuk dalam negeri ada sejumlah pekerjaan rumah, yaitu menyiapkan dokumen perjalanan paspor dan proses visa haji 2017. Karena semuanya kewenangan pemerintah Arab Saudi.

"Ini memerlukan perhatian besar. Agar seluruh proses penyelesaian dokumen perjalanan, paspor dan visa ini bisa sesuai dengan harapan, sesuai dengan timeline," tegas Lukman.

Masalah paspor dan visa sempat tertunda karena liburan Lebaran.

"Mudah-mudahan dalam waktu satu dua hari ini sudah bisa terbuka sistem online. Sehingga sistem pemeriksaan bisa kembali normal," ujar Menag Lukman.



Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya