Ketua Departemen Hukum PKS Sebut Bendera Terbalik Itu Manusiawi

Menurut Zainudin, terbaliknya Bendera Merah Putih di Situbondo akibat copotnya tali pada bendera tersebut.

oleh Ika Defianti diperbarui 05 Agu 2017, 02:07 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2017, 02:07 WIB
Bendera Terbalik
Bendera terbalik terpasang di Kantor DPD PKS Situbondo. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Liputan6.com, Jakarta Sebuah foto Bendera Merah Putih dipasang terbalik di Kantor Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Situbondo, Jawa Timur, beredar luas. Dalam foto itu, nampak sangsaka berkibar terbalik dengan merah di bawah dan putih di atas.

Dari foto yang diterima Liputan6.com, Bendera Merah Putih terbalik tersebut terpasang tepat di depan pagar Kantor DPD PKS Situbondo. Di belakang bendera merah putih terbalik itu, nampak pelang bertuliskan Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Situbondo. Kantor itu nampak sepi dan kosong.

Terkait hal ini, Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia DPP PKS Zainudin Paru mengatakan, peristiwa pemasangan bendera Merah Putih secara terbalik merupakan hal manusiawi.

"Itu bagian dari manusiawi, kader di sana langsung sadar juga. Sudah dilaporkan ke DPP dan langsung dibetulkan," ucap Zainudin di kantoe DPP PKS, Jakarta Pusat, Jumat (4/8/2017).

Menurut Zainudin, pemasangan bendera terbalik pernah terjadi sebelumnya. Adapun peristiwa di Situbondo diakibatkan copotnya tali pada bendera tersebut.

"Jangankan di DPD, Paskibraka di Sumatera Utara juga pernah terbalik. Kalau ini tali putus, jadi benderanya jatuh," papar dia.

Penyebab terbaliknya pemasangan Bendera Merah Putih itu juga telah diutarakan oleh  Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini.

"Tali atasnya copot. Terus dibenerin. #udahgituaja," ujar Jazuli melalui pesan singkat kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat.

Jazuli kemudian mengirimkan foto Bendera Merah Putih sedang dibenarkan pemasangannya oleh dua orang pria. Kedua pria nampak kembali memasang bendera di tiang dari luar pagar karena keadaan kantor terlihat sepi dan tidak ada aktifitas di dalamnya. Terlihat angin berhembus membuat sang Merah Putih berkibar usai kembali dipasang.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya