Dampak Longsor Puncak, Omzet Pariwisata di Bogor Turun

Akibat penutupan jalan akibat longsor, tempat wisata di kawasan Puncak, Bogor dan Cianjur, sepi dari pengunjung.

oleh Mevi Linawati diperbarui 09 Feb 2018, 19:51 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2018, 19:51 WIB

Fokus, Jawa Barat - Sejumlah titik rawan longsor di Puncak, Jawa Barat, masih terus diperbaiki oleh petugas. Akibat penutupan jalan ini, tempat wisata di kawasan Puncak, Bogor dan Cianjur, sepi dari pengunjung sehingga mengalami penurunan omzet.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (9/2/2018), sejumlah petugas terus membenahi ruas jalan di kawasan Puncak, setelah longsor melanda kawasan jalur Puncak Bogor, pada Senin, 5 Februari 2018. Jalan menuju ke Puncak Pass hingga ke Ciloto, dari arah Ciawi masih ditutup hingga pekan depan.

Sementara itu, kendaraan dilarang melewati kawasan jalur yang terjadi longsor kemarin, karena khawatir kondisi tanah dan cuaca yang belum stabil. Akibat penutupan jalan, sejumlah wisata seperti Taman Safari mengalami penurunan omzet.

Hal yang sama juga dirasakan pihak pengelola wisata di kawasan Cianjur, seperti Kebun Raya Cibodas. Tempat wisata ini mengalami penurunan omzet hingga 70 persen.

Upaya perbaikan jalan terus dilakukan, dengan mengeruk tanah yang kemiringannya curam. Para pengendara diimbau menggunakan jalur alternatif yang lebih aman, seperti melalui Sukabumi atau Jonggol.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya