Mendagri: Tak Masalah Sandiaga Jadi Ketua Pemenangan Prabowo

Menurutnya, Sandiaga hanya perlu cuti jika nantinya ikut berkampanye untuk kepentingan partai.

oleh Merdeka.com diperbarui 03 Apr 2018, 15:49 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2018, 15:49 WIB
Pilkada DKI 2017
Cagub dan Cawagub DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno memberi ketarangan di kantor DPP Gerindra, Ragunan, Jakarta, Rabu (19/4). Anies-Sandi datangi kantor DPP untul rayakan kemenangan hitung cepat suara Pilkada DKI. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang jadi Ketua Tim pemenangan sekaligus penjaringan calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto, tidak melanggar aturan undang-undang.

Menurutnya, Sandiaga hanya perlu cuti jika nantinya ikut berkampanye untuk kepentingan partai.

"Kalau dia kampanye dia harus izin pada saat hari kampanye. Misalnya Senin kampanye, maka harus izin tulis, Selasa kerja lagi, Rabu kampanye juga izin pokoknya tiap dia kampanye harus izin," kata Tjahjo di Graha Manggala Wanabhakti, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/4/2018).

Tjahjo menegaskan tidak ada yang tumpangtindih antara tugas sebagai wakil gubernur dan tugas tim pemenangan. Sebab semua itu telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Ini kan UU, kami hanya ikuti mekanisme undang-undang nanti akan diatur detail oleh PKPU bagi pejabat daerah termasuk gubernur bupati wali kota pada saat kampanye nya saja itu harus izin, termasuk kampanye pilkada," ungkap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tim Pemenangan

Anies - Sandi Unggul Sementara, Prabowo Sampaikan Terima Kasih ke Rakyat Jakarta
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum PKS, Sohibul Iman calon gubernur dan wakil gubernur DKI, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berfoto bersama di DPP Gerindra, Jakarta, Rabu (15/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, enam orang telah ditunjuk masuk ke dalam tim pemenangan Partai Gerindra. Kelompok kerja ini salah satunya bertugas untuk mencari siapa kandidat calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Bulan lalu, tim pemenangan ini dibentuk. Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno yang memimpin langsung tim ini.

Bukan hanya bertugas untuk mencari pendamping Prabowo, tapi juga untuk melobi partai lain untuk bergabung memenangkan Prabowo.

 

Reporter: Sania Mashabi

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya