Politikus PDIP Sebut PKB dalam Satu Lingkaran Pendukung Jokowi

Komarudin mengapresiasi banyaknya dukungan parpol yang mengalir untuk Jokowi.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Apr 2018, 15:50 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2018, 15:50 WIB
Kenakan Kaus Oblong, ini Gaya Santai Jokowi saat Jajal Kereta Bandara
Presiden Jokowi berbincang dengan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar (tengah) dan Menteri BUMN Rini Soemarno saat menjajal kereta bandara menuju Stasiun Sudirman Baru, Selasa (2/1). (Liputan6.com/Pool/Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Bidang Kehormatan PDI Perjuangan Komarudin Watubun meyakini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan kembali bergabung dalam barisan koalisi partai pendukung Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2019. Komarudin memprediksi, pengumuman sikap dukungan politik dari PKB kepada Jokowi hanya tinggal menunggu waktu yang tepat.

"Saya kira PKB sampai hari ini bagian dari koalisi Jokowi kan. Jadi PKB itu dia masih ada dalam satu lingkaran. Kayaknya belum disampaikan resmi saja," kata Komarudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/4).

Partainya sangat terbuka untuk bermitra koalisi dengan partai mana pun, termasuk PKB dan PAN. PAN menjadi salah satu partai yang disebut-sebut bakal merapat jika pertarungan Pilpres 2019 mempertemukan Jokowi dan Prabowo Subianto.

Menurutnya, yang terpenting koalisi memiliki tujuan nasional yang sama.

"Jadi begini yang penting koalisi itu harus punya tujuan yang sama. Jadi antara kata dan kekuatan itu penting. Mau partai mana silakan. Lebih banyak mendukung Jokowi, lebih baik," ujarnya.

Komarudin mengapresiasi banyaknya dukungan parpol yang mengalir untuk Jokowi. Banyaknya dukungan dari partai-partai politik diyakini akan menguatkan pemerintahan Jokowi ke depan.

"Tapi de facto hari ini apa yang dikerjakan Pak Jokowi adalah hal-hal riil yang harus kita apresiasi. Dan semakin banyak dukungan partai, semakin baik. Dengan catatan partai-partai yang bergabung di sini harus punya tujuan nasional," tegas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kompak

Kenakan Kaus Oblong, ini Gaya Santai Jokowi saat Jajal Kereta Bandara
Presiden Jokowi berbincang dengan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjajal kereta bandara menuju Stasiun Sudirman Baru, Selasa (2/1). (Liputan6.com/Pool/Kurniawan)

Selain itu, Komarudin menekankan agar partai-partai koalisi kompak mendukung tanpa ada kepentingan bagi-bagi kekuasaan.

"Iya harus. Jadi tidak sekadar bagi-bagi kue saja, tapi juga harus saling jujur di dalam. Kondisi negara seperti begini kita harus kepentingan nasional," tandasnya.

Sebelumnya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyebut mendapatkan sumber akan ada dua partai yang bergabung ke koalisi Jokowi pada bulan ini. Bahkan keduanya sudah mengadakan pembicaraan serius dengan Jokowi belum lama ini.

Sebagai teman koalisi, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengetahui dua partai tersebut. Meskipun dia memilih bungkam. "Ya tahu dong (2 parpol tersebut)," ucap Airlangga di Jakarta, Sabtu (7/4).

Reporter:  Raynaldo Ghiffari Lubabah

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya