4 Fakta tentang Pertemuan Jokowi dan Alumni 212

Pertemuan Jokowi dan Persaudaraan Alumni 212 pada Minggu, 22 April lalu di Istana Bogor sangat jauh dari unsur politis.

oleh Maria Flora diperbarui 27 Apr 2018, 16:24 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2018, 16:24 WIB
Pakai Sarung dan Peci, Jokowi Buka Muslim Fashion Festival 2018
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa pengunjung saat menghadiri pembukaan Muslim Fashion Festival (Muffest) Indonesia Tahun 2018 di JCC, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan tertutup dengan Persaudaraan Alumni (PA) 212 di sebuah masjid di Bogor, Jawa Barat, Minggu, 22 April 2018.

Apa maksud dan tujuan dari Jokowi? Dia mengatakan, pertemuan tersebut dalam rangka mempererat silaturahmi dan menjaga persaudaraan.

"Semangatnya adalah menjalin tali silaturahmi dengan para ulama, habib, kiai, ustaz dari seluruh provinsi yang ada di Tanah Air. Menjalin persaudaraan, ukhuwah kita dalam rangka menjaga persaudaraan, persatuan di antara kita," ujar Jokowi usai acara pelepasan ekspor perdana Mobil Mitsubishi Expander tahun 2018 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu, 23 April 2018.

Sontak beragam tanggapan datang terkait pertemuan Jokowi dan alumni 212. Salah satunya dari Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais.

Menurut mantan Ketua MPR itu, tidak ada hal negatif dari pertemuan itu. Hanya sekadar untuk menghentikan kriminalisasi ulama.

"Jadi ini beautiful meeting ya," kata Amien di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 26 April 2018.

Lalu, seperti apa beautiful meeting itu terjadi? Berikut empat fakta di balik pertemuan Jokowi dan Alumni 212 yang berhasil terkuak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Dapat Restu Rizieq Shihab

Pimpinan FPI Rizieq Shihab bereaksi saat dicecar pertanyaan oleh awak media di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (1/2). Rizieq Shihab akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan makar yang menjerat Sri Bintang Pamungkas. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pimpinan FPI Rizieq Shihab bereaksi saat dicecar pertanyaan oleh awak media di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (1/2). Rizieq Shihab akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan makar yang menjerat Sri Bintang Pamungkas. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mengomentari pertemuan Persaudaraan Alumni 212 dengan Presiden Jokowi. Dia mengaku senang pertemuan tersebut digelar.

Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), Yusuf Muhammad Martak, mengungkapkan, sebelumnya ada ketakutan bahwa Ketua FPI itu tidak akan memberikan izin. Namun, dia salah.

"Justru saya diizinkan oleh beliau. Jadi, saya agak meragukan, tapi akhirnya diizinkan sama beliau, karena bagi beliau, bagaimanapun Jokowi adalah Presiden RI yang patut kita hormati dan patut kita melakukan komunikasi dan diskusi, agar beliau juga dapat masukan yang akurat dari semua pihak," ucap Martak.


2. Seharusnya Rahasia

Jokowi menemui ulama di Istana Negara
Presiden Jokowi menemui ulama Banten di Istana Negara (Liputan6.com/ Ahmad Romadoni)

Sebelum pertemuan tertutup antara Presiden Jokowi dan Persaudaraan Alumni 212 tersebar luas, lokasi perjumpaan itu akhirnya terkuak, yakni di Masjid Istana Kepresidenan Bogor.

Ketua Tim 11 Ulama Alumni 212, Misbahul Anam, yang ikut dalam pertemuan itu menyebutkan, momen tersebut seharusnya tidak dipublikasikan. 

Namun, entah dari mana, kemudian foto-foto pertemuan Jokowi dan para Alumni 212 menyebar bahkan sempat viral di media sosial.

Misbahul menduga ada yang ingin mengadu domba antara Presiden dan ulama serta umat Islam.

Pada foto tersebut, Jokowi tengah berada di salah satu ruangan masjid. Mantan Wali Kota Solo itu memakai kemeja lengan panjang berwarna putih, celana panjang, dan peci berwarna hitam.

Jokowi berdiri diapit pengurus Persaudaraan Alumni 212, di antaranya Al-Khaththath, Sobri Lubis, Usamah Hisyam, Slamet Maarif, dan Yusuf Marta. Para pengurus PA 212 itu terlihat berbincang dengan Jokowi.

 


3. Salat Berjemaah

Jokowi Salat Jumat di Monas dan Ucapkan Terimakasih
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut salat Jumat berjamaan dengan peserta aksi super damai 212 di Monumen Nasional (Monas), 2 Desember 2016. (via: Adrian Putra/Bintang.com)

Pertemuan antara Jokowi dan Persaudaraan Alumni 212 berlangsung selama tiga jam.

Ketua Umum GNPF, Yusuf Muhammad Martak, menuturkan pertemuan dimulai pukul 12.10 WIB hingga 14.30 WIB.

Oleh karena itu, Jokowi dan perwakilan GNPF mendahuluinya dengan salat zuhur. Salat zuhur dilakukan secara berjemaah.

Usai salat, mereka mendiskusikan berbagai hal dan dilanjutkan dengan acara makan siang.


4. Bicarakan Kriminalisasi Ulama

Pakai Sarung dan Peci, Jokowi Buka Muslim Fashion Festival 2018
Presiden Joko Widodo atau Jokowi foto bersama pengunjung saat menghadiri pembukaan Muslim Fashion Festival (Muffest) Indonesia Tahun 2018 di JCC, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Selain mempererat silaturahmi dan menjaga persaudaraan, pertemuan dengan Jokowi tak disia-siakan oleh Persaudaraan Alumni 212.

Persaudaraan Alumni 212, lewat ketuanya Misbahul Anam mengungkapkan, kasus-kasus kriminalisasi yang terjadi pada para ulama dan aktivis 212.

Mereka meminta Presiden Jokowi menghentikan kriminalisasi serta mengembalikan hak-hak para ulama dan aktivis 212 sebagai warga negara.

Lantas apa saja yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut?

Ada banyak hal yang diperbincangkan pada pertemuan antara Persaudaraan Alumni 212 dengan Presiden Jokowi untuk memberikan informasi akurat tentang fakta kriminalisasi ulama.

"Para ulama dari Tim 11 yang hadir telah menyampaikan berbagai harapan dan penjelasan terkait masalah kriminalisasi ulama dan aktivis 212, secara lugas dan apa adanya, walaupun tetap dengan cara yang santun sebagai tugas amar makruf nahi mungkar kepada Presiden, bahkan termasuk dalam kategori yang disebut dalam Hadis Nabi SAW," tutur Misbahul Anam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya