Tim BBKSDA Riau Berhasil Evakuasi Harimau Terjebak di Saluran Air

Sempitnya ruangan di bawah ruko, tepatnya di bawah saluran pembuangan air yang tidak sampai 1 meter tingginya menyulitkan upaya Tim BBKSDA Riau untuk mengevakuasi.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 17 Nov 2018, 12:02 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2018, 12:02 WIB

Fokus, Riau - Akhirnya setelah tiga hari terjebak di kolong sebuah ruko di Kecamatan Pulau Nurung, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, seekor harimau Sumatera berhasil dievakuasi Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam atau BBKSDA, Sabtu dini hari tadi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (17/11/2018), sejak hari Rabu (14/11/2018), upaya evakuasi hewan langka tersebut bukannya tidak dilakukan petugas sejak awal.

Sempitnya ruangan di bawah ruko, tepatnya di bawah saluran pembuangan air yang tidak sampai 1 meter tingginya menyulitkan upaya Tim BBKSDA Riau untuk mengevakuasi meskipun sudah dilakukan tembak bius.

Barulah sekitar jam 01.30 sabtu dini hari petugas berhasil memindahkan sang harimau. Setelah hewan itu kembali tertidur setelah ditembak bius petugas terpaksa membongkar sebagian pondasi ruko untuk mempermudah evakuasi. Selama terjebak, keberadaan hewan buas itu pun jadi tontonan warga.

Selanjutnya, harimau jantan yang diperkirakan berusia 3 tahun tersebut akan dibawa ke pusat rehabilitasi di Dharmasraya, Sumatera Barat. Kemungkinan keluarnya hewan liar itu dari habitat aslinya di hutan akibat minimnya sumber makanan.

Dalam catatan BBKSDA Riau, jumlah harimau Sumatera di riau kini sekira 53 ekor. (Muhammad Gustirha Yunas)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya