Penumpang Kehilangan Uang di Bagasi Pesawat Garuda

Corporate Secretary Angkasa Pura II Agus Haryadi mengungkapkan bahwa kasus kehilangan barang milik penumpang yang ditaruh di bagasi merupakan tanggung jawab maskapai.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 26 Nov 2018, 10:57 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2018, 10:57 WIB
Garuda Indonesia Airbus A330
Pesawat Airbus A330 yang dipesan Garuda Indonesia tiba di Bandara Soekarno Hatta pada 23 Juli 2009. (AFP / Arif Ariadi)

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa kehilangan barang di dalam bagasi pesawat kembali terjadi. Kali ini menimpa seorang penumpang pesawat Garuda Indonesia bernama Ichsanuddin.

Uang ratusan ribu rupiah yang disimpannya dalam tas di bagasi pesawat, hilang. Ican, sapaan akrab dari Ichsanuddin ini terbang dari Palembang menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten pada Senin (26/11/2018) pagi.

"Waktu saya ambil tas di ruang tunggu pengambilan bagasi, saya cek lagi kan isi tas saya. Pas saya cek, uang saya enggak ada yang saya simpan di tas," kata Ican di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jakarta, Senin (26/11/2018).

Atas kejadian ini, Ican pun segera melapor ke pelayanan bagasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Kepada petugas, Ican menceritakan kejadian yang dialaminya.

"Petugas Aviation Security (avsec) juga ada di situ," ucap Ican.

Menurut Ican, petugas di tempatnya melapor menjanjikan akan menyelediki kejadian tersebut. Ican berharap kejadian serupa tidak terulang dan memakan korban penumpang lainnya.

"Bukan masalah uangnya. Tapi ini kan pelayanan di pesawat dan bandaranya. Harusnya keamanan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang diutamakan," terang salah satu wartawan media daring ini.

Sementara, Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia Ikshan Rosan berjanji akan menindaklanjuti laporan kehilangan tersebut.

"Tim saat ini lagi investigasi," kata Ikshan.

Atas kejadian ini, Ikshan pun telah memerintahkan seluruh jajarannya baik yang berada di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang dan Bandara Soekarno-Hatta untuk memeriksa petugas flight.

"Petugas flight number itu akan dilakukan pemeriksaan mengenai kronologis semua," tandas Ikshan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggung Jawab Maskapai

Garuda Indonesia resmi mengoperasikan penerbangan langsung Denpasar- Mumbai PP.
Garuda Indonesia resmi mengoperasikan penerbangan langsung Denpasar- Mumbai PP.

Sementara, Corporate Secretary Angkasa Pura II Agus Haryadi mengungkapkan bahwa kasus kehilangan barang milik penumpang yang ditaruh di bagasi merupakan tanggung jawab maskapai.

"Memang secara tanggung jawab barangnya ada di maskapai karena menurut UU penerbangan maskapai bertanggungjawab terhadap orang dan barang yang diangkut. Ya maskapai, Garuda itu," ucap Agus saat dihubungi di Jakarta, Senin (26/11/2018).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya