Golkar: Senator Fraser Anning Harus Minta Maaf ke Umat Islam

Dia menuturkan, Senator Anning tidak memahami Islam sebagai ajaran agama yang damai.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 19 Mar 2019, 21:19 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2019, 21:19 WIB
Senator Australia Fraser Anning yang menuai kecaman atas komentar negatifnya terhadap penembakan Selandia Baru (AFP/ Mick Tsikas)
Senator Australia Fraser Anning yang menuai kecaman atas komentar negatifnya terhadap penembakan Selandia Baru (AFP/ Mick Tsikas)

Liputan6.com, Jakarta - Senator Australia Fraser Anning menjadi sorotan dunia usai mengeluarkan pernyataan yang dianggap tidak berempati kepada korban penembakan masjid Selandia Baru.

Ketua Departemen bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, yang juga Anggota Komisi I DPR RI Jerry Sambuaga, menyatakan pernyataan itu bisa memprovokasi.

"Pernyataan Senator Australia Fraser Anning jelas sangat membahayakan dan memprovokasi umat Islam, yang selama ini dikenal toleran dan hidup berdampingan secara rukun dengan masyarakat setempat di negara-negara barat, khususnya di Australia dan Selandia Baru," ucap Jerry dalam keterangannya, Selasa (19/3/2019).

Dia menuturkan, Senator Anning tidak memahami Islam sebagai ajaran agama yang damai.

"Senator Anning perlu lebih banyak berinteraksi dengan umat Islam supaya bisa memahami dan menyadari bahwa Umat Islam sangat toleran dan cinta damai," ungkap Jerry.

Seharusnya, lanjut Anggota DPR RI dari Sulawesi Utara ini, Senator Anning mengecam keras peristiwa di Selandia Baru yang menimbulkan korban bagi umat Islam. Bukan justru menyalahkan Umat Islam dan imigran.

"Logika cara berpikir dan akal sehat Senator Fraser Anning sangat sesat dan tidak berdasar serta bisa mengancam kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama," jelas Jerry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Disarankan Kunjungi TKP

Aksi Will Connolly "Egg Boy" melemparkan telur ke Senator Fraser Anning (AP Photo)
Aksi Will Connolly "Egg Boy" melemparkan telur ke Senator Fraser Anning (AP Photo)

Menurut dia, aksi seorang remaja bernama Will Connolly yang telah memukulkan sebuah telur ke kepala Fraser Anning, sebagai bukti bahwa pernyataannya memang tidak diterima di manapun. Bahkan oleh warga negaranya.

"Pernyataan Senator Anning tidak disetujui dan ditentang dengan keras. Salah satu bukti konkretnya adalah dengan dilemparnya telur ke kepala Senator Anning oleh warga Australia sendiri. Ini secara jelas merupakan ekspresi ketidaksetujuan dan ketidaksukaan warga Australia terhadap pernyataan Senator Anning," kata Jerry.

Karenanya, masih kata dia, sebagai Komisi I DPR, mengecam keras pernyataan Senator Anning.

"Dan sekaligus mendesak Senator Anning untuk meminta maaf kepada seluruh umat Islam di dunia melalui pernyataan resmi secara terbuka. Dan saya juga menyarankan supaya Senator Anning mengunjungi tempat kejadian di Selandia Baru dan secara khusus meminta maaf kepada keluarga korban," tukasnya.

Jerry menambahkan, Senator Anning perlu melakukan ini agar bisa mengetahui dan merasakan secara langsung tragedi mengerikan tersebut. Sekaligus belajar kepada Umat Islam agar lebih memahami bahwa aksi-aksi yang bertentangan dengan kemanusiaan tidak ada hubungannya dengan agama.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya