Kemendagri Ungkap Kendala Terhambatnya Revisi Penguatan APIP

Revisi dilakukan lantaran masih banyak kepala daerah yang terjerat kasus di lembaga antirasuah.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 14 Jul 2019, 06:40 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2019, 06:40 WIB
Gubernur Kepri Nurdin Basirun Kenakan Baju Tahanan KPK
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun dikawal petugas usai menjalani pemeriksaan 1 x 24 jam di Gedung KPK, Jakarta, Jumat dini hari (12/7/2019). Nurdin Basirun resmi ditahan KPK bersama tiga tersangka terkait suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepri. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berjanji akan merevisi Peraturan Pemerintah (PP) 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah sebagai upaya penguatan peran Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP).

Janji tersebut sempat dilontarkan pada pertengahan 2018. Namun, hingga kini revisi tersebut belum juga dirampungkan. Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo pun mengungkap alasan terhambatnya revisi PP 18 Tahun 2016.

"Ya karena kalau merevisi satu aturan ternyata ada beberapa hal yang harus direvisi lagi, ini kan harus dilakukan secara bersamaan, jangan sampai revisi itu, ini direvisi muncul revisi baru lagi dalam bidang yang lain," ujar dia di Kantornya, Sabtu (13/7/2019).

Keputusan untuk merevisi PP 18 Tahun 2016 ini sempat dilontarkan Kemendagri saat bertemu dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Revisi dilakukan lantaran masih banyak kepala daerah yang terjerat kasus di lembaga antirasuah, di mana yang terakhir menjerat Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun. Hadi Prabowo menyatakan, revisi PP 18 Tahun 2016 ini masih terus dibahas di lembaganya.

"Masih dalam proses, itu sudah ada, tinggal ditanda tangani Pak Presiden, dan itu untuk penguatan APIP terkait prosedur dan mekanisme pelaporan pertanggungjawaban APIP kabupaten pada provinsi, provinsi kepada Irjen melalui kementerian, ini sekaligus menunggu dengan revisi yang lainnya," kata Hadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Oknum yang Nakal

Terkait dengan masih adanya kepala daerah yang terjerumus dalam kasus korupsi, Hadi Prabowo mengatakan bahwa upaya pencegehan sudah dilakukan secara maksimal. Hanya saja memang masih ada beberapa oknum yang nakal.

"Pencegahan terus dilakukan, termasuk integritas masing-masing, ya kita tahu ada hal yang dilarang namun kalau kita tetap bandel dalam penyalahgunaan ini kan di luar kemampuan kita semua," kata dia.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya