Gerhana Matahari Cincin Daya Tarik Baru Kunjungan Wisata ke Siak

Gerhana Matahari Cincin menjadi momentum yang sangat langka dan luar biasa bagi pariwisata Siak.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 08 Agu 2019, 17:53 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2019, 17:53 WIB
Gerhana Matahari Cincin Daya Tarik Baru Kunjungan Wisata ke Siak
Gerhana Matahari Cincin

Liputan6.com, Pekanbaru Bupati Siak Alfedri mengapresiasi manajemen Riau Pos Grub yang turut berperan aktif dan membantu mempublikasi fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi pada 26 Desember 2019 mendatang.

"Kami berterima kasih kepada Riau Post, yang telah memfasilitasi pertemuan ini. Fenomena alam gerhana matahari cincin (GMC) ini merupakan sebuah kejadian alam langka yang terjadi sepuluh tahun sekali di indonesia, tahun ini titik sempurna di mana GMC ini dapat dilihat titiknya ada d ikampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit," kata, Bupati Siak Alfedri di Gedung Riaupos Panam Pekanbaru, Rabu (07/08/2019).

Hadir dalam acara itu pimpinan redaksi dan dewan direksi Riaupos, perwakilan Asita, Terevel Agen Ketua Genpi Riau, Akademisi, serta Dari peneliti LAPAN Johan Muhammad yang memberikan informasi terkait terjadinya GMC kepada peserta rapat.

Sebagai daerah yang di lintasi gerhana matahari cincin, kata Alfedri, pemkab Siak beberapa waktu lalu sudah melakukan grand launcing semasa kepememimpinan bupati Syamsuar pada 15 Februari lalu. Acaranya dilaksanakan dilokasi pusat pengamatan di Lapangan Bola Kampung Bunsur, Selat Lalang Sungai Apit, Kabupaten Siak Riau.

"GMC ini momentum yang sangat langka dan luar biasa, melalui GMC ini bagaimana bisa dikenal secara luas, serta mendatangkan manfaat baik bagi daerah maupun bagi masyarakat sehingga Siak di kenal orang," ungkapnya.

Masih kata Alfedri, melalui momen GMC ini dirinya ingin mengenalkan pariwisata Siak. Hal ini sesuai dengan visi saat ia menjabat Wakil Bupati Siak, yang ingin menjadikan Siak sebagai pusat pariwisata yang maju di pulau Sumatera dengan tagline Siak The Truly Malay.

"Saat ini kami sudah memiliki tagline tetap Siak The Truly Malay, dengan ini kami mempromosikan Siak baik lokal maupun manca negara, harapan kami melalui momen ini kita bersama-sama mengaungkan GMC ini," terangnya.

Menurut mantan Camat Sungai Apit di era 90an, menyambut momen GMC nanti, Alfedri sudah memprogramkan banyak kegiatan yang akan di laksanakan. Mulai dari sosialisasi kepada Siswa SMA dan masyarakat terkait fenomena alam ini, lomba fotografi, melukis dan pameran, ritual sholat gerhana dan tausiah serta hiburan seperti nonton filem.

"Tentu untuk mewujudkan hal itu perlu dukungan bantuan dan kebersamaan kita, masukan dan saran sangat diharapkan menyambut momen ini GMC," harapnya.

Sementara itu, Direktur Manajemen, Riaupos Nazir Fahmi mengatakan menyambut GMC di Siak Desember mendatang pihaknya akan ambil bagian mulai mempublikasikan hingga memfasilitasi club - club motor dan mobil yang ingin melakukan touring ke Siak Bunsur. Selain itu, juga akan mengajak komonitas wartawan fotografer untuk turut meramaikan GMC di Siak.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya