Romo Benny: Papua Harus Diberi Panggung Lebih di Ruang Publik

Bahkan, kata Romo, ada alternatif untuk menempatkan mereka sebagai menteri di kabinet baru.

oleh Yopi Makdori diperbarui 21 Agu 2019, 06:51 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2019, 06:51 WIB
Massa Aksi Gelar Doa Bersama Serukan Perdamaian di Tanah Papua
Massa aksi tergabung dalam Pencinta NKRI dan Pancasila menyalakan lilin dengan mengibarkan bendera merah putih untuk Papua di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta, Selasa (20/8/2019). Aksi dengan doa bersama sebagai bentuk solidaritas untuk perdamaian di Tanah Papua. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo menyatakan perasaan traumatik karena tidak dianggap menjadi bagian dari Indonesia menjadi salah satu faktor konflik di Papua. Selain itu, pendekatan kekerasan yang selama ini kerap dikedepankan terhadap rakyat Papua juga menjadi salah satu faktor.

Untuk mengatasi hal itu, Romo Benny setuju bila rakyat Papua diberi panggung lebih luas dalam panggung kekuasaan. Bahkan, jika dimungkinkan, menempatkan mereka menjadi menteri sebagai alternatif.

"Ya itu salah-satunya, tapi carilah orang Papua yang punya akar dan ditokohkan di situ (di Papua). Jangan yang tidak punya akar," ucap Romo saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Menurut dia, Presiden harus mempertimbangkan opsi tersebut demi mengakomodasi rakyat Papua dalam lingkungan kekuasaan.

"Maka nanti cari figur menterinya yang pertama visoner, memahami orang Papua, yang bisa berkomunikasi dengan tiga tokoh, yaitu komunitas gereja, adat, dan orang daratan," tegas Romo.

Selain itu, kata Romo, demi mengakomodasi eksistensi rakyat Papua, maka dibutuhkan pula panggung bagi putra-putri Papua yang memiliki prestasi. Baik itu prestasi akademik maupun non-akademik, seperti olahraga.

"Tampilkan di ruang publik bahwa banyak rakyat Papua itu berprestasi. Orang Papua itu punya kemampuan luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi," tukas Romo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya